Kalian Punya Fobia? Coba Lakukan 5 Cara Ini Untuk Terbebas dari Fobia-mu!

Macam-Macam Penanganan Fobia

Badut. Laba-laba. Ketinggian. Jarum. Dokter gigi. Penerbangan. Apa keserupaan semua perihal ini? Mereka ialah fobia yang sangat umum. Fobia sebenarnya ialah jenis gangguan kegelisahan yang ditandai oleh rasa fobia yang berlebihan atau tidak masuk akal terhadap kondisi atau objek tertentu. Meskipun takut berat mesti ditangani dengan terapi profesional atau obat-obatan, Anda bisa mengatasi takut paling ringan sampai takut yang berat dan mengurangi kegelisahan yang berhubungan dengan takut sendiri.

Advertisement

1. Coba Obat-Obatan

Photo by uabmedicine.org

Photo by uabmedicine.org via https://www.uabmedicine.org

Luar biasa andai Anda dapat merasa lebih baik sendiri. Tetapi pun sangat baik untuk menolong pemulihan Anda bareng dengan pengobatan, andai dokter kita merasa cocok. Berdasarkan keterangan dari WebMD, terdapat tiga jenis obat yang bekerja dengan baik dengan fobia.

Yang kesatu ialah beta blocker, yang menutup efek stimulasi adrenalin dalam tubuh. Lalu terdapat antidepresan untuk menolong mengubah keadaan hati Anda. Dan kesudahannya obat penenang, laksana Xanax, yang dapat menolong mengurangi perasaan cemas. Tanyakan untuk dokter kita jenis apa yang terbaik.

Advertisement

2. Coba Lakukan Teknik Banjir

Photo by thelogicalindian.com

Photo by thelogicalindian.com via https://thelogicalindian.com

Pikirkan mengenai seseorang yang klaustrofobik mengemudikan lift sepanjang hari, atau germaphobe mengolesi tangan mereka pada kenop pintu yang kotor. Teknik ini sama laksana kedengarannya – kita berulang kali dan sepenuhnya mengekspos (atau membanjiri) diri kita pada kondisi sampai terasa tidak cukup menakutkan.

“Diharapkan bahwa amigdala bakal belajar bahwa tidak ada urusan buruk yang terjadi, dan berhenti mencungkil hormon stres,” kata Tom Bunn L.C.S.W. kata di Psychology Today. Banjir barangkali sulit dilakukan, namun patut dicoba.

3. Coba Turunkan Rasa Mudah Terpengaruh Anda

Photo by vistapointe.net

Photo by vistapointe.net via https://vistapointe.net

Jika kita benar-benar kewalahan oleh pemikiran guna mengatasi takut Anda, maka kiat desensitisasi barangkali tepat guna Anda. Yang kita lakukan ialah secara bertahap mengemukakan diri kita pada urusan atau kondisi yang menakutkan (mis., Jalanan yang sarat sesak, serangga, ketinggian), dan lantas menarik diri ketika kegelisahan Anda menjadi berlebihan, menurut keterangan dari John M. Grohol, Psy.D. di PsychCentral.com. Lain kali, dorong diri Anda tidak banyak lebih jauh. Dan seterusnya dan seterusnya hingga rasa fobia (semoga) hilang sepenuhnya.

Advertisement

4. Hadiri Kelompok Dukungan Sebaya

photo by odhaberhaksehat.org

photo by odhaberhaksehat.org via https://www.odhaberhaksehat.org

Kelompok pendukung menolong Anda menyadari bahwa kita tidak sendirian, atau aneh, atau gila, dan memahami hal ini dapat menanggulangi rasa takut. Plus, berada di dekat orang-orang yang berpikiran sama yang semuanya hendak menjadi lebih baik menambah peluang Anda guna pulih. Jadi, cari rapat, atau grup obrolan daring, dan mulailah menggarap masalah kita bersama.

5. Just Do It

Photo by henpicked.net

Photo by henpicked.net via https://henpicked.net

Jika kita pernah menyerah sebab takut, maka kita tahu nilai “Lakukan Saja”. Karena ya, pesawat menakutkan, ketinggian menakutkan dan laba-laba menakutkan. Tapi tersebut tidak berarti Anda jangan terbang atau hiking atau mengembara hutan lagi. Biarkan kegelisahan datang, dan kerjakan yang terbaik guna maju.

Ya, takut itu menyebalkan, terutama jika mereka dapat mengakibatkan hidup kita menjadi terbatas. Cobalah dirimu di bawah kendali ASAP dan kembalilah merasakan hidup yang anda inginkan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE