Memiliki kecantikan yang alami adalah idaman banyak orang. Banyak yang menghabiskan uang untuk mendapatkan kecantikan yang mereka inginkan. Tak jarang pula dari kaum hawa melakukan berbagai pengobatan ke dokter agar masalah-masalah di wajahnya bisa hilang.

Tentunya kita tau bahwa banyak sekali kosmetik atau bahan kimia lain yang ternyata berpengaruh buruk untuk kecantikan. Bahkan beberapa skincare yang tidak cocok dengan kulit dapat menyebabkan iritasi. Padahal, banyak bahan-bahan alami yang dapat kita manfaatkan untuk mendapatkan kecantikan. Bahkan, beberapa bahan alami tersebut sering kita buang karena dianggap sudah tidak bisa dipakai lagi. Berikut beberapa di antaranya:

1. Air bekas cucian beras

Air Beras

Air Beras via https://merdeka.com

Bagi kamu yang sering masak nasi di rumah, air beras sebaiknya jangan di buang. Air beras yang sedikit banyak sudah memiliki kandungan-kandungan yang ada di dalam beras, ternyata bermanfaat untuk kecantikan dan dapat memutihkan wajah. Memutihkan wajah dengan air beras dapat dilakukan dengan cara:

  1. Siapkan air hasil cucian pertama beras
  2. Biarkan mengendap terlebih dahulu
  3. Buang airnya, dan ambil endapan air beras tersebut
  4. Gunakan endapan sebagai scrub untuk wajah
  5. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air

2. Teh celup sisa

Manfaat teh basi

Manfaat teh basi via https://ceritasehat.com

Advertisement

Sisa setelah membuat teh celup atau bubuk sebaiknya jangan dibuang. Ternyata, teh basi memiliki manfaat yang luar biasa untuk kecantikan. Hal ini dikarenakan teh basi memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Bahkan, kandungan vitamin C yang ada pada teh basi melebihi kandungan vitamin C lemon loh.

Teh basi bermanfaat untuk kecantikan. Untuk rambut, teh basi bermanfaat untuk mencegah kerontokan rambut dan menghilangkan ketombe. Pada wajah, teh basi dapat membantu menghilangkan jerawat & komedo, mencerahkan wajah, serta menghilangkan flek. Bahkan teh basi juga dikabarkan bisa menghilangkan jamur pada kuku loh. Amazing.

Ada 3 cara memanfaatkan teh basi untuk mendapatkan manfaatnya. yaitu dengan dibalurkan, direndam, dan dibilas.

Advertisement
  1. Dibalurkan= langsung dibalurkan pada bagian tubuh yang bermasalah, diamkan selama beberapa menit, dan bilas.
  2. Direndam= rendam bagian tubuh yang bermasalah bersamaan dengan teh basi, kemudian bilas.
  3. Dibilas= Langsung dibilas dengan air rendaman teh basi tersebut

3. Air embun pagi

Manfaat Air Embun

Manfaat Air Embun via https://www.embunpagihari.com

Untuk yang tinggal diperkotaan, mungkin jarang sekali merasakan sejuknya embun pagi. Namun, bagi warga pedesaan, hal ini bukanlah hal yang langka. Embun di pagi hari bukan hanya sejuk untuk dirasakan pada paru-paru kita. Namun juga memiliki manfaat untuk kecantikan dan kesehatan.

Bagi kesehatan, meminum embun yang benar-benar bersih dapat membantu menghilangkan racun yang mengendap dalam tubuh. Sementara bagi kecantikan, air embun ternyata dapat menghilangkan kadar minyak pada kulit. Mengurangi kadar minyak pada kulit tentunya bermanfaat untuk mencegah dan menghilangkan jerawat.

4. Cangkang telur

Manfaat Cangkang Telur

Manfaat Cangkang Telur via https://www.sandblog.com

Kulit telur kaya akan kalsium. Itulah yang menyebabkan kulit telur memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Tidak hanya bagi kesehatan, cangkang telur juga bermanfaat bagi kecantikan. Maka dari itu, habis masak telur, cangkangnya jangan langsung dibuang yaa.

Manfaat cangkang telurpun beragam. Mulai dari menjaga kesehatan tulang, mencegah keriput, mengecilkan pori-pori wajah, dan mencerahkan wajah. Manfaat yang sangat banyak ini dikarenakan kandungan-kandungan bermanfaat yang ada pada cangkang telur. Bahkan suplemen cangkang telur juga sudah beredar di pasaran karena sudah diketahui manfaatnya.

Nah, bagaimana cara memanfaatkan cangkang telur?

  1. Cuci cangkang telur hingga bersih
  2. Tumbuk atau blender cangkang telur tersebut sampai halus, agar tidak melukai kerongkongan
  3. Untuk kesehatan, tambahkan bubuk cangkang telur tadi pada makanan atau minuman.
  4. Untuk kecantikan, jadikan bubuk cangkang telur tersebut sebagai masker. Tambahkan pula madu atau perasan lemon.

5. Kulit lemon

Kulit lemon

Kulit lemon via https://pertanianku.com

Membayangkan lemon saja, sudah terbayang segarnya. Lemon yg kaya vitamin C ini, ternyata tidak hanya ada di daging buahnya saja, namun juga ada di kulitnya. Jadi ga heran banyak yang menjual ekstrak kulit lemon untuk kecantikan.

Untuk dapat memanfaatkan kulit lemon secara langsung, Kamu dapat mengoleskan kulit lemon segar langsung pada wajah. setelah dioleskan, tunggulah beberapa menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya