Solo traveling atau traveling sendirian selalu jadi momok menakutkan bagi sebagian para pelancong atau wisatawan. Namun tau kah ternyata solo traveling sangat menyenangkan karena kamu ternyata bisa bepergian sendiri.

Disini kamu bisa bepergian sendiri tanpa takut. Berikut adalah beberapa destinasi “ramah” untuk kamu yang ingin mencoba betapa serunya ber-Solo Traveling itu.

1. Tasikmalaya, kota pertama yang harus banget kamu kunjungi. Ada Gunung Galunggung yang punya sepaket destinasi keren buat kamu solo traveler

https://sebandung.com/wp-content/uploads/2015/06/www.wisatagunung.com_.jpg via https://sebandung.com

Tasikmalaya adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat . Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Majalengka dan Kota Tasimalaya itu sendiri di utara, Samudera Hindia di selatan, Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran di timur, dan Kabupaten Garut di barat.

Advertisement

Kota ini mempunyai beberapa destinasi menarik dan "ramah" untuk kamu yang ingin mencoba ber-Solo traveling. Untuk kamu yang sangat menyukai alam bebas, kamu harus coba menyambangi Gunung Galunggung di kota ini. Gunung dengan ketinggian 2.167 mdpl ini wajib kamu kunjungi kalo ke Tasikmalaya. Nggak perlu khawatir blusukan, gunung ini punya tangga buat kamu menjelajah ketinggiannya. Tapi ada juga jalur pendakiannya buat kamu yang hobi banget naik gunung.

Gunung ini terletak 17 km dari pusat kota. Untuk menuju ke Gunung Galunggung kamu perlu naik angkot terlebih dahulu jurusan Galunggung dengan harga kurang lebih Rp. 15.000 per orang, dilanjutkan dengan naik ojek menuju kawasan gunung Galunggung kurang lebih Rp. 10.000 – Rp 15.000.

Setelah sampai dikawasan Gunung Galunggung, akan ada 620 anak tangga yang akan untuk menapakinya dan menuju kawah Galunggug.

Advertisement

Gunung Galunggung itu sepi enak buat kamu yang traveling sendiri dan pengen merenung atau merefleksikan diri. Kamu nggak canggung jalan sendiri, asyik menikmati alam. Selain itu, kawah Gunung Galunggung terlihat sangat keren saat dipuncaknya.

2. Pangandaran. Pantai keren buat kamu yang mau nyobain solo traveling ala anak pantai.

http://www.anekahotelmurah.com/wp-content/uploads/2016/07/pantai-pangandaran.jpg via http://www.anekahotelmurah.com

Pantai Pangandaran merupakan destinasi andalan Kabupaten Pangandaran (pemekaran Kabupaten Ciamis) terletak di sebelah tenggara Jawa Barat, tepatnya di Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Pantai ini dinobatkan sebagai pantai terbaik di Pulau Jawa menurut AsiaRooms.

Destinasi ini punya banyak banget tempat menarik disekitarnya selain pantainya. Namun, tak kalah dengan destinasi lain disekitarnya pantainya pun sangat cantik dan menawan. Untuk kamu yang ingin mencoba solo traveling ke pantai, mungkin Pangandaran akan sangat cocok untuk destinasi tujuan kamu.

Rute perjalanan ke Pangandaran cukup sederhana. Tinggal naik bis jurusan Pangandaran jika dari arah barat. Sedangkan dari arah Jawa Tengah, bisa juga dengan menggunakan bis jurusan Banjar lalu dilanjutkan dengan bis jurusan Pangandaran. Setelah sampai di terminal Pangandaran, dilanjutkan dengan ojek atau becak untuk menuju Pantai Pangandaran ini.

Untuk tiket masuk seharga Rp 8000.

Seringkali, Pantai Pangandaran mengadakan upacara hajat laut yang dilaksanakan pada bulan-bulan muharam. Hajat laut yakni upacara yang dilakukan nelayan di Pangandaran sebagai perwujudan rasa terima kasih mereka terhadap kemurahan Tuhan dengan cara melarung sesajen ke laut lepas.

Acara lain yang rutin diadakan di Pangandaran yaitu Festival Layang-layang Internasional (Pangandaran International Kite Festival) dengan berbagai kegiatan pendukungnya yang bisa di saksikan pada tiap bulan Juni atau Juli.

Kamu nggak canggung berjemur sendirian di pinggir pantai. Santai baca buku atau berenang. Walaupun banyak orang liburan sama pasangan atau keluarga, kamu sih selow aja.

3. Borobudur akan membuat mu jatuh hati saat traveling sendirian di Jawa Tengah.

https://c2.staticflickr.com/6/5635/22066873795_d3301ece48_b.jpg via https://c2.staticflickr.com

Borobudur adalah sebuah candi Budha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Lokasi candi yaitu kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta.

Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama budha mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Borobudur adalah candi atau kuil Budha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.

Untuk tiket masuk seharga kurang lebih Rp. 35.000

Rute perjalanan dari kota Yogyakarta bisa diawali dengan naik Trans Jogja menuju Terminal Jombor. Harga TJ yaitu Rp 3500. Dilanjutkan dengan bis jurusan Borobudur. Biasanya bis jurusan Borobudur berukuran tiga perempat seperti metromini di Jakarta, dengan warna mencolok dan sedikit agak tua dengan tulisan Jombor – Borobudur. Harga tiket bis kurang lebih Rp 10.000 – Rp 20.000.

Borobudur sangat cocok untuk kamu yang tak ingin di ribetkan dengan traveling beramai-ramai dan memutuskan traveling sendirian. Dengan rute sederhana dan ongkos yang tidak terlalu menguras kocek kamu bisa banget untuk ber-solo traveling ke Borobudur. Kamu tak akan menyesal melihat keindahan stupa raksasa peninggalan sejarah ini. Solo traveling ke Borobudur itu seru lho. Kamu bakal puas menikmati sunset meski sendirian.

4. Semarang punya negeri dongeng yang luar biasa. Kau akan merasa menjadi putri dan bangsawan Negeri Tirai Bambu disini.

https://kotakpermen.files.wordpress.com/2011/09/imgp3653.jpg via https://kotakpermen.files.wordpress.com

Klenteng Sam Po Kong terletak di daerah Simongan, Sebelah barat daya kota Semarang. Klenteng Sam Po Kong merupakan suatu petilasan atau bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama islam yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Saat ini selain berfungsi sebagai tempat ibadah, kawasan Klenteng Sam Poo Kong Semarang juga menjadi salah satu tujuan wisata lokal di semarang yang menarik banyak minat wisatawan.

Rute perjalanan dari arah Kota Jogja yaitu menggunakan bis jurusan Semarang dari Terminal Jombor dan turun di Kota Semarang. Dengan Harga sekitar kurang lebih Rp 25.000 – Rp. 40.000 (jika menggunakan bisnis ac). Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan bis jurusan Mangkang, atau angkot jurusan Pasar Karang Ayu, atau Manyaran. Dan turun di Klenteng Sam Po Kong.

Bagi yang ingin memasuki komplek bangunan klenteng, bawalah Hio sebagai kunci agar diperbolehkan memasuki area klenteng.

Harga tiket:
• Rp 3.000 (masuk ke halaman klenteng)
• Rp 20.000 (masuk ke kompleks bangunan klenteng)
• Rp 10.000 (harga Hio)

*Harga bisa saja sewaktu-waktu berubah

Untuk mu yang ingin bertraveling ke tempat-tempat bersejarah namun ciamik, barangkali Klenteng Sam Po Kong sangat bisa menjadi detinasi tujuan ber-solo traveling mu. Selain bersejarah, Klenteng ini pun memiliki pemandangan yang indah bak negeri dongeng. Kamu akan merasa jadi seorang putri cina disini. Selain berjalan-jalan mengelilingi komplek Klenteng, disini juga menyediakan kostum ala cina yang menjadikan mu bagai putri dan bangsawan negeri tirai bambu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya