Apa kamu pernah merasa kangen makan makanan Indonesia saat traveling? Ya, memang sulit berpisah lama dari makanan Indonesia yang kaya akan bumbu dan cenderung pedas. Jangankan benua Eropa, traveling ke negara tetangga seperti Malaysia juga dapat membuatmu kangen dengan makanan khas negeri sendiri!

Jika kamu berencana traveling, melanjutkan studi atau bahkan bekerja di Malaysia seperti saya, tenang saja. Berikut adalah 12 tempat yang menyajikan makanan asli Indonesia:

1. Ayam Gepuk Pak Gembus

Untuk pencinta sambal bawang

Untuk pencinta sambal bawang via https://www.facebook.com

Advertisement

Untuk pencinta sambal bawang via https://www.facebook.com/pg/ayamgepukpakgembusmalaysia/

Bagi pencinta sambal bawang, pasti tidak asing lagi dengan Ayam Gepuk Pak Gembus, bukan? Rumah makan milik PT Yellow Food Indonesia ini tidak hanya memiliki lebih dari 400 cabang di Indonesia, tapi sudah go international! Di Malaysia, kamu dapat dengan mudah melepas kangen atas ayam gepuk dan sambal mereka karena tersebar di berbagai lokasi.

Lokasi: beragam – Sunway Mentari, USJ 21 Subang Jaya, Batu Caves, SS 6/5a, Jalan Datuk Keramat, Rasta TTDI, Shah Alam Seksyen 7, Jalan Perdana (Cyberjaya), Kampung Pandan (Maluri), Pelangi Damansara, Kajang, Danau Kota, Gombak, Serdang, Sungai Buloh, Klang

Advertisement

Business Hours: tutup 10pm
 

2. Waroeng Spesial Sambal TTDI

Untung yang kangen pedas-pedas

Untung yang kangen pedas-pedas via https://twitter.com

Dari sebuah warung tenda sederhana dekat Grha Sabha Pramana UGM, Jogja, kini Waroeng Spesial Sambal sudah tersebar dari Banten hingga Bali dan memiliki sebanyak 3600 karyawan.

Bagi kamu yang kangen dengan jenis sambal tertentu, restoran ini menawarkan 22 jenis sambal seperti sambal hijau, sambal bawang, sambal tomat, sambal kecap, sambal matah, sambal petai dan lainnya.

Lokasi:  41, 43, Jalan Wan Kadir 2, Taman Tun Dr Ismail, 60000 Kuala Lumpur, Malaysia

Business Hours: 11am-11pm (kecuali Jumat, 2.30-11pm)

Telepon: (+603) 2859 0410

3. Kotak

Kamu dapat memilih tingkat kepedasan di restoran ini

Kamu dapat memilih tingkat kepedasan di restoran ini via https://kotakmalaysia.com

Menu andalan Kotak adalah Nasi Ayam Geprek – nasi putih dan irisan ayam yang disajikan dengan sambal tumis. Asyiknya, kamu dapat memilih tahap kepedasan seusai dengan selera, dari tahap 1-10!

Beberapa menu lainnya adalah Cheesy Ayam Geprek, Nasi/Mi Sedap Sambal Matah, Nasi/Mi Sedap Sambal Pedas dan Nasi Sambal Hijau Petai.

Tiba-tiba ingin sarapan bubur ayam atau lemper ayam saat traveling di Malaysia? Kamu juga dapat melepas rasa kangen di sini.

Lokasi: 7, Jalan SS 15/8B, 47500 Subang Jaya, Selangor, Malaysia

Business Hours: 12pm – 12am (kecuali Minggu, 12-10pm)

Telepon: 1-800-22-0777
 

4. Warung Sate Bu Leha

Kangen sate Madura asli? Di sini tempatnya!

Kangen sate Madura asli? Di sini tempatnya! via https://foursquare.com

Walaupun bertetangga, rasa sate khas Indonesia dan Malaysia berbeda, terutama pada bumbu kacang dan sambalnya. Warung Sate Bu Leha adalah tempat favorit orang Indonesia bahkan warga lokal karena rasanya yang enak.

Tersedia sate ayam, sate sapi dan sate kambing, semuanya disajikan dengan lontong.  Selain sate, kamu juga dapat memesan bakso yang disajikan dengan mi kuning atau bihun, plus saus sambal dan kecap manis. Indonesia banget!

Lokasi: Jalan Mawar, Kampung Sungai Kayu Ara, 47400 Petaling Jaya, Selangor, Malaysia

Business Hours: 5-11pm (tutup hari Kamis)

Telepon: (+60) 169 728 08

5. Resto Surabaya

Sate di Resto Surabaya juga tidak kalah enak

Sate di Resto Surabaya juga tidak kalah enak via https://www.rebeccasaw.com

Resto Surabaya menyajikan beragam makanan khas Indonesia seperti ayam penyet, sayur asam, kangkung cah terasi, nasi goreng, lontong cah gomeh, tempe goreng dan tentu saja sate ayam.

Pemiliknya adalah wanita Indonesia yang telah lama menetap di Malaysia. Menurut saya, sate ayam di restoran ini sangat enak sehingga saya masukkan dalam daftar.

Sebagai catatan tambahan, restoran ini juga menerima pesanan tumpeng dan katering.

Lokasi: GF, 18-1, Jalan PJS 8/2, Mentari Bussines Park, 46150 Petaling Jaya, Selangor, Malaysia

Business Hours: 11am-11pm

Telepon: (+60) 166 381 460

6. Sari Ratu

Satu-satunya makanan Padang di food court KLCC

Satu-satunya makanan Padang di food court KLCC via https://www.agirlnamedclara.com

Restoran Sari Ratu memiliki empat cabang di Malaysia. Bagi kamu yang ingin traveling ke Malaysia, saya menyarankan gerai Sari Ratu yang terletak dalam KLCC karena mall yang terkenal dengan Menara Kembar Petronas ini adalah salah satu destinasi populer. Gerai mereka terletak di Rasa Food Arena, lantai 4.

Selain itu, kamu dapat menggunakan transportasi umum seperti LRT dan bus GoKL gratis menuju KLCC. Ah… nikmatnya menyantap nasi Padang setelah lelah menjelajahi Kuala Lumpur!

Lokasi: beragam – Rasa Food Arena (Level 4) Suria KLCC, GTower, Desa Pandan, Taman Melawati

Business Hours: 10am-10pm

7. Puti Bungsu Batam

Makanan Padang di sini juga favorit orang Malaysia, lho!

Makanan Padang di sini juga favorit orang Malaysia, lho! via https://www.hungrygowhere.my

Nah, restoran Padang yang satu ini juga terletak dekat KLCC. Kamu dapat melepas rasa kangen sambil bersantai di Puti Bungsu Batam karena tempatnya nyaman dan ber-AC.

Beberapa sajian khas Padang yang tersedia adalah ayam pop, rendang, dendeng, urat, kepala ikan, perkedel dan telur dadar. Untuk melengkapi santapan khas Indonesiamu, jangan lupa memesan jus alpukat!

Lokasi: 4 Lorong Yap Kwan Seng, Kuala Lumpur, Malaysia

Business Hours: 11am-11pm (kecuali Jumat, tutup 10pm)

Telepon: (+603) 2171 1197

8. Waroeng Penyet

Ayam penyet di sini memang ma'nyus!

Ayam penyet di sini memang ma’nyus! via http://waroengpenyet.com

Ayam penyet khas Indonesia sangat populer di Malaysia. Salah satu restoran ayam penyet yang selalu ramai adalah Waroeng Penyet yang terletak di beberapa mall. Restoran ini telah beroperasi sejak tahun 2007 dan juga memiliki cabang di Singapura.

Menu penyet mereka terdiri atas ayam, empal, bawal, udang dan lele penyet. Tentu saja tersedia aneka menu lainnya seperti ayam bakar, sop buntut, soto, rawon dan gado-gado.

Lokasi: beragam lokasi – NU Sentral, Sunway Pyramid, The Curve, Citta Mall, Mid Valley Megamall, Harbour Place Mall, Langkawi Parade Mall

Business Hours: tutup jam 10pm

9. Ayam Penyet AP

Selain ayam penyet, tersedia juga masakan Minang

Selain ayam penyet, tersedia juga masakan Minang via http://www.ayampenyet-ap.com

Restoran dengan menu andalan ayam penyet ini telah memiliki 45 cabang di Malaysia dan 1 cabang di Myanmar. Selain aneka menu penyet, Ayam Penyet AP juga menyediakan aneka masakan Minang, sup, bakso, soto ayam.

Bagi kamu yang ingin mengadakan rapat kantoran, pesta ulang tahun atau malas keluar rumah, dapat menghubungi Ayam Penyet AP secara langsung untuk jasa pengiriman cepat.

Cabang-cabang yang menawarkan jasa pengiriman cepat adalah Shah Alam (Section 9 & 18), Klang, Wangsa Maju (AEON BiG), Melaka Cheng, Bangi, Sungai Besar, Sungai Petani dan Arau Perlis.

Lokasi: beragam lokasi – Mydin Mall Subang Jaya, Ole Ole Shopping Centre, Giant Hypermarket Kota Damansara, Evolve Concept Mall, Tesco Cheng Melaka, Paya Bunga Square, AEON BiG Alor Setar dan lain-lain.

Business Hours: 10am-10pm
 

10. The Uma

Suasana restorannya akan membuatmu merasa di Bali

Suasana restorannya akan membuatmu merasa di Bali via http://www.theumabali.com

Melihat desain interior, penyajian makanan dan rasa makanan yang authentic Bali, siapa sangka ternyata pemilik restoran ini bukan orang Indonesia? Ternyata, pemiliknya pernah bekerja selama 9 tahun di Indonesia.

Rasa cinta terhadap Bali akhirnya membuat mereka memutuskan untuk mewujudkan impian mereka untuk membuka sebuah restoran.

The Uma menyediakan aneka Nasi Ratus (nasi campur Bali) yang dihidangkan dengan babi panggang, bebek betutu atau bebek goreng. Datang beramai-ramai? Kamu dapat memesan paket untuk empat orang. Dijamin, puas dan kenyang!

Lokasi: 7-G & 7-1, Jalan PJU 5/21, Kota Damansara, 47810 Petaling Jaya, Selangor, Malaysia

Business Hours: 12-3pm, 6-10pm (tutup hari Selasa)

Telepon: (+603) 6142 2771
 

11. Ole-Ole Bali

Suasana makan ala Bali yang authentic

Suasana makan ala Bali yang authentic via https://www.facebook.com

Berbeda dengan The Uma yang terkesan intimate karena ruangan yang mungil, keempat cabang Ole-Ole Bali sangat luas dan memiliki pencahayaan yang lebih terang.

Kamu akan merasa seperti berada di Bali saat menjejakkan kaki ke dalam restoran ini berkat desain interiornya yang cantik (siapkan kamera HP-mu!).

Restoran ini menawarkan menu yang sangat beragam – 39 pilihan minuman, 47 pilihan makanan dan 4 pilihan dessert. Jangan lupa datang dengan perut kosong agar dapat mencicipi berbagai macam makanan!

Lokasi: beragam lokasi – Sunway Pyramid, Empire Shopping Gallery, Dpulze Shopping Centre, IOI City Mall Putrajaya

Business Hours: 11am-11pm

12. Tetangga Kita

Martabak tebal, tipis atau telor, semuanya tersedia di sini

Martabak tebal, tipis atau telor, semuanya tersedia di sini via https://www.facebook.com

Apa jenis martabak favoritmu? Martabak manis tebal, martabak manis tipis atau martabak telor? Wah, mungkin ketiga-tiganya? Apa pun pilihan martabaknya, semua dapat kamu temukan di Tetangga Kita.

Mulai dari martabak original seperti Nutella Keju Kacang hingga fusion seperti Red Velvet Oreo, Kit Kat Green Tea Keju, Ovomaltine hingga Lotus Biscoff, semuanya sangat menggugah selera!

Untuk martabak telor, tersedia beberapa pilihan seperti telor biasa, ayam, sapi, dendeng, tuna dan mi Korea Samyang yang pedas. Duh, penulis jadi ingin makan martabak, hehe!

Lokasi: Hartamas Shopping Centre, Level 2, Sri Hartamas, 50480 Kuala Lumpur, Malaysia

Business Hours: 11.30am-8.30pm (kecuali Jumat, 11.30am-1.30pm dan 3.15-9pm)

Telepon: (+60) 122 070 715

 

Bagaimana, teman-teman? Makanan Indonesia cukup tersebar di Malaysia sehingga kamu tidak perlu khawatir jika tiba-tiba kangen makan makanan kesukaanmu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya