"Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca Hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim"

Hai semuanya!

Apakah kalian pernah melihat fashion show anak-anak PAUD/TK? Bagaimana dandanan mereka menurut kamu? Menor? atau Cantik? Saya akan lebih menjawab "TIDAK TEPAT BAGI USIA MEREKA"โ€ฆ!!

Dandanan mereka kadang-kadang sangat berlebihan untuk usia mereka dan terlihat aneh atau lebay. Anak-anak itu kan lucu dan nge-gemesin, kenapa harus di dandanin menor gitu? Bukannya terlihat lucu dan ngegemesin malah terlihat BERLEBIHAN dan nggak jarang masyarakat akan menyalahkan orang tuanya, kenapa anak umur segini bisa dandan kayak tante-tante usia 40-an??

Mengatasi hal tersebut maka saya mencoba untuk berbagi sedikit pengalaman saya menjadi MUA bagi keponakan-keponakan saya yang doyan banget pentas di sekolahnya. Bagaimana caranya? Yuk, dibaca pelan-pelan dan resapi ๐Ÿ™‚

1. Pelembab, Perlukah?

Pelembab bagi anak, perlukah?

Pelembab bagi anak, perlukah? via http://www.sarankesehatan.com

Pelembab, perlukah?

Advertisement

Saya jawab, NGGAK PENTING-PENTING BANGET.

Kenapa?

Kulit anak-anak usia bayi sampai usia 6 tahun itu masih memiliki kelembaban kulit yang super duper alami sehingga nggak usah pakai pelembab juga nggak apa-apa. Saya juga jarang ngasih pelembab ke keponakan, selain irit, buat apa juga, wong kulit mereka masih sangat lembab? ๐Ÿ˜€ hehehe.

Advertisement

Kalaupun kalian pengen pake-in pelembab, boleh sih, tapi harus produk buat orang dewasa yang aman dan teruji secara klinis dan pemakaiannya cukup sedikit saja. Karena tadi saya sudah bilang, kalau kulit usia mereka masih lembab, jika pakai produk pelembab bayi, maka make up mereka akan sangat jelek jika terkena keringat.

2. Next step, Foundation.

Pilih yang sesuai warna kulit anak

Pilih yang sesuai warna kulit anak via http://www.sayangi.com

Sama seperti kalian memilih foundation, pilihlah yang sesuai dengan warna kulit dan jenis kulit kalian.

Untuk usia anak-anak, usahakan pilihlah foundation yang sangat sesuai dengan warna kulit, bukan setingkat lebih cerah atau lebih terang, tapi SANGAT MIRIP dengan warna kulit anak-anak. Jika tidak ada, blend dengan warna foundation lain yang SATU PRODUK bukan yang berbeda produk, hal ini untuk menghindari ketidaksesuaian kandungan produk dan warna.

Nah, pilihlah produk untuk jenis kulit normal, bukan untuk jenis kulit berminyak ataupun kombinasi.

Oh ya, pilih saja foundation cair ya, teksturnya lebih ringan cair dibandingkan padat.

3. Bedak, Tabur atau Padat?

Tabur atau padat?

Tabur atau padat? via https://cdn.tmpo.co

Oke, selanjutnya adalah bedak.

Bedak yang digunakan sebaiknya bedak tabur karena memiliki tekstur yang ringan.

Takut bedaknya hilang?

Pilih bedak tabur yang nggak gampang hilang jika terkena keringat, biasanya bedak tabur ini harganya berkisar Rp. 100.000,00 ke atas. Saya lebih suka pakai bedak tabur untuk merias keponakan saya ketika pentas tari di sekolah, selain memberikan ruang untuk kulit anak bernafas, hal itu juga memberikan efek yang sangat segar dan natural.

Jika keponakan saya berkeringat, cukup di lap pakai tissue atau tancap lagi :D. Kalau pemilihan warna bedak tabur usahakan 2 tingkat lebih cerah, karena foundationnya sangat mirip dengan kulit dan bedak tabur ini gampang terbang hehehe.

Tapi kalau untuk ajang fashion show, bolehlah pakai bedak padat, tapi usahakan warnanya setingkat lebih cerah dibandingkan foundation.

4. Perlukah Alis? Liat-Liat Dulu

Alis anak :D

Alis anak ๐Ÿ˜€ via https://cdn.brilio.net

Alis ini bersifat nggak wajib juga, tergantung apakah anak-anak punya alis yang tebal atau tidak. Kalau tebal ya mending nggak usah pakai pensil alis, cukup sisir saja pakai sisir alis, udah deh, RAPI. Tapi kalau alis anak tipis? Sisir dulu alisnya terus tancap pakai pensil alis warna coklat, biar keliatan natural gitu.

5. Eyeshadow, Waw!!

Eyeshadow cerah ceria

Eyeshadow cerah ceria via http://2.bp.blogspot.com

Selanjutnya adalah eyeshadow.

Pilih eyeshadow yang berwarna sama dengan baju yang dipakai oleh anak-anak. Tapi kalau saya, lebih main ke warnanya, karena anak-anak itu identik dengan keceriaan maka saya biasanya menggunakan warna yang cerah. Misalkan bajunya pink, saya gunakan warna merah bajunya kuning saya gunakan warna orange atau kalau bajunya biru dongker saya gunakan biru langit.

6. Blush On

Kegemesan anak-anak sebenarnya ada di pipinya, jadi harus pakai blush on untuk bikin pipinya merah kayak boneka. Lalu, seperti apa blush on yang digunakan? Saya biasanya menggunakan warna pink dan agak sedikit tebal di atas tulang pipinya, karena jika anak-anak tersenyum atau ketawa kayak boneka. Cara pakainya juga sama seperti orang dewasa pakai blush on.

7. Lipstik

Lipstiknya jangan lupa :)

Lipstiknya jangan lupa ๐Ÿ™‚ via http://1.bp.blogspot.com

Yap lipstick. Gunakan lipstik yang warna-warna natural. Jika ingin menggunakan warna yang terlihat cerah, gunakan saja warna merah dan pink, it's OK, no problem. Cair atau padat? Saya suka dua-duanya yang penting lipstiknya itu lembab bukan matte ya.

Perlukah pensil bibir? Nggak usah -_-. Itu justru membuat bibir anak-anak jadi tebal, nggak mungil lagi.

8. Eitss, Ada yang Ketinggalan

Natural itu cantik :)

Natural itu cantik ๐Ÿ™‚ via https://ae01.alicdn.com

Ada beberapa hal yang ketinggalanโ€ฆ.!!!


  1. Perlukah Contour Wajah? Nggak perlu..!! Biarkan sealami mungkin :)

  2. Baju? Baju pentas yang digunakan biasanya disediakan oleh pihak sekolah, tapi kalau nggak disediakan, kamu bisa pakai baju dress yang dipenuhi dengan aksen pita atau polkadot.

  3. Produk Make Up yang Dipakai? Saya memakai produk dewasa sist, hal ini bukan tanpa alasan. Memang ada produk make up untuk anak-anak, tapi kebanyakan produk yang digunakan berasal dari C*** dan saya agak gimana gitu kalau pakai produk dari situ. Makanya saya pilih produk dewasa tapi yang punya BPOM, teruji secara klinis (uji manusia), dan halal (nggak ada kandungan babi ataupun alkohol).

  4. Ajarkan anak-anak untuk I LOVE MY SELF dan Ingin Jadi Diri Sendiri :)

Nah itu tipsnya, jangan sampai kelucuan dan keimutan anak kecil jadi hilang gara-gara ketutup make up.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya