Jiwa Introvert Kamu Susah Berkomunikasi? Lima Tips Ini Bakal Membuat Kamu Percaya Diri!

Seorang Introvert Bukan Berarti Dia Tidak Bisa Berbicara

Halo sobat! Bagaimana kabarnya? Semoga sehat-sehat saja ya.

Apakah sobat salah satu tipe orang yang introvert? Kalau sobat termasuk tipe orang introvert, apakah sobat kadang-kadang memiliki kesulitan dalam berkomunikasi dan berbincang dengan orang lain?

Introvert adalah tipe kepribadian dimana orang yang memiliki tipe kepribadian ini cenderung lebih fokus kepada pikiran dan perasaan dari sendiri, dan mengintegrasikan segala sesuatu kepada dirinya sendiri. Seorang introvert lebih suka ketika mereka melakukan segala sesuatu sendiri dan menghindari hal-hal yang membuat mereka gugup. Kepribadian seorang introvert inilah yang membuat mereka cenderung lebih malu, suka menyendiri, mengerjakan tugas sendiri, dan menghindari keramaian di tempat umum.

Meskipun sebenarnya tidak semua introvert bersikap menutup diri, sebagian besar dari orang introvert memang memiliki kecenderungan untuk lebih suka menghabiskan waktu dan tenaga dengan dirinya sendiri. Ada juga beberapa kondisi yang membuat seorang introvert “memundurkan” dirinya, seperti keramaian, pesta, kerja kelompok, dan perbincangan ataupun bentuk komunikasi verbal lainnya. Oleh karena itu, kadang-kadang introvert suka bersifat pasif dan tidak berani untuk mengangkat suaranya dalam hal-hal seperti itu.

Nah, karena sifat alami introvert inilah, sebagian besar orang introvert mungkin canggung dan gugup di dalam perbincangan dengan orang. Tak jarang juga, introvert malah menjadi diam dan termenung dalam banyak pembicaraan, dan hanya akan berbicara ketika dipancing atau ditanya saja. Sebenarnya ada gak sih cara untuk meningkatkan kemampuan sosial seorang introvert dalam berbicara? Sobat-sobat introvert, yuk kita lihat 5 tips dibawah ini!

Advertisement

1. Coba untuk melatih bicaramu di depan cermin

Photo by Thirdman on Pexels

Photo by Thirdman on Pexels via https://www.pexels.com

Tips yang pertama adalah coba untuk berbicara dengan diri sobat sendiri di depan cermin. Dengan berbicara di depan cermin, sobat dapat melihat dan menilai diri sobat sendiri ketika berbicara. Dengan begitu, sobat akan tahu apa hal yang mungkin bisa diperbaiki dan ditingkatkan ketika berbicara, dan juga dapat melatih kontak mata sobat dengan lawan bicara sobat nantinya. Mungkin akan sedikit canggung berbicara dengan diri sendiri, tapi percaya deh sobat bakal terbiasa! 

2. Tersenyumlah lebih banyak

Photo by Gary Barnes on Pexels

Photo by Gary Barnes on Pexels via https://www.pexels.com

Sobat tahu tidak kalau senyum membuat penampilan menjadi 100 kali lebih baik? Senyum yang kelihatannya simpel ini ternyata mempunyai dampak yang besar kepada lawan bicara kita lho. Ketika kita tersenyum dalam merespon lawan bicara kita atau mengatakan suatu hal yang baik, lawan bicara kita juga ikut senang dan bahkan juga ikut tersenyum. Mungkin sobat belum nyaman dengan muka senyum sobat sendiri, tetapi coba dari sekarang untuk lebih sering tersenyum, ya! 

Advertisement

3. Mulai dengan orang-orang yang paling dekat

Photo by Helena Lopes on Pexels

Photo by Helena Lopes on Pexels via https://www.pexels.com

Sobat pasti mempunyai orang-orang terdekat yang paling kenal dengan sobat. Seberapa introvert pun suatu orang, pasti ada orang terdekat yang menjadi comfort zone (zona nyaman) bagi orang tersebut. Nah, kalau sobat masih belum berani berbicara dengan orang lain, sobat bisa banget mulai dengan orang-orang yang dekat dengan sobat. Dengan cara ini, sobat pasti akan lebih nyaman sehingga dapat melatih social skills sobat lebih lagi. 

4. Biarkan pembicaraan mengalir begitu saja

Photo by Anastasiya Gepp on Pexels

Photo by Anastasiya Gepp on Pexels via https://www.pexels.com

Tips ini juga tidak kalah penting, sobat. Ketika seorang introvert sedang berbicara, salah satu hal yang sering menjadi penghambat mulusnya jalan pembicaraan adalah kegugupan yang “menghantui” yang sering kali membuat percakapan menjadi terbata-bata. Nah, hal ini pasti sering terjadi di kalangan orang introvert. Oleh karena itu, penting bagi sobat untuk tidak gugup dan let if flow biarkan percakapan mengalir begitu saja. Dengan begitu, sobat juga akan ikut mengalir sendiri dengan percakapan itu. 

5. Jangan sungkan untuk membuka diri

Advertisement
Photo by Alexander Suhorucov on Pexels

Photo by Alexander Suhorucov on Pexels via https://www.pexels.com

Tips yang terakhir adalah untuk membuka diri sobat lebih lagi. Sebagian besar orang introvert sungkan untuk membuka dirinya kepada orang lain. Namun, komunikasi yang baik adalah ketika 2 orang atau lebih mau untuk membuka dirinya masing-masing dan saling meresponi satu sama lain. Oleh karena itu, agar lawan bicara nyaman berbicara dengan sobat, sobat harus nyaman dengan diri sendiri terlebih dahulu. Rasa nyaman dengan diri sendiri terlihat dari kesediaan sobat untuk membuka diri. 

Nah, bagaimana sobat? Apakah masih “bergulat” dengan ketakutan sobat untuk berbicara sebagai seorang introvert? Semoga tips-tips ini dapat membantumu, ya! 

Salam senyum!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Lahir di Jakarta, 17 Desember 2004. Sekarang menjadi mahasiswa FK UNS di Surakarta. Saya suka menulis, suka membaca, suka menuangkan pikiran saya dalam bentuk tulisan.

CLOSE