Jenis Manusia Sepertongkrongan Dunia Perkuliahan, dari ‘Kutu Buku’ Sampai ‘Buaya Darat’

Punya teman konyol kayak gini hanya sekali seumur hidup

Keluarga dari orang tua tidaklah cukup berada di samping kalian sampai ke jenjang perkuliahan apalagi para mahasiswa yang merantau sudah pasti jauh dengan keluarga. Suka tidak suka, kalian harus beradaptasi dengan lingkungan serta budaya kalian yang baru. Dalam proses adaptasi ini, kalian pasti mencari-cari dan juga menyeleksi orang-orang baru yang kalian kenali yang akan dijadikan teman atau bahkan sahabat.

Awal mulanya berkenalan dengan teman rasanya malu untuk memulai pembicaraan, untuk sekedar tegur sapa gengsinya selangit. Seiring berjalannya waktu, rasa malu itu bertransformasi menjadi bar-bar dalam berteman dengan teman baru ini. Sering sekali pertemanan ini menjadi suatu kebiasaan yakni menongkrong atau nongkrong. Tiada hari tanpa nongkrong, entah itu saat dalam kelas, luar kelas, di burjo, café, sampai kosan teman untuk ditempati (targetnya adalah kos yang memiliki AC). Engga kenal waktu pokoknya deh.

Teman yang kalian kenal sudah pasti berasal dari berbagai daerah yang berbeda dengan kalian dan pasti memiliki sifat-sifat yang berbeda. Setiap sifat dari masing-masingnya memiliki ciri khas yang unik, lucu, bahkan engga ada akhlaq. Ya walaupun sifatnya aneh-aneh tapi sifat-sifat tersebut saling melengkapi kepribadian masing-masing individu loh ternyata. Di bawah ini akan saya jabarkan sifat-sifat yang sering saya jumpai di lingkungan tongkrongan saya.

Perlu diingat, semua yang saya jelaskan di sini adalah suatu hal yang lumrah terjadi dalam tongkrongan saya atau mungkin tongkrongan lainnya dan tidak ada niat untuk menjatuhkan. Semua ini saya tuliskan karena hanya sifat-sifat mereka yang bikin ngangenin di saat pembelajaran kuliah dari laptop akibat pandemi beberapa bulan ini.

Advertisement

1. Pelawak, gerak badannya bisa bikin orang terpingkal bahkan diamnya aja bikin orang ketawa

Lucunya udah kayak Sule

Lucunya udah kayak Sule via http://www.google.com

Orang yang kaya gini udah jarang ditemui keberadaannya. Umumnya, nama manusia ini diawali dengan huruf F seperti Fadhlan, Fahri, Fahriza, dan beberapa lainnya. Huruf F ini memiliki makna Funny, maka dari itu manusia yang memiliki nama dengan awalan huruf F dianugerahkan Funny, tapi engga semua lucu kadang juga mereka aneh.

Dalam dunia pertongkronganku, orang ini sering melemparkan jokes-jokes yang ‘renyah’. Tapi orang seperti ini tidak mengandalkan jokes dalam melucu karena lucunya yang dia buat memang bawaan dari lahir sehingga lucunya tidak dibuat-buat, melainkan dari bentuk tubuh, Bahasa tubuh serta cara ngomongnya.

Advertisement

Manusia ini pasti memiliki badan yang tidak segemuk teman nongkrong lainnya dan cenderung terlihat seperti orang yang malas. Gerak atau Bahasa tubuhnya juga mendominasi tingkah lucunya. Cara berjalannya yang agak membungkuk terlihat kurangnya olahraga, Langkah kakinya yang pendek dan tangannya yang mengayun-ayun ke kanan-kiri dengan tempo sedang, serta gaya rambut dan wajah uniknya selalu membuat orang lain bakal terpingkal-pingkal melihatnya, bahkan diamnya dia bikin orang lain menahan tawa.

Tak hanya itu, cara ngomongnya yang cadel (kurang sempurna mengucapkan kata-kata) dan tempo ucapannya cepat membuat setiap kalimat yang dia ucapkan terdengar seperti punchline komedi meski yang dia ucapkan tidak bermakna dan tanpa alasan. Cowo-cowo seperti dia meski banyak kekurangannya tapi dia setia pada satu perempuan dan bakal bertahan lama karena sifat humorisnya yang membuat hubungan mereka tidak pernah dilanda rasa bosan.

2. ‘Homo Sapiens’ atau disebut ‘Kutu Buku’ adalah yang paling jenius diantara lainnya

Advertisement
Rajinnya bukan main

Rajinnya bukan main via http://www.google.com

Dalam dunia perkuliahan, tekanan batin maupun tekanan fisik pasti jauh lebih besar dibandingkan tekanan pada masa sebelum kuliah. Hidup mandiri bahkan merasa sebatang kara, tugas menggunung, deadline menyempit, dipetakkan dalam sebuah bilik berbentuk persegi 3 x 3 meter. Akan tetapi, bagi orang yang memiliki keambisan yang gigih dalam meraih prestasi dan tujuan itu bukanlah hal yang sulit maupun hambatan.

Jenis teman yang satu ini memiliki ciri-ciri ketika di dalam kelas, teman seperti ini adalah garda terdepan dalam mengerjakan tugas, bertanya, maupun berpendapat. Kadang bikin presentator atau dosennya gusar karena sangking banyaknya dia bertanya, bisa-bisa waktu satu mata kuliah habis untuk menjawab pertanyaan-pertanyaaannya. Orang-orang seperti ini hidupnya tertata rapih, buku catatannya sangat enak dilihat mulai dari covernya sampai isinya. Kosannya pun sangat ciamik diisi dengan serangkaian foto dan juga kalimat motivasi.

Teman seperti ini pun sangat murah hati meski tidak selalu, contohnya mengajarkan teman-temannya yang kesusahan mempelajari mata kuliah seperti saya. Di balik niat baiknya, kadang teman-teman bodohnya memanfaatkan kepintarannya untuk mendapatkan kunci jawaban ketika akan menghadapi ujian. Akan  tetapi, di balik kepintarannya ternyata dia sering terlihat bengong entah apa yang dia bayangkan, yang jelas jika berbicara dengannya harus ada pengulangan terhadap apa yang dibicarakan. Umumnya, orang seperti ini bernama, Yusuf, Hanif, dan beberapa lainnya.

3. Investor, sumber inventaris tongkrongan

Jumlah investasinya hampir sebesar kekayaan Hotman

Jumlah investasinya hampir sebesar kekayaan Hotman via http://ww.google.com

Di antara teman-teman lainnya, pasti terdapat seseorang yang memiliki nilai kekayaan lebih dari teman lainnya. Dari kekayaan itu, ia investasikan sebagian nilai kekayaannya untuk tongkrongan menjadi inventaris tongkrongan entah itu terpaksa atau sukarela. 

Investasi yang ditanamkan biasanya berupa kosan (tempat nongkrong) yang memiliki pendingin ruangan (AC) serta peralatan-peralatan penunjang kebutuhan hiburan. Seperti laptop yang di dalamnya terdapat game PES maupun user  film berbayar Netflix, stick PS, beberapa peralatan lainnya.

Teman yang satu ini sangatlah dermawan meskipun ia menginvestasikan barang-barangnya untuk dijadikan inventaris tetapi ia tidak mengharapkan imbalan lebih dari kami, hanya saja terdapat satu permintaan yakni meminta untuk diantar-jemputkan pergi ke kampus atau bermain. Entah memang dia dermawan apa memang tidak bisa mengelak lagi karena sudah terjebak pada lingkaran tongkrongan ini.

Teman-teman tongkrongan lainnya pun adalah kebanyakan cowo-cowo ‘matre’ yang memanfaatkan temannya untuk memuaskan diri. Meskipun ‘matre’ teman-temannya ini adalah orang yang pertama yang membantu dia saat ada tugas kuliah yang menumpuk atau ujian akhir yang susahnya selangit.

Harus diakui, meskipun pengetahuan formalnya tidak pintar-pintar amat, pengetahuan maupun berita tentang globalnya sangatlah baik. Mulai dari gosip bintang film Hollywood sampai pemain-pemain club basket Chicago Bulls. Teman seperti adalah orang yang pertama kali dicari jika ingin berpergian ke luar kota karena hanya dia yang memiliki mobil dan juga yang dapat mengendarai mobil.

4. Lembutnya seperti tokoh Arjuna di Mahabharata

Arjuna Mahabharata

Arjuna Mahabharata via http://www.google.com

Tidak semua teman-teman tongkrongan itu keras dan selenge-an, di antaranya pasti ada salah satu atau lebih yang lembut atau bahasa tongkrongannya masih suci.  Lama-kelamaan 'kesuciannya' akan menghilang karena telah melebur dengan pergaulan tongkrongan. Ciri teman seperti ini adalah yang pertama gampang sakit dan menerima, suka menyendiri dan manajemen waktunya kurang baik, lembut apalagi dengan perempuan, dan pintar.

Sering kali saat kami sedang asik nongkrong di kosan pemilik investasi terbesar, dia selalu absen. Setelah ditelusuri ternyata dia sedang sakit dengan dalih “maaf, gue lagi engga enak badan”. Karena Kami orangnya penasaran, kami telusuri lebih lanjut apa penyebab teman kami ini sakit. Hasilnya adalah disebabkan sebagian besarnya karena perempuan dan beberapa lainnya beban kuliah. Dari beberapa peristiwa yang kami lihat, teman yang satu ini sering kali disakitin oleh perempuan ataupun lingkungannya, maka tak heran jika dia gampang jatuh sakit.

Setiap kali disakitin atau terbebani tugas kuliah, dia sering menyendiri sehingga selalu ada aja absennya. Tidak hanya absen nongkrong, untuk sekadar balas chat orang lain butuh waktu sehari bahkan tiga hari padahal sending-nya udah engga pake amplop dikirim lewat kantor pos.

Moodnya terombang-ambing dan sensitif, gampang murung dan juga gampang happynya. Di balik sensitifnya, dia sangat perasa apalagi dengan perempuan ditambah lagi dia merupakan yang paling tampan di antara lainnya. Sifat perasanya itu kadang membuatnya memilki kepedulian yang tinggi baik dengan temannya maupun orang lain. 

5. ‘Fakboi’ udah hampir satu level dengan ‘Buaya Darat’

I want to be Fakboi

I want to be Fakboi via http://supermusic.id

Fakboi salah satu makhluk hidup yang beraktifitas seperti benalu perasaan. Mengapa seperti benalu perasaan? Karena makhluk seperti ini hanya menumpang rasa pada seorang perempuan lalu berpindah ke inang lainnya, yang lebih parahnya makhluk tersebut meninggalkan bekas luka pada inang yang ditinggalkannya. Bedanya dengan 'buaya darat' Fakboi dikenal pada kalangan anak muda yang kebanyakan rasa cintanya masih labil dan kekanak-kanakan, sedangkan 'buaya darat' sebutan untuk Om-om yang sudah mempunyai pasangan atau istri yang menginginkan wanita lain.

Makhluk seperti ini sering kita jumpai karena lingkungan hidupnya ada disekitar kita. Kriteria orang seperti ini umumnya memiliki aura cool dan menjadi daya tarik yang memukau bagi kalangan perempuan. Karena memiliki sifat seperti itu dan merasa bahwa dia lebih cool dari teman lainnya, dia pun menjadi arogan dan confidence untuk mendekati perempuan.

Sangking percaya dirinya dalam mendekati perempuan membuat dirinya selalu merasa tidak puas akan kekurangan maupun kelebihan perempuan yang didekatinya sehingga berpindah ke perempuan lain dengan mudahnya. Dan lagi, dia diterima di perempuan yang lain dengan mudahnya, begitu terus siklus hidupnya.

Arogannya tersebut membuat dia merasa memilki derajat paling tinggi diantara teman tongkrongannya sehingga dengan entengnya dia memaki-maki teman lainnya khususnya yang belum mendapatkan atau sedang berusaha mendekati perempuan dengan memamerkan banyaknya perempuan yang telah didekatinya. Meskipun orang seperti ini sangat-sangat 'negatif', orang seperti dia sukar sekali mendapatkan balasan yang setimpal dengan apa yang ia perbuat, bahkan dia dengan bangganya meminta balasan itu sendiri layaknya berdoa meminta rezeki.

Semakin kami nasihati maupun memakinya balik, tindakannya semakin arogan sehiingga kami hanya berdoa semoga orang seperti ini mendapat balasan yang setimpal, paling ringan ya sakit hati. Aamiin.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE