Bergurau atau bercanda kadang memang penting untuk dilakukan agar hidup kita tidak terlalu serius. Menjadi orang yang humoris pun nyatanya juga bisa membuat orang-orang nyaman untuk berteman dan berkumpul bersama kita.

Nah, buat kamu yang hobi bercanda, beberapa hal ini juga penting untuk kamu ketahui sebelum pada akhirnya bercanda dan humorisnya dirimu malah menjadikan orang-orang tak lagi nyaman denganmu.

1. Ingat bercanda itu ada batasnya, jangan sampai malah kelewat batas

bercanda ada batasnya

bercanda ada batasnya via https://unsplash.com

Bercanda itu memang sah-sah saja. Justru dengan bercanda bisa membuat dirimu jauh dari stress. Tapi ingat, bercanda itu ya tetap ada batasannya. Jangan sampai bercandaanmu itu malah sampai kelewat batas yang bisa membuat orang lain tidak nyaman atau tersakiti. Jadi jangan semua hal dibawa bercanda yaa!

2. Di saat serius, jangan sampai melontarkan bercandaan yang malah bisa membuat kacau suasana

saat serius, stop bercanda

saat serius, stop bercanda via https://unsplash.com

Advertisement

Bercanda juga harus melihat situasi dan kondisi. Kalau kondisinya sedang dalam suasana atau pembahasan yang serius, jangan deh sekali-kali kamu lontarkan bercandaan jika tidak ingin orang-orang kesal kepadamu. Karena dengan kamu bercanda pada suasana yang serius, kamu malah akan membuat suasana menjadi kacau.

3. Harus bisa melihat dan membaca suasana hati orang yang diajak bercanda

lihat suasana hati yang diajak bercanda

lihat suasana hati yang diajak bercanda via https://unsplash.com

Ini juga penting untuk kamu lakukan kalau ingin bercanda. Kamu harus bisa melihat dan membaca suasana hati orang yang akan diajak bercanda. Agar bercandaanmu tidak menjadi boomerang untukmu. Sebab sebagai orang yang humoris dan suka bercanda pun kamu harus pandai melihat situasi. Kalau seseorang dalam suasana hati sedih, jangan deh sesekali bercanda. Yang ada kamu malah membuat mereka kesal kepadamu.

4. Bercanda sewajarnya, jangan sampai menyakiti hati orang lain!

bercanda sewajarnya saja

bercanda sewajarnya saja via https://unsplash.com

Dalam melontarkan bercandaan atau lelucon, penting bagimu untuk tidak berlebihan. Apalagi kalau bercandaanmu malah sampai menyakiti hati orang lain. Itu sangat tidak baik untuk dilakukan. Mungkin niatmu memang hanya untuk bercanda. Tapi kamu juga harus memikirkan perasaan orang yang menjadi bahan bercandaanmu itu. Jadi bercandalah sewajarnya. Jangan sampai menyakiti hati orangnya.

5. Bercanda juga harus melihat usia. Jangan semua orang diajak bercanda, terlebih mereka yang sudah tua

bercandalah dengan yang sebaya

bercandalah dengan yang sebaya via https://unsplash.com

Advertisement

Cukuplah sifat humorismu itu kepada mereka yang sebaya denganmu saja. Mereka yang lebih tua darimu jangan diajak bercanda. Sebab mereka adalah orang yang harus kamu hormati dan hargai. Jadi kamu juga harus melihat-lihat orang yang akan kamu ajak bercanda itu ya!

Buat kamu yang suka bercanda dan terkadang bercandaannya suka tidak terkontrol dan tidak pada tempatnya, yuk lebih bisa lagi mengontrol diri melihat situasi dan orang yang diajak bercanda. Agar orang lain pun tidak menjadi kesal kepadamu nantinya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya