Bagi kamu yang sudah menikah maupun orang yang gemar menghadiri acara pernikahan atau kondangan, terutama acara pernikahan yang menganut adat Jawa, pasti tak asing lagi dengan istilah pagar ayu. Peran mereka dalam tradisi pernikahan adat Jawa memang terbilang cukup penting. Kalau ada keluarga yang menyelenggarakan pernikahan adat Jawa tanpa pagar ayu, rasanya bagaikan sayur tanpa kuah. Namun, kamu enggak boleh asal-asalan juga dalam memilih pagar ayu atau harus selektif. Nah, kali ini, penulis akan menjelaskan 5 tips memilih pagar ayu, supaya acara pernikahanmu berlangsung luar biasa. Yuk mari kita simak tips di bawah ini.

1. Pagar Ayu Harus Ayu Alias Cantik Rupawan

pagar ayu jawa via https://www.hipwee.com

Jangan permalukan dirimu dengan memilih pagar ayu yang enggak ayu, hehe. Wong namanya juga pagar ayu, ya harus ayu, lah. Enggak mau kan, kalau kamu jadi bahan tertawaan tamu karena kualitas wajah-wajah dan body pagar ayu yang mendampingi kamu bentuknya aneh-aneh? Maka dari itu, cari pagar ayu yang cantik deh, supaya enggak malu-maluin. Bila Pagar ayu yang kamu pilih sesuai standar, pasti kamu juga akan merasa bangga atas kualitas acara pernikahanmu.

2. Harus Siap Sedia Menjadi Pagar Ayu

senyuman pagar ayu via http://www.imgrum.org

Hal yang dirasa cukup penting yaitu pagar ayu yang terpilih harus siap menjadi pagar ayu yang konsisten mendampingi calon pengantin wanita, walau bukan berarti jadi bodyguard juga. Pagar ayu harus kuat berdiri, karena acara pernikahan itu enggak sebentar. Lalu, pagar ayu juga kerap menjadi ajang gengsi tersendiri. Bagaimana tidak, kalau di pernikahan teman kamu pagar ayunya profesional, tentu kamu jangan mau kalah.

3. Jangan Lebih Cantik dari Calon Pengantin Wanita

pagar ayu cantik via https://www.pinterest.com

Advertisement

Memang pagar ayu itu harus ayu, cantik, berparas indah, dan menawan wajahnya, namun bukan berarti si pagar ayu harus lebih cantik dari si calon pengantin wanita. Kalau lebih cantik dari si pengantin wanita, nantinya bisa dibilang,"ini yang mau nikah si pagar ayunya atau si pengantin?" Nah, yang lebih ekstrim lagi, bila si calon pengantin pria yang enggak kuat iman bisa jatuh hati sama si pagar ayu. Walaaahh bisa pecah perang dunia ke tiga. Ingat ya, cantik boleh, tapi jangan melebihi pengantin wanita yang tengah berbahagia.

4. Budget Untuk Pagar Ayu Jangan Kemahalan

Tentuny,a pagar ayu yang kita pilih harus kita beri komisi atau sekedar uang makan, supaya tambah semangat dalam menjalankan tugasnya. Namun, bukan berarti kamu harus jor-joran, karena si pagar ayu minta komisi kelewat kejam. Nah, kalau sudah begitu kan, kamu juga yang repot. Jangan sampai honor pagar ayu melebihi honor tukang bikin pagar sama pagar-pagarnya. Kalau budget untuk pagar ayau enggak terlalu besar ,kita bisa pergunakan atau alokasikan dananya ke hal yang lebih punya bermanfaat.

5. Utamakan Pagar Ayu dari Kalangan Saudara Sendiri atau Teman Dekat

pagar ayu dayang pengantin via https://www.weddingku.com

Sebenarnya, enggak ada salahnya memilih pagar ayu di luar anggota keluarga atau teman dekat. Namun, apabila kamu memilih pagar ayu dari anggota keluarga, saudara, atau teman dekat, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan, yaitu untuk komisi bisa lebih murah, bisa lebih klop sama kamu, enggak terlalu canggung, dan bisa sekaligus memperkenalkan bahwa saudara atau teman kamu cantik-cantik. Bisa jadi pagar bagus dari kubu pengantin pria ada yang kesengsem sama pagar ayu pilihan kamu.

Advertisement

Nah, sekian 5 tips memilih pagar ayu untuk acara pernikahan kamu. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya