Perubahan akan terus terjadi seiring dengan perkembangan zaman. Salah satunya terjadi pada bumi kita sendiri. Sejak 100 tahun yang lalu, perubahan itu semakin nampak. Baik dari segi teknologi maupun rekayasa genetika.

Dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia hari ini, berikut bukti perubahan yang terjadi di beberapa negara. Simak yuk!

1. Singapura jadi bukti kalau perubahan bumi itu nyata

Di sekitar tahun 1900an, Singapura masih menggunakan perahu-perahu tradisional. Namun sekarang, penampilan Singapura seolah berubah 360 derajat. Kini makin banyak gedung-gedung tinggi nan mewah. Tak heran jika Singapura dinobatkan sebagai negara modern dalam 1 abad.

2. San Fransisco, California pada masa pembangunan Jembatan Golden Gate

San Fransisco, California

San Fransisco, California via https://www.dailymail.co.uk

Advertisement

Foto bagian atas adalah saat di mana Golden Gate masih dibangun. Tepatnya pada tahun 1935. Perubahan itu pun akhirnya terjadi. Lihat saja bangunan-bangunan yang berdiri dengan kokoh saat ini.

3. Shanghai, Tiongkok membuktikan bahwa mereka memang siap merajai semua bidang di era sekarang

Shanghai, China

Shanghai, China via https://www.dailymail.co.uk

Kehidupan kota Shanghai di tahun 1920 sangat jauh berbeda dengan saat ini. Lihat saja perbandingan fotonya. Bikin kagum dengan perubahan 'raksasa'  satu ini yang sangat pesat.

4. Bukti Tokyo, Jepang mampu bangkit dari keterpurukan mereka di perang dunia

Tokyo, Jepang

Tokyo, Jepang via https://www.dailymail.co.uk

Salah satu negara maju ini membuktikan dirinya mampu bangkit dari keterpurukan pada masa perang dunia. Kondisi Tokyo yang memprihatinkan kini berubah menjadi sangat canggih.

5. Seoul, Korea Selatan mampu membuktikan bahwa kemajuan tidak selalu merusak alam

Seoul, Korea Selatan

Seoul, Korea Selatan via https://www.dailymail.co.uk

Advertisement

Buktinya sudah terpampang nyata dalam foto. Korea Selatan mampu berubah menjadi lebih maju dan modern tanpa merusak alamnya.

Hal ini patut dicontoh oleh semua negara di dunia. Merusak alam bukan jalan terbaik untuk bersaing menjadi negara maju. Well, mari kita jaga Bumi ini agar tetap lestari.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya