Jangan Takut, Ini 5 Keunggulan Menggunakan Cat Warna Putih di Hunian

Ragam Kelebihan Pengaplikasian Warna Cat Putih pada Hunian

Warna putih di sebuah hunian biasanya identik sama bangunan yang baru dibangun. Putih emang jadi warna dasar yang dipilih pengembang properti buat melapisi dinding hunian. Keputusan ini bukan tanpa alasan, loh. Dinding putih punya banyak arti yang berbeda-beda buat yang melihatnya.

Dari sisi pengembang properti, warna putih adalah warna yang paling praktis, hemat biaya, dan hasilnya hunian punya tampilan yang minimalis dan modern. Selain memang bawaannya kayak gitu, kebanyakan pemilik hunian sekarang ini juga lebih memilih putih buat warna dinding tempat tinggalnya.

Putih sendiri adalah warna monokrom yang sifatnya netral. Jadinya pemilik rumah punya fleksibilitas buat menentukan tema desain interior dengan lebih gampang. Walaupun buat sebagian orang putih dirasa terlalu polos dan monoton, dekorasi interior yang direncakan dengan baik bisa bikin ruangan berdinding putih tetap cantik.

Kalian juga enggak perlu khawatir kalau dinding putih nanti gampang kotor. Teknologi cat dinding sekarang ini udah lebih tahan dari noda. Beberapa jenis cat juga gampang dibersihkan, bahkan hanya tinggal dilap. Kalau memang sudah kotor, mengecat ulang dinding putih relatif lebih praktis dan gampang daripada warna lain yang lebih spesifik.

Masih ada keunggulan-keunggulan lain yang bakal kamu rasakan dengan menggunakan cat dinding warna putih di rumah. Mau serba putih atau digabungkan sama warna dan tekstur lainnya, putih bakal selalu jadi warna dasar yang bisa diandalkan, deh. Dekoruma udah ngumpulin lima keunggulan warna putih sebagai cat dinding pada hunian berikut ini.

Advertisement

1. Interior Rumah Jadi Kelihatan Terang, Luas, Bersih, dan Adem. Cocok Buat Rumah Berkonsep Open Space yang Lega Tanpa Sekat

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://home-designing.com

Efek tampilan ruangan yang diberikan cat dinding warna putih adalah kesan yang terang, luas, dan bersih. Apalagi kalau di ruangan itu ada jendela besar yang bawa banyak sinar matahari masuk. Ini karena cahaya yang masuk tersebar dengan lebih baik dan jauh, berkat warna putih yang sifatnya memantulkan cahaya.

Enggak cuma kelihatan lebih terang dan luas, ruangan yang dominan warna putih juga lebih adem. Terutama dibandingkan ruangan dengan cat yang gelap, dinding putih enggak bakal menyerap panas dari cahaya matahari. Jadinya, suhu ruangan lebih rendah pas malam hari.

Advertisement

2. Cat Dinding Putih Seperti Kanvas Polos yang Bisa Dikreasikan Sebebasnya. Gampang Dipadukan Sama Berbagai Warna, Material, dan Tekstur

Sumber: Better Homes & Gardens

Sumber: Better Homes & Gardens via https://www.bhg.com

Keuntungan kedua adalah fleksibilitas dinding putih buat dikombinasikan sama berbagai jenis warna, tekstur, material, bentuk, ukuran furnitur, dekorasi, dan aksesoris rumah. Bisa dibilang, hampir semua pengaturan interior bakal cocok sama putih.

Tema monokrom dengan nambahin warna-warna netral lain kayak hitam dan abu-abu? Bisa! Nuansa earthy dengan corak pastel yang hangat juga cocok. Begitu juga gaya eklektik dan artistik yang dipenuhi warna-warna cerah, tekstur dan pola yang unik, atau finishing yang cantik. 

3. Hadirkan Suasana yang Tenang dan Rileks. Kamar Tidur Jadi Lebih Nyaman Berkat Cat Dinding Serba Putih

Advertisement
Sumber: Architectural Digest

Sumber: Architectural Digest via https://www.architecturaldigest.com

Dinding putih juga bakal berguna buat ruangan-ruangan yang dipakai untuk beristirahat. Kamar tidur contohnya. Secara psikologis, putih adalah warna yang mampu membuat seseorang merasa tenang, damai, dan berpikiran jernih. 

Karakteristik warna putih yang bersih dan adem inilah yang bikin penghuni kamar bisa merasa rileks dan nyaman waktu beraktivitas di dalam kamar. Istirahat pun bisa terasa lebih berkualitas. 

Kamu juga bisa kasih unsur-unsur putih buat furnitur di dalam kamar tidur. Misalnya kasur yang dilapisi sprei serba putih kayak di hotel berbintang, karpet yang warna dasarnya putih, atau lampu meja bertudung putih.

4. Enggak Perlu Khawatir Ketinggalan Zaman dan Kelihatan Jadul, Putih Bakal Selalu Jadi Warna Dasar yang Abadi dan Tak Lekang Oleh Waktu

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Sekarang ini, warna putih pada hunian identik sama desain interior modern dan minimalis yang kelihatannya timeless. Ini memang salah satu kelebihan warna putih yang enggak hanya berhenti pada desain interior modern dan minimalis aja. Warna putih bakal selalu relevan dan enggak terasa jadul atau ketinggalan zaman setelah beberapa tahun.

Beda sama warna-warna yang sifatnya trendi, setelah beberapa tahun bisa aja warnanya jadi terasa norak dan enggak sesuai sama seleramu yang udah berubah. Warna putih lah yang bakal selalu tahan sama perkembangan tren warna interior dan enggak akan ke mana-mana.

5. Masuk Buat Semua Jenis Desain Interior Pilihanmu. Interior Dengan Gaya Apa Pun Pasti Perlu Putih di Dalamnya

Sumber: Inspiration Design Books

Sumber: Inspiration Design Books via https://inspirationdesignbooks.com

Relevansi dan fleksibilitas putih ini juga yang menawarkan kebebasan buat kamu memilih gaya interior sesuai keinginan buat hunian. Rumah bergaya klasik, modern farmhouse, Japandi, tropis, mediterranean, art deco, dan masih banyak lagi pasti menggunakan warna putih sebagai warna utama. 

Dengan beragam gaya interior ini, barulah kamu bisa melakukan yang udah disebutkan di poin-poin sebelumnya. Menyesuaikan dinding warna putih dengan berbagai furnitur dari yang besar seperti sofa dan meja makan, sampai yang kecil kayak vas bunga, lampu, bahkan peralatan makan & minum

Dengan furnitur dan dekorasi yang tepat, dinding warna putih atau bahkan ruangan serba putih sekalipun enggak akan kelihatan membosankan, kok.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

CLOSE