Kegalauan banyak fresh graduate setelah terlepas dari beban belajar selama kurang lebih 4 tahun adalah menganggur. Mereka berlomba-lomba mencari pekerjaan sesuai dengan skill dan posisi yang mereka inginkan. Setelah mereka mendapat pekerjaan setelah melewati berbagai psikotes, interview HRD hingga kamu dinyatakan lulus dan diterima menjadi karyawan perusahaan mereka, kegalauan itu pun masih terasa.

Bukan karena kamu belum mendapat pekerjaan, tapi karena kamu takut dan khawatir saat hari pertama masuk kerja. Kekhawatiran itu bukan hanya dirasakan oleh kamu sebagai fresh graduate, tapi terkadang juga dirasakan oleh orang yang memiliki pengalaman bekerja.

Tapi tahukah kamu, bahwa terkadang kekhawatiran yang kamu rasakan belum tentu terjadi dalam dunia nyata. Bisa jadi semua itu hanya tercipta dari rasa ketidakpercayaan diri yang kamu rasakan di dalam hati.

1. 1. Dikucilkan oleh rekan kerja kamu

readytomanage.com

readytomanage.com via http://blog.readytomanage.com

Mungkin sebagian besar dari kamu pernah merasakan senioritas dan junioritas di sekolah ataupun kuliah saat MOS atau OSPEK. Senior menindas dan mengucilkan junior. Tapi jangan pernah berpikir itu akan terjadi saat kamu berada di dunia kerja. Karena biasanya, saling menghargai dan menghormati adalah bagian dari hampir semua budaya perusahaan.

2. 2. Tidak punya teman

Menjadi karyawan baru membutuhkan penyesuaian untuk merasa nyaman, baik terhadap lingkungan maupun kepada sesama karyawan. Jangan berpikiran bahwa kamu tidak akan pernah mendapatkan teman dan selalu sendiri disana. Seiring berjalannya waktu, kamu akan akrab satu sama lain dengan mereka layaknya keluarga.

3. 3. Tidak ada yang membantu

indianaexpress.com

indianaexpress.com via http://indianexpress.com

Advertisement

Penyesuaian terhadap berbagai tugas yang harus kamu kerjakan adalah hal yang wajar bagi karyawan baru. Bantuan itu akan selalu ada untuk kamu, hingga kamu benar-benar dapat melakukan tugasmu dengan sebaik-baiknya.

4. 4. Takut Salah dalam menjalankan tugas

thebalance.com

thebalance.com via https://www.thebalance.com

Setiap orang pasti pernah berbuat salah, apalagi buat kamu yang baru bekerja sebagai profesional. Yang terpenting adalah bagaimana menjadikan kesalahan yang kamu buat sebagai pembelajaran yang berharga untuk menjadi lebih baik.

5. 5. Atasan yang Super Galak

leadershipsystemsonline.com

leadershipsystemsonline.com via http://leadershipsystemsonline.com

Bayangan tentang sosok atasan yang tegas dan galak seringkali terlintas di dalam pikiran para karyawan baru. Jika bayangan itu terjadi kepadamu, segeralah untuk berpikir positif. Tumbuhkan kepercayaan di dalam pikiranmu bahwa atasan kamu adalah orang yang membantu untuk meningkatkan kapasitas dirimu dalam mengembangkan karir.

Advertisement

Kekhawatiran saat berada di sebuah lingkungan, suasana dan orang-orang yang baru merupakan hal yang wajar dimiliki oleh setiap orang. Termasuk saat pertama kali masuk kerja. Namun itu semua tidak akan bertahan lama, karena seiring berjalannya waktu, kamu akan menikmatinya dan kegalauan itu akan hilang.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya