Ketika jauh dari keluarga, orang tua, dan orang - orang tercinta merupakan suatu keharusan bagi kita untuk menuntut ilmu maupun pekerjaan, maka kalian harus mempersiapkan baik mental maupun batin untuk menjalani hari - hari tanpa kehadiran mereka di sisimu. Namun jangan sedih, mungkin perasaan tak terbiasa tanpa adanya kehadiran mereka hanyalah sementara. Kamu dapat mencoba 5 tips berikut agar kesendirianmu tak terlalu membuatmu sedih.

1. Habiskan Sebagian Waktu Luang Kamu dengan Berorganisasi

Bersosialisasi

Bersosialisasi via http://wisegeek.org

Sebagai anak rantau, tentunya kamu memiliki lebih banyak waktu luang dibanding dengan mereka yang tidak merantau. Daripada kamu sendiri dan sedih, lebih baik kamu meluangkan waktu kamu dengan mengikuti organisasi.

Banyak manfaat yang akan kamu dapat dari berorganisasi. Menurut beberapa penelitian, dengan berorganisasi kamu akan dapat membagi waktu, belajar bertanggung jawab, dan bekerja sama dengan orang lain.

2. Bertemanlah dengan Berbagai Macam Kalangan

Hang Out

Hang Out via http://vemale.com

Advertisement

Untuk kalian anak rantau, harus banyak – banyak memiliki teman nih! Jangan pilih – pilih dan selalu ramah kepada siapapun. Sebab, nantinya kalian pasti akan membutuhkan antar sesama. Apalagi kamu jauh dari keluarga. Pastinya akan sedih kan apabila kamu mempunyai musuh yang sangat mengganggu pikiranmu?

Memiliki banyak teman juga akan membuatmu senang sebagai anak rantau. Kamu akan memiliki orang – orang yang dapat kamu jadikan teman sharing, travelling, makan bareng, dan lain sebagainya yang akan membuatmu lupa waktu.
Pasti seru bukan? Tapi jangan sampai melupakan kewajiban dan keluarga kamu yang nan jauh di sana, ya!

3. Ikuti Berbagai Macam Perlombaan yang Sesuai dengan Bidang Kamu

Competition

Competition via http://pinterest.com

Untuk kamu anak rantau harusnya lebih giat dalam mengikuti kegiatan – kegiatan positif, misalnya perlombaan. Kamu dapat mencoba perlombaan – perlombaan yang sesuai dengan bidang dan hobi kamu. Menjadi anak rantau yang berprestasi merupakan suatu kebanggaan bukan?

Advertisement

Apalagi kalau orang – orang tercintamu yang nan jauh disana tahu bahwa kamu punya segudang prestasi di perantauanmu. Pastilah mereka sangat senang dan bangga.

4. Luangkan Waktu dan Rupiah untuk Membantu Sesama, Ajak Juga Temanmu!

Kegiatan positif juga dapat kamu lakukan di daerah perantauanmu, loh!
Misalnya mengadakan kegiatan berbagi dengan orang – orang yang membutuhkan.

Apabila kamu belum bekerja, kamu dapat minta restu dari orangtua untuk mengikuti kegiatan – kegiatan berbagi, atau menyisihkan sedikit demi sedikit uang jajan kamu. Kegiatan positif ini tentunya akan bernilai ibadah, dan tentunya kamu juga akan mendapat teman – teman baru melalui kegiatan ini.

5. Ingat Tujuan Awal Kamu Memilih Untuk Merantau

Destinasi

Destinasi via http://wikipedia.org

Kamu harus selalu ingat tujuanmu hingga detik ini kamu berada. Untuk dapat membahagiakan dan membanggakan orang – orang tercinta, kamu harus mampu bertahan kuat disini.

Raih cita – cita, belajar dan berikan cerita perantauanmu yang terbaik untuk mereka. Yakinlah kamu akan menjadi semakin semangat dalam menjalani hari – hari merantaumu. Jadi, bagaimana? Sudah tidak sedih lagi bukan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya