Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Mungkin kamu berpikiran untuk memperbaiki pola makan, atau mungkin kamu tertarik mengikuti kelas olahraga di gym terdekat. Selain cara-cara tersebut, ada satu cara yang cukup ampuh untuk menjaga kesehatanmu, yaitu minum jamu tradisional.

Jamu adalah minuman tradisional Indonesia yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti akar-akaran, dedaunan, buah dan lain sebagainya. Jamu ini sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit dan memperkuat daya tahan tubuh. Nah, berikut ini adalah 5 jamu yang bisa kamu konsumsi setiap hari agar tubuhmu semakin sehat dan bugar.

1. Beras kencur

Jamu Beras Kencur

Jamu Beras Kencur via https://www.nagaswarafm.com

Advertisement

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan jamu yang satu ini karena biasanya jamu ini diminum oleh anak-anak dan juga orang dewasa. Jamu beras kencur memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Terbuat dari ekstrak kencur, beras, asam jawa, gula kelapa dan ekstrak jahe, jamu ini berguna untuk meningkatkan nafsu makan dan mengatasi masuk angin serta flu.

Kandungan antioksidan dalam kencur dalam jamu ini juga berguna untuk meredakan peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, rasanya yang manis dan segar pasti akan membuat tubuhmu kembali bugar ketika diminum saat lelah!

2. Kunyit asam

Untuk kamu para perempuan di luar sana, minum jamu kunyit asam akan memberikan dampak yang sangat baik bagi tubuhmu. Jamu ini sangat berguna untuk melancarkan siklus menstruasi setiap bulan dan juga dapat meredakan rasa nyeri atau kram yang biasa muncul selama menstruasi. Kandungan kunyit asam dalam jamu ini juga berguna untuk membakar lemak sehingga mempercepat proses pencernaan, sehingga tubuh bisa semakin langsing. 

Advertisement

Buat kamu yang belum tahu, kunyit juga sangat baik untuk kulit! Sifat anti inflamasi dan anti oksidan dalam kunyit membuat kulitmu lebih sehat, bersih dan cerah. Selain itu, jamu kunyit asam juga dapat mengurangi kadar gula darah sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

3. Jamu gepyokan

Terdiri dari jahe, kencur dan ekstrak daun katup, jamu gepyokan dapat membuat tubuhmu semakin segar dan staminamu semakin meningkat. Selain itu, jamu gepyokan juga sangat berguna bila dikonsumsi oleh kamu para ibu menyusui karena jamu ini berguna untuk melancarkan ASI. Tidak hanya itu, jamu ini juga berguna untuk mengatasi masalah pencernaan dan mengobati masuk angin.

4. Jamu sinom

Jamu sinom terbuat dari campuran air, asam Jawa, gula, daun asam muda dan kunyit. Ketika diminum saat menstruasi, jamu ini dapat mengurangi rasa nyeri. Jamu ini juga berguna bagi para perempuan karena dapat mengatasi masalah keputihan. Selain itu, untuk kamu yang punya masalah buang air besar, jamu ini dapat membantu melancarkan buang air besar. Lalu untuk kamu yang ingin diet, salah satu khasiat jamu sinom ini adalah untuk mendetoksifikasi tubuh.

5. Jamu pahitan

Jamu Pahitan

Jamu Pahitan via https://www.khasiat.co.id

Di balik rasanya yang sangat pahit, jamu pahitan sebenarnya memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh kita! Jamu ini terbuat dari tanaman sambiloto yang sangat pahit. Meski begitu, jamu ini sangat baik untuk kulit karena dapat menjaga kebersihan dan kecantikan kulit wajahmu dengan cara membersihkan darah kotor di dalam tubuh.

Jamu ini juga berguna untuk mengontrol gula darah, sehingga sangat baik untuk diminum oleh penderita diabetes. Selain itu, jamu ini juga dapat meredakan kembung dan sembelit. Bahan alami sambiloto juga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol.

Minum jamu secara rutin tentunya akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Jangan lupa juga untuk mengatur pola makan yang sehat dan berolahraga secara teratur agar kesehatan mental dan fisik kita tetap terjaga. Nah, untuk tahu lebih lanjut soal tips seputar kesehatan, jangan lupa untuk kunjungi Inspirasi Shopee, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya