Dalam melakukan kegiatan sehari-hari, tentunya kita memiliki kebiasaan dalam menjalankannya. Sebuah habits yang dilakukan tanpa sadar, yang sebenarnya dapat membawa sukses atau malah hari-hari yang selalu kacau. kita sering bertanya mengapa meraih kesuksesan terasa sangat sulit.

Nah, sebelum melangkah jauh, kita bisa melakukan hal-hal kecil yang berdampak besar dalam kehidupan, cobalah ubah kebiasaan buruk yang menghambat suksesmu dengan mulai melakukan 8 kebiasaan di bawah ini!

1. Bangun lebih pagi dari biasanya.

bangun pagi baik untuk kecantikan juga lho!

bangun pagi baik untuk kecantikan juga lho! via http://google.com

Jika kamu selalu bangun mepet dengan aktivitasmu lalu terburu-buru dalam mempersiapkan pagimu, maka hari-harimu akan selalu kacau.

Cobalah bangun lebih awal. Jika biasanya kamu bangun pukul 07.00, bangunlah pukul 05.30, siapkan dan nikmati sarapanmu dengan tenang. Kamu juga bisa menggunakan sisa waktu pagimu untuk mengecek kesiapan menjalani hari. Jangan tunda alarmmu dan jangan pasang alarm secara beruntun.

Advertisement

Atur alarmmu di jam yang sama setiap harinya, kamu harus langsung bangun saat alarmmu berbunyi, letakkan jauh dari gapaian tanganmu agar ada usaha lebih seperti harus bangkit dari tempat tidur untuk mematikan alarmmu.

2. Olahraga, setidaknya 30 menit dalam sehari!

olahraga mampu membuat tingkat fokusmu lebih tinggi!

olahraga mampu membuat tingkat fokusmu lebih tinggi! via https://www.google.com

Saat kamu bangun lebih pagi diawal, kamu juga bisa gunakan waktu pagimu untuk olahraga. Namun jika kamu ingin menggunakan waktu pagimu dengan tenang dan relaksasi sebelum beraktivitas, luangkan waktu pulang dari kantor atau pulang dari kegiatanmu untuk berolahraga. Saat kamu sudah menandai kalendermu untuk jadwal berolahraga, apapun yang terjadi kamu harus tetap olahraga!

3. Meditasi

meditasi yoga

meditasi yoga via https://www.google.co.id

Meditasi adalah latihan spiritual atau penyempurnaan rohani

Advertisement

Meditasi tidak harus dilakukan di alam terbuka, kamu bisa melakukannya di kamarmu sendiri dengan cara memutar suara alam pada gadget-mu atau men-download aplikasi untuk meditasi. Meditasi bisa kamu lakukan dua kali dalam sehari, 10 menit pada pukul 06.00 pagi hari dan 10 menit pada pukul 21.00 malam hari sebelum tidur.

Kegiatan ini mampu membuat otak kamu lebih fokus dan rileks sebelum dan sesudah beraktivitas seharian.

4. Atur dan rencanakan goals-mu!

weekly list yang membantu hidupmu lebih teratur

weekly list yang membantu hidupmu lebih teratur via https://www.google.co.id

Buatlah weekly list untuk mempermudah kamu merealisasikan goals-mu. Saat kamu bingung dengan kerjaan atau tugas yang menumpuk sementara kamu butuh liburan untuk mendinginkan otak, kamu bisa gunakan cara ini untuk membuat semuanya semakin terstruktur dan rapi saat dikerjakan.

5. Temui banyak orang baru!

temui banyak orang baru

temui banyak orang baru via https://www.google.co.id

Salah satu kunci orang mudah mendapat pekerjaan dan sukses menjalankannya adalah memiliki banyak relasi dengan banyak orang.

Dengan memiliki banyak relasi, kamu akan mudah mendapatkan informasi ter-update yang dapat digunakan sebagai peluang suksesmu, kamu juga akan mudah mendapatkan bantuan saat kamu kesulitan mengerjakan sesuatu karena banyaknya orang-orang hebat di sekitarmu.

6. Membaca untuk sebuah tujuan yang jelas

the new sexy is being smart!

the new sexy is being smart! via https://www.google.co.id

Dengan begini, kamu bisa atur waktumu agar lebih manfaat dan buku-buku yang kamu baca adalah buku-buku yang memang kamu butuhkan. Misal kamu sedang bingung mengatur keuangan, maka kamu akan membaca dan mempelajari buku tentang cara mengatur keuangan, atau kamu sedang mempelajari politik, maka buku yang kamu baca akan seputar dunia politik.

Jika buku tersebut sudah kamu baca sampai habis, kamu pasti butuh tau tentang sesuatu yang baru. Bawa bukumu ke manapun kamu pergi atau dengarkan podcast dengan topik yang terkait agar disela waktu sibukmu, kamu tetap bisa membaca.

"the more that you read, the more things you will know. the more that you learn, the more places you'll go" -Dr. Seuss, Ican Read With My Eyes Shut!

7. Kenakan pakaian-pakaian sederhana

Bisa kita lihat orang-orang sukses seperti Steve Jobs dan Mark Zuckerberg, mereka tidak pernah ribet dan rempong urusan pakaian yang mereka kenakan sehari-hari. Mereka hanya menggunakan pakaian sederhana. Coba tiru kebiasaan kecil ini, dengan biasa menggunakan pakaian sederhana, kamu bisa menyumbangkan pakaianmu yang lain pada orang-orang yang lebih membutuhkan, kamu juga bisa menghemat banyak waktu dengan tidak bingung akan menggunakan pakaian apa sebelum berangkat beraktivitas.

Membiasakan diri seperti ini juga bisa menghemat banyak uangmu untuk menabung dan berdonasi!

8. Jangan belanjakan uangmu untuk barang yang tidak berguna!

gunakan uangmu untuk hal positif

gunakan uangmu untuk hal positif via https://www.google.co.id

Belanja di mall atau supermarket memang manyenangkan, tapi pernahkah kamu menyesal telah membeli suatu barang yang ternyata tidak terlalu berguna?

Agar kejadian tersebut tidak terulang, buatlah list belanja. Sebelum belanja, tulis kebutuhanmu yang sudah habis, lalu setelah belanja, tulis barang-barang yang sudah kamu beli, dengan begitu kamu bisa menyaring kembali pengeluaranmu untuk belanja. Ketika kamu sangat ingin membeli suatu barang, tanyakan pada dirimu sendiri "apakah barang itu akan sangat berguna bagi kehidupan saya?", "Apakah barang itu akan membuat saya lebih baik?"

Lalu tulis keinginanmu tersebut dalam list belanjaanmu. Jika dalam dua minggu kamu masih ingin membelinya, maka belilah. Biasanya orang akan merubah pikiran mereka tentang belanja sesuatu dalam dua minggu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya