Tidak ada yang menyangkal bahwa akan jadi apa kita nantinya itu semua tergantung pada diri kita sendiri. Salah satunya adalah bagaimana karakteristik atau sikap kita sendiri. Termasuk menjadi pengusaha atau pebisnis, tentu ada beberapa karakteristik yang harus ada pada orang tersebut. Bukankah menjadi pengusaha adalah impian semua orang? Saya yakin jika ada orang yang disuruh ingin punya usaha sendiri atau jadi karyawan? Maka pilihan pertamalah yang dipilih karena dengan menjadi pengusaha, kita lah yang mengendalikan semuanya, kita tidak dituntut oleh atasan kita dengan tekanan yang tinggi dan itu berjalan sehari hari jika menjadi karyawan. Namun sebagai pengusaha, juga harus siap dengan segala resiko yang ada.

Kebanyakan orang tidak mau menjadi pengusaha karena takut gagal, takut rugi apalagi kalau sampai bangkrut, nah disamping itu, ada banyak lagi alasan alasan lain. Disini saya akan membahas sedikit mengenai karakteristik seorang pengusaha sukses, jika kamu punya itu, maka kemungkinan besar kamu adalah calon pebisnis yang sukses di masa mendatang.

1. Punya Pendapat Kalau Risiko itu yang di Ambil, Bukan Malah dihindari.

tak takut akan resiko

tak takut akan resiko via https://www.pahlevi.net

Percayalah, segala sesuatu yang ada dan terjadi di dunia ini pasti ada risikonya dibelakang hal tersebut, jadi janganlah pernah menganggap kalau risiko itu harus dihindari, yang benar itu risiko ya dihadapi. ini jugalah salah satu karakteristik seorang pengusaha, mereka tidak takut akan risiko, justru mereka menjadi sangat tertantang untuk melakukan sesuatu hal tersebut meski risikonya besar. tugas kita adalah meminimalisir risiko tersebut dan mencapai tujuan yang diinginkan.

2. Tidak Pernah Ragu dengan Kemampuan Sendiri

tak pernah ragu dengan kemampuan sendiri

tak pernah ragu dengan kemampuan sendiri via http://google.com

Advertisement

Saat di remehkan, kebanyakan orang akan down, namun tidak dengan calon pengusaha sukses dimana mereka akan tetap percaya diri pada kemampuannya sendiri meskipun di remehkan sekalipun. justru jika kamu merasa di remehkan, berjuanglah untuk mengubahnya menjadi pujian kelak dan membungkam mereka yang meremehkanmu. Kamu tak peduli dengan kamu yang di remehkan dan kamu terus mengembangkan kemampuanmu.

3. Kamu Kaya Akan ide Ide Unik

kreatif dan unik

kreatif dan unik via http://hipwee.com

Banyak orang pintar tapi mereka tidak punya ide ide yang unik dan berbeda dari yang lain, jika kamu punya karakteristik yang dapat menciptakan ide ide baru yang bisa dibilang sulit ditebak, maka kamu selangkah lebih maju untuk dikatakan sebagai calon pengusaha sukses, percayalah dengan ide ide unik anda, itu semua akan menjadi jalan kesuksesan anda dalam berbisnis dan bersaing di dunia kerja.

4. Punya Tujuan

kerjar sampai dapat dan berhasil

kerjar sampai dapat dan berhasil via http://detik.com

Sebagian besar pengusaha pasti memiliki karakteristik dimana sesuatu yang akan di capai harus di selesaikan secepat mungkin, jika tidak kunjung selesai, kamu akan merasa gatal untuk segera menyelesaikannya dengan cepat agar bisa terwujud. Untuk membiasakan dengan sikap dan karakteristik seperti ini, cobalah untuk selalu terbiasa dengan sebuah target. Buatlah target yang tinggi dan bekerja keraslah untuk mewujudkan hal tersebut sebelum waktu nya melampaui target. Dengan ini juga sikap disiplin kita akan terlatih menjadi lebih baik.

5. Lapang Dada Akan Sebuah Kritikan dan Saran dari Orang Lain

lapang dada akan kritikan

lapang dada akan kritikan via http://liputan6.com

Advertisement

Menjadi seorang pengusaha yang sukses merupakan impian semua orang, untuk mewujudkannya, butuh ide ide dan juga kreatifitas tinggi, jika kamu sering berkarya namun seringkali dikritik dan kamu sangat senang apabila kritikan tersebut terus berdatangan terhadap suatu karyamu, maka kamu punya karakteristik yang sangat penting dalam hal enterpreneurship. Ini penting untuk perjalanan karir kamu sebagai pengusaha nantinya yang tentu akan mencakup banyak orang dan bisa dipastikan akan ada orang yang tidak puas dengan hasil kerjamu, yang akan menentang ide idemu dan masih banyak hal lain lagi. Anggaplah kritik sebagai saran yang membangun, jangan mudah bawa perasaaan saat dikritik dan jangan pernah merasa down setelah menerima kritik dari orang lain.

Itulah beberapa karakteristik atau sikap yang biasanya dimiliki oleh para pengusaha sukses, milikilah karakteristik diatas jika mimpimu adalah menjadi pengusaha sukses, bagaimanapun sesuatu yang besar berawal dari sesuatu yang kecil dan kamu harus tetap bekerja keras.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya