Kamar Sempit? Tak Usah Khawatir, Terapkan 7 Tips Ini

7 tips ampuh kalau ingin kamar tidur mungil terasa lebih luas

Punya kamar sempit dan kesulitan menata kamar karena tidak punya tempat yang sesuai? Menata dan mendesain kamar tidur mungil memang memiliki tantangan tersendiri. Penghuni kamar kerap kali menemukan hambatan karena ukuran kamar yang terbatas. Padahal, kamar tidur sempit tak menghalangi kamu untuk membuat kamar menjadi nyaman dan enak dipandang. Asalkan tahu cara menghiasnya. Mau tahu tipsnya?

Advertisement

1. Area bawah ranjang sebagai tempat penyimpanan

Kasur dengan tempat penyimpanan

Kasur dengan tempat penyimpanan via https://www.getlaidbeds.co.uk

Kamar mungil menuntut kita harus ekstra kreatif ketika mencari solusi ruang penyimpanan. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah memanfaatkan area bawah ranjang sebagai tempat penyimpanan. Laci di bawah ranjang ini bisa kamu gunakan untuk menyimpan berbagai macam barang, mulai dari seprai, pakaian yang jarang dipakai, sepatu, hingga koleksi buku.

2. Maksimalkan pencahayaan alami dan buatan

Jendela besar untuk kamar di 11A Residence karya Sontani Partners

Jendela besar untuk kamar di 11A Residence karya Sontani Partners via https://www.arsitag.com

Solusi ampuh berikutnya untuk membuat kamar berukuran sempit terlihat lebih luas adalah memastikan kamar mendapat banyak penerangan. Kamu bisa memaksimalkan cahaya alami sinar matahari yang masuk melalui jendela. Ditambah penerangan dari lampu kamar. Khusus untuk lampu, pilihlah lampu yang sifatnya indirect, alias tidak menyorot secara langsung. Selain sifatnya yang lebih temaram, lampu indirect bisa membuat tidur lebih nyaman.

Advertisement

3. Gunakan floating table

Floating table solusi kamar sempit

Floating table solusi kamar sempit via https://www.contemporist.com

Semua furnitur yang sifatnya melayang akan membuat ilusi ruangan terlihat lebih tinggi. Selain membuat ruangan tampak lebih luas, floating table juga bisa berfungsi untuk menyimpan barang. Ditambah lagi, floating table yang berada di samping tempat tidur juga dapat berfungsi ganda sebagai side table. Berikan jarak yang cukup antara rak dengan ruang gerak tubuh agar tidak mudah tersenggol, ya.

4. Gunakan motif garis

Motif garis dalam kamar sempit

Motif garis dalam kamar sempit via http://www.architectureartdesigns.com

Pasanglah furnitur atau wallpaper dengan motif garis-garis untuk membuat ilusi ruangan yang lebih lebar. Motif ini dapat mengubah tampilan ruangan secara signifikan, lho. Garis-garis vertikal dapat membuat langit-langit kamar seolah lebih tinggi. Sedangkan garis-garis horizontal pada dinding akan membuat kamar terkesan lebih panjang. Selain pada dinding, kamu juga bisa menambahkan motif garis pada barang lain. Misalnya menggunakan karpet garis-garis untuk membuat kesan ruangan yang lebih luas.

5. Gunakan kasur lipat

Advertisement
Kasur lipat hemat tempat di Compact House karya Sontang M Siregar

Kasur lipat hemat tempat di Compact House karya Sontang M Siregar via https://www.arsitag.com

Kamar tidur masa kini bukan lagi sekadar untuk tidur, melainkan harus bisa mengakomodasi kegiatan lainnya seperti bekerja atau bersantai. Kehadiran tempat tidur yang terlalu besar akan membuat kamar terasa semakin sempit, serta menghambat untuk melakukan aktivitas lain.

Sebagai solusi, gunakan tempat tidur lipat untuk menghemat space di kamar kamu. Saat waktunya tidur, kamu bisa membukanya. Namun saat tidak digunakan, kamu bisa melipat tempat tidur tersebut ke tempatnya dan menggunakan space yang tersedia untuk keperluan lain.

6. Hindari penggunaan headboard yang besar

Kasur dengan headboard simpel Silviana Lowis karya Revano Satria

Kasur dengan headboard simpel Silviana Lowis karya Revano Satria via https://www.arsitag.com

Seringkali headboard yang terpasang pada tempat tidur membuat kamar terlihat penuh. Pilihlah headboard yang simpel dan tidak terlalu besar. Kamu juga bisa mengganti headboard dengan memasang wall art, wall mural, atau rak di atas tempat tidur. Alternatif headboard ini akan membuat langit-langit kamar lebih tinggi sekaligus menjadi dekorasi menarik.

7. Gantung tirai dari langit-langit hingga ke lantai

Gorden tinggi dalam kamar di Js House karya Antony Liu + Ferry Ridwan

Gorden tinggi dalam kamar di Js House karya Antony Liu + Ferry Ridwan via https://www.arsitag.com

Tahukah kamu jika memasang tirai dengan cara yang tepat bisa membuat kamar terlihat lebih luas? Gantunglah tirai dari langit-langit hingga menjuntai ke lantai, walaupun jendela di kamar kamu berukuran kecil. Cara ini bisa membuat langit-langit kamar yang rendah terlihat lebih tinggi. Selain itu, pilihlah tirai dengan warna yang cerah agar ruangan tidak terkesan gelap dan sumpek.

Jadi, kamu tertarik untuk mengaplikasikan tips nomor berapa, nih? Coba terapkan tipsnya dan rasakan kamar sempit menjadi lebih luas tanpa harus menjebol tembok.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bangun Proyek dengan Aman, Nyaman, dan Transparan *Semua foto yang berasal dari Arsitag.com adalah kekayaan intelektual milik masing-masing profesional yang mengunggah karyanya ke Arsitag.com.

CLOSE