6 Hal yang Pasti Dirasakan oleh Si Anak Sulung. Kelihatannya Biasa Aja, tapi Ternyata Berat Juga ya

yang dirasakan si anak sulung

Selain kehadirannya yang sangat dinanti, anak sulung juga tak akan luput dari perhatian serta kasih sayang orang tuanya. Namun, anak sulung dianggap memiliki tanggung jawab yang tinggi dalam keluarga setelah orang tua. Banyak tuntutan dan harapan yang ditujukan kepada si sulung. Anak sulung harus siap mengambil peran dalam berbagai keadaan. Meski terlihat biasa saja, inilah 6 hal yang sebenarnya dirasakan oleh anak sulung.

Advertisement

1. Harus bisa jadi contoh

Photo by unsplash.com/jaysung

Photo by unsplash.com/jaysung via https://unsplash.com

Secara otomatis, anak sulung akan lebih dulu merasakan dan mempelajari banyak hal dibandingkan adik-adiknya. Hal inilah yang menuntut mereka untuk bisa jadi contoh bagi adik-adiknya. Setidaknya, si sulung harus siap memberi arahan terhadap adik-adiknya saat dibutuhkan. Pengalamannya yang lebih banyak juga bisa dijadikan pelajaran oleh adik-adiknya. 

2. Mengambil alih peran orang tua saat mereka tidak ada

Photo by unsplash.com/sharisocial

Photo by unsplash.com/sharisocial via https://unsplash.com

Saat orang tua sedang tidak di rumah, si sulung selalu ditunjuk untuk bertanggung jawab atas adik-adiknya. Hal ini secara otomatis membuat anak sulung memiliki karakter yang cenderung mandiri dan terbiasa memimpin.

Advertisement

3. Mengetahui banyak hal tentang anggota keluarga

Photo by unsplash.com/rpnickson

Photo by unsplash.com/rpnickson via https://unsplash.com

Si sulung kerap dicari untuk dimintai pendapat mengenai banyak hal. Tidak hanya oleh adik-adiknya, namun oleh orang tuanya pun demikian. Itu sebabnya, si sulung akan menjadi sosok yang paling mengetahui banyak hal mengenai anggota keluarganya.

4. Menjadi jembatan komunikasi antar anggota keluarga

Photo by unsplash.com/anniespratt

Photo by unsplash.com/anniespratt via https://unsplash.com

Dalam situasi tertentu, orang tua sangat membutuhkan bantuan si sulung untuk menasehati adiknya. Begitupun sebaliknya, sang adik kerap meminta bantuan kepada si sulung untuk menyampaikan hal yang sungkan disampaikan langsung kepada orang tuanya. Anak sulung terbiasa menjadi jembatan komunikasi.

5. Berbagai ekspektasi tinggi ditujukan kepada si sulung

Photo by unsplash.com/beccatapert

Photo by unsplash.com/beccatapert via https://unsplash.com

Orang tua sangat mengharapkan anak sulungnya bisa jadi anak yang sukses, mandiri, serta dapat diandalkan. Setidaknya, si sulung bisa berperan dalam membantu dan mendukung adik-adiknya saat dibutuhkan. Namun, hal tersebut justru seringkali menjadi beban tersendiri bagi si sulung. Ia akan merasa bersalah jika ekspektasi orang-orang disekitarnya tidak terwujud. 

Advertisement

6. Ingin tahu bagaimana rasanya memiliki kakak

Photo by unsplash.com/daiga_ellaby

Photo by unsplash.com/daiga_ellaby via https://unsplash.com

Melihat teman-teman bisa bermanja dan mendapat perhatian dari kakaknya, terkadang membuat si sulung iri. Selalu menjadi sosok yang diandalkan oleh orang tua dan adik-adiknya juga membuat si sulung penasaran bagaimana rasanya memiliki kakak.

Itulah hal-hal yang dirasakan oleh anak sulung. Apakah kamu merasakan hal yang sama?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

une femme libre

CLOSE