Drama Korea selama beberapa tahun ini telah menarik perhatian penduduk Indonesia, terutama kaum hawa. Bukan hanya para aktor dan aktrisnya yang ganteng atau cantik, tetapi juga jalan ceritanya yang unik sehingga tidak membosankan. Drama Korea hanya memiliki sekitar 16-25 episode, walaupun tidak panjang tetapi bisa menggambarkan keseluruhan jalan cerita. Genrenya pun bermacam-macam, bukan hanya berkisah tentang cinta. Nah, tujuh drama Korea berikut ini akan mengajarkanmu makna keluarga yang sebenarnya!

1. High School Love On (2014)

Keluarga bukan hanya orang tuamu, tetapi juga mereka yang ada untukmu via http://www.sinopsis-dramak.blogspot.com

Siapa yang tidak tahu drama Korea yang terkenal di masanya ini? Dibintangi oleh dua member tampan dari Infinite, drama ini sukses membuat para remaja histeris. Bercerita tentang seorang malaikat (Kim Sae Ron) yang berubah menjadi manusia setelah menyelamatkan Shin Woo Hyun (Nam Woo Hyun). Walaupun cerita lebih berpusat pada kisah cinta segitiga antara Lee Seul Bi (Kim Sae Ron), Shin Woo Hyun (Nam Woo Hyun), dan Hwang Sung Yeol (Lee Sung Yeol) tapi ada beberapa scene yang menceritakan betapa sayangnya Woo Hyun dengan sang nenek. Saat masih kecil, Woo Hyun harus kehilangan kedua orang tuanya yang meninggalkannya sendirian dengan sang nenek. Walaupun tanpa orang tua, Woo Hyun tumbuh menjadi remaja yang populer. Ketika neneknya meninggal karena sakit, Woo Hyun berubah seperti orang linglung. Berkat dukungan teman-temannyalah ia akhirnya bisa bangkit lagi setelah kehilangan neneknya tercinta. Tetapi, hidupnya kembali berantakan saat tahu bahwa ibu tiri Sung Yeol merupakan ibu kandung yang telah meninggalkannya. Bagi Woo Hyun sang nenek adalah segalanya, namun kehadiran ibu kandungnya ternyata mampu merubah jalan hidupnya.

2. Angry Mom (2015)

Ibu akan melakukan apa pun demi anak-anaknya via http://aianwiki.com

Drama bertema sekolah ini diperankan oleh tante cantik Kim Hee Seon. Jo Gang Ja (Kim Hee Seon) harus menyamar menjadi murid SMA untuk menyelidiki siapa yang telah mengganggu anak perempuannya hingga menjadi gila. Hal ini ia lakukan karena sekolah seakan-akan menutupi kemalangan yang menimpa murid-muridnya. Suatu ketika, Jo Gang Ja menemukan Oh A Ran (Kim Yoo Jung) terluka. Gadis itu mengalami shock setelah kematian sahabatnya (Yoon Ye Joo), ia bahkan tidak bisa diajak berbicara. Ternyata, Oh Ah Ran menyimpan rahasia besar untuk menyelamatkan keluarganya. Ia berpura-pura gila agar Ko Bok Dong (Ji Soo) tidak melukai keluarganya. Akhirnya, Jo Gang Ja menyamar menjadi salah satu murid di sekolah putrinya. Satu per satu rahasia kelam penyebab kematian sahabat anaknya terkuak. Tidak berhenti sampai di situ, rahasia masa lalu Jo Gang Ja pun ikut terbuka. Hingga akhirnya, Oh A Ran yang tadinya tidak menyukai ibu kandungnya lama kelamaan menyadari bahwa Jo Gang Ja merupakan sosok yang sangat mencintai keluarganya.

3. The Village: Achiara’s Secret (2015)

Advertisement

Keluarga bukan hanya mereka yang sedarah via http://asianwiki.com

The Village: Achiara’s Secret mengisahkan tentang sebuah desa yang tadinya damai, mendadak dikejutkan oleh penemuan kerangka seorang wanita. Han So Yoon (Moon Geun Young) baru saja pindah ke Desa Achiara setelah kematian neneknya. Ia menjadi sebatang kara karena kedua orang tuanya telah meninggal karena kecelakaan, sedangkan kakak perempuannya pergi entah kemana. Ia merasa seolah-olah ada sesuatu yang mengharuskannya pergi ke sana setelah menerima surat yang berasal dari Desa Achiara. Ternyata desa yang terlihat damai itu menyimpan banyak hal misterius, mulai dari pemerkosaan sampai pembunuhan berantai. Dibantu oleh seorang polisi muda bernama Park Woo Jae (Yook Sung Jae), Han So Yoon mencoba menemukan keluarganya yang kemungkinan tinggal di Desa Achiara. Pada akhirrnya, ia berhasil menguak misteri kerangka wanita yang ia temukan. Kerangka itu milik kakak perempuannya yang telah dibunuh bertahun-tahun sebelumnya. Ternyata Kim Hye Jin (Jang Hee Jin) bukan kakak kandungnya, melainkan anak korban pemerkosaan yang dibuang oleh ibu kandungnya sendiri. Walaupun bukan saudara kandung, Han So Yoon berusaha menegakkan keadilan bagi Kim Hye Jin.

4. Reply 1988 (2015)

Bahkan mereka yang hanya tetangga bisa menjadi keluarga via http://www.asianwiki.com

Lima keluarga menjadi inti dari drama Reply 1988. Sung Duk Seon (Lee Hyeri), Choi Taek (Park Bo Gum), Kim Jung Hwan (Ryu Jun Yeol), Sung Sun Woo (Go Kyung Pyo), dan Ryu Dong Ryong (Lee Dong Hwi) merupakan sahabat sejak kecil. Mereka tinggal di Ssangmundong pada tahun tahun 1988. Keunikan drama ini terletak pada setingnya yang benar-benar terlihat seperti tahun 1988, mulai dari gaya pakaian, genre musik yang sedang hits pada masa itu, sampai kebiasaan-kebiasaan orang Korea pada tahun tersebut. Reply 1988 mengajarkan walaupun kau tidak terlalu dekat dengan salah satu anggota keluargamu, tetapi keluarga tetaplah mereka yang akan selalu mendukungmu apa pun yang terjadi.

5. Hello Monster (2015)

Adikku tetap adikku, bukan monster via http://en.wikipedia.org

Lee Hyun (Seo In Guk) merupakan seorang profiling criminal yang jenius. Suatu ketika, ia kembali ke Korea Selatan karena ada seseorang yang mengingatkannya pada memori masa kecilnya yang telah hilang. Dulu, ayahnya dibunuh oleh seorang psikopat muda (Doo Kyung Soo). Saat itu, ia juga kehilangan adik lelakinya yang menghilang secara misterius. Akhirnya, Lee Hyun bertemu lagi dengan saudaranya tetapi Lee Hyun tidak mengenali adiknya tersebut. Psikopat muda yang telah menghancurkan hidupnya ternyata masih hidup bebas. Ia menjadi laki-laki setengah baya bernama Lee Joon Young (Choi Won Young) yang membesarkan adik kandung Lee Hyun, Jung Sun Ho / Lee Min (Park Bo Gum). Lee Joon Young mengenalkan Lee Min pada dunia kriminal, bahkan Lee Min ikut menjadi seorang pembunuh berantai. Tentu saja Lee Hyun merasa bersalah saat tahu bahwa Lee Min dibesarkan oleh penjahat yang membunuh ayah mereka, bahkan Lee Min juga menjadi buronan polisi atas segala kejahatan yang telah ia lakukan. Tetapi, kekuatan cinta kakak beradik dalam Hello Monster tumbuh semakin kuat dengan adanya kenyataan pahit yang harus mereka lalui.

6. Who Are You School (2015)

Who Are You School menceritakan tentang saudara kembar yang terpisah selama bertahun-tahun, Go Eun Byul dan Lee Eun Bi (Kim So Hyun). Suatu ketika, sekolah Go Eun Byul sedang melakukan perjalanan ke Tongyeong. Tanpa sengaja, ia melihat saudara kembarnya yang masih tinggal di panti asuhan. Eun Byul mengikuti kembarannya tersebut, hingga ia tahu bahwa Eun Bi merupakan korban bully teman-teman sekolahnya. Eun Bi memutuskan untuk bunuh diri, tetapi berhasil diselamatkan oleh Eun Byul. Eun Bi yang hilang ingatan hidup menjadi Eun Byul. Karakter Eun Bi memang berbeda dari Eun Byul yang dingin, oleh karena itu Gong Tae Kwang (Yook Sung Jae) jatuh cinta padanya. Sayangnya, Eun Bi lebih menyukai Han Yi An (Nam Joo Hyuk). Han Yi An sendiri telah lama menyimpan perasaan pada Eun Bi yang ia kira sebagai Eun Byul. Lama-lama, ingatan Eun Bi kembali. Ia percaya bahwa Eun Byul telah meninggal karena menyelamatkannya. Tetapi, saat Eun Bi dituduh pembohong oleh teman-teman sekelasnya, saat itulah Eun Byul kembali. Mereka akhirnya hidup bersama dengan ibu angkat Eun Byul.

7. Cinderella And Four Knights (2016)

Kapan lagi dikelilingi empat cowok ganteng? via http://www.seoulsistahz.com

Cinderella and Four Knights mengingatkan kita pada drama Boys Before Flowers yang tayang pada tahun 2009 lalu. Cerita berpusat pada saudara sepupu yang terdiri dari Kang Ji Woon (Jung Il Woo), Kang Hyun Min (Ahn Jae Hyun), dan Kang Seo Woo (Lee Jung Shin). Ayah Kang bersaudara telah meninggal semua, bahkan Kang Ji Woon baru mengetahui bahwa dirinya merupakan cucu seorang CEO kaya raya. CEO Kang (Kim Yong Geon) mengumpulkan para cucunya di mansion Sky House di bawah pengawasan Lee Yoon Sung (Choi Min). Para sepupu Kang tidak penah akur, jadi sang kakek meminta tolong pada Eun Ha Won (Park So Dam) untuk mengubah tabiat buruk mereka. Eu Ha Won melakukan misinya seperti makan bersama, mengunjungi tempat peristirahatan ayah mereka, dan lain-lain. Lama-lama, para sepupu Kang mulai merasakan apa arti keluarga bagi mereka terutama saat istri baru CEO Kang mencoba merebut posisi mereka sebagai penerus perusahaan.