Mendapatkan teman sangat mudah, tetapi untuk mempertahankannya sangat sulit. Apalagi teman yang bersikap manis di depan, tetapi memiliki maksud lain yang kamu nggak sadari.

Berteman memang harus dengan semua orang, tapi kamu harus berhati-hati, jangan sampai kamu menderita bahkan rusak gara-gara temanmu. Kalau temanmu memiliki 5 tanda ini, sebaiknya kamu waspada.

1. Kamu semakin boros

Semenjak berteman dengannya kamu semakin boros, apalagi jika dia memiliki kebiasaan menghambur-hamburkan uang dan memaksa kamu mengikuti gaya hidupnya yang berbeda dengan kamu. Kamu harus segera menjaga jarak, jangan terlalu dekat kalau kamu nggak mau hancur.

2. Merusak hubunganmu dengan yang lain

Mengatasi Siswa

Mengatasi Siswa via https://www.google.com

Advertisement

Setelah berteman dengannya, hubugan kamu dengan keluarga, teman, atau sahabat yang lain jadi rusak. Kamu sebaiknya segera menjauh, daripada gara-gara satu orang hubungan kamu dengan yang lain menjadi rusak.

3. Kamu menjadi orang lain

orang lain

orang lain via http://www.google.com

Kamu tidak pernah menjadi diri kamu yang sebenarnya ketika berteman dengannya. Hal itu nggak baik, karena kamu bakal tertekan dan pasti kamu juga capek kalau harus bersandiwara terus kan?

4. Menjadi penghambat dalam kesuksesan

penghambat

penghambat via http://www.google.com

Teman yang seperti ini sangat harus dihindari, kamu nggak akan pernah sukses kalau dekat dengan dia. Dia akan berusah membuat kamu merasa nggak bisa apa-apa dan kamu semakin jatuh, sehingga menyerah.

5. Mengkritik yang menjatuhkan

Hello Sehat

Hello Sehat via https://www.google.com

Advertisement

Mengkritik sebenarnya hal yang baik, asalkan kritik yang bersifat membangun. Tetapi kalau dia mengkritik yang bertujuan untuk menjatuhkan kamu, makin lama kamu akan makin pasrah. Kamu kalau berpikir tidak apa-apa di dekat dia, itu salah besar. Lama-kelamaan kamu akan terpengaruh.

Punya teman dengan 5 tanda di atas? Segera hindari kalau perlu menjauh. Berteman dengan orang yang bisa membuat kamu maju.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya