Sudah pernah datang ke pameran, konser, seminar, maupun kegiatan-kegiatan semacamnya? Ya, menjadi penonton memang menyenangkan. Namun siapa sangka, ikut bergabung menjadi volunteer jauh lebih seru, lho.

“Kalau menjadi volunteer dibayar berapa?,” 
Cuitan ini beberapa kali bermunculan oleh orang-orang yang belum pernah mendedikasikan dirinya dalam suatu kegiatan. Guys, tak semua harus terbayarkan dengan uang. Inilah keuntungan-keuntungan jika kamu menjadi seorang volunteer pada suatu kegiatan:

1. Menambah pengalaman

Mencoba hal-hal baru

Mencoba hal-hal baru via http://www.volnow.org

Pengalaman merupakan sesuatu yang tak bisa terulang, pun dibayar. Sedini mungkin, cobalah untuk menjadi seorang volunteer. Selain menambah pengalaman, hal ini juga dapat berguna agar supaya tidak ‘kaget’ ketika memasuki dunia kerja.

2. Mengembangkan soft skill

Softskills

Softskills via http://scdc.binus.ac.id

Advertisement

Bertemu dengan banyak orang akan melatih diri kita untuk menampilkan sisi terbaik dalam diri. Secara tidak sadar, hal ini akan mengembangkan soft skill yang ada dalam diri kita seperti, kepercayaan diri, public speaking, hingga melatih emosi.

3. Keluar dari zona nyaman

Keluar dari zona nyaman

Keluar dari zona nyaman via https://medium.com

Bagi kamu yang awalnya kurang tertarik untuk berinteraksi dengan banyak orang, ini adalah salah satu cara untuk mengembangkan diri dan berlatih berkomunikasi dengan orang lain.

Berdasarkan pengalaman pribadi, bertemu orang lain ketika menjadi seorang volunteer pertama kali ternyata adalah hal yang sangat menyenangkan, lho.

Advertisement

Percayalah, sekali kamu berpartisipasi, selanjutnya kamu akan ketagihan!

4. Mengisi waktu agar lebih bermanfaat

Mengisi waktu

Mengisi waktu via https://www.sciencenews.org

Jika kamu sedang berlibur maupun fresh-graduate, waktu senggangmu akan terasa sangat produktif ketika menjadi seorang volunteer. Daripada rebahan-main hp-rebahan, lebih baik mengisi waktu dengan hal-hal baru dan berguna, bukan?

5. Memperluas jaringan pertemanan

Menambah koneksi pertemanan

Menambah koneksi pertemanan via https://www.kissradio.ca

Dengan menjadi volunteer, kamu tentu akan dipertemukan oleh volunteer maupun panitia lain yang memiliki beragam latar belakang.

Kamu pasti akan berinteraksi dengan orang lain serta memperoleh banyak teman-teman baru, atau bisa saja bertemu jodoh. Hihi

6. Mengembangkan Curriculum Vitae (CV) yang kamu miliki

Saat melamar pekerjaan, banyak perusahaan yang menjadikan CV sebagai salah satu pertimbangan dalam penerimaan karyawan. Jika kamu pernah menjadi seorang volunteer, tentu akan menambah isi CV mu serta menjadi nilai tambah dalam dirimu

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya