Kita tidak perlu memperhitungkan usia dan kegagalan yang telah lalu. (Merry Riana-Penulis dan Motivator)

Keberhasilan dan kesuksesan adalah dua kata yang selalu diidamkan oleh manusia mana pun. Manisnya keberhasilan dan nikmatnya kesuksesan seolah mampu terdefinisikan bahkan oleh manusia gagal sekali pun. Ah, namun apa daya manusia memang hanya sanggup berenca tanpa pernah tahu hasil akhir dari perjuangan yang terasa berliku ini.

Pilu rasanya saat perjuangan yang telah dilalui berakhir dengan pahit. Tahun telah berganti, namun kegagalan enggan berhenti. Namun percayalah, di dunia ini kita hanya perlu memilih untuk menjadi manusia yang seperti apa. Manusia yang berhenti setelah mengecap kegagalan atau manusia yang bangkit kembali setelah tercabik kegagalan. 

1. Gagal memang tidak pernah menyenangkan. Namun, kehidupan memang punya liku yang selalu menjadi misteri.

liku kehidupan

liku kehidupan via https://www.pexels.com

Hidup ini adalah perjalanan panjang dan tidak selalu mulus. Pada hari ke berapa dan pada jam ke berapa, kita tidak pernah tau, rasa sakit apa yang harus kita lalui. (Tere Liye-Penulis)

Advertisement

Pernah merasa bahwa kehidupan seolah engga berpihak kepada kita? Benar, rasanya memang pahit. Tidak apa-apa, kita memang hanya bisa berencana dan berjuang untuk setiap kesempatan yang hadir dalam kehidupan.

Jika gagal? Sesungguhnya itu bagian dari misteri Tuhan yang dapat kita lalui dengan hati yang lapang.

2. Tidak mengapa jika saat ini gagal. Sesungguhnya, merelakan dengan ikhlas akan lebih melegakan hati.

Ada perbedaan yang sangat besar antara merelakan dengan ikhlas dan merelakan karena tidak memiliki pilihan. (Alexia Chen-Penulis)

Advertisement

Sesaat mungkin kita mengepal penuh amarah atau sesegukan dalam tangis saat apa yang telah kita perjuangkan dengan gigih harus berakhir dengan kegagalan. Rasanya tentu saja sesak.

Biarkan rasa itu mengalir keluar dalam diri sesungguhnya menerima dengan hati yang lapang dan melepaskannya tanpa penyesalan mampu melegakan hati dan membuat kita lebih siap menghadapi tantangan baru.

3. Kegagalan memang pahit, namun ia memberikan kesempatan bagi kita untuk belajar darinya.

kesempatan belajar

kesempatan belajar via https://www.pexels.com

Keberhasilan itu adalah sebuah titik kecil yang berada di puncak segunung kegagalan. Maka kalau mau sukses, carilah kegagalan sebanyak-banyaknya. (Bob Sadino-Pengusaha)

Kegagalan tidak melulu tentang penyesalan. Hal baik yang bisa kita lakukan setelah gagal adalah kesempatan untuk belajar dan terus memperbaiki diri agar kegagalan yang sama tidak terulang kembali.

Bangkit dari kegagalan kemudian bertransformasi menjadi manusia yang lebih baik dan berkualitas adalah hal luar biasa yang mampu kita lakukan.

4. Berbahagialah karena kita pernah mencoba kemudian gagal daripada tidak pernah mencoba sama sekali.

pernah mencoba

pernah mencoba via https://www.pexels.com

Saya bisa menerima kegagalan, tapi saya tidak bisa menerima segala hal yang tak pernah diusahakan. (Michael Jordan-Pemain Bola Basket)

Kegagalan yang terjadi setelah memperjuangkan jauh lebih baik dibandingkan tenggelam oleh rasa takut dan tidak pernah mencoba. Kegagalan bukan hanya tentang rasa sesal, kecewa, sedih, ataupun marah. 

Melihat kegagalan dari sudut pandang yang lain dapat membuat kita lebih kuat, tegar, dan bersyukur kepada Tuhan karena kita adalah salah satu manusia terpilih yang diberikan kesempatan untuk belajar dari sebuah kegagalan.

5. Percayalah, sekarang adalah saat yang tepat untuk bangkit kembali dan menyambut tantang baru yang akan segera datang.

tantangan baru

tantangan baru via https://www.pexels.com

Kegagalan menghancurkan pecundang. Kegagalan menginspirasi pemenang. (Robert Kiyosaki-Investor)

Tidak ada satu pun manusia sukses yang tidak melewati serangkaian kegagalan. Begitu pun dengan kita, kegagalan yang terjadi di tahun lalu, biarlah berlalu seiring dengan bergantinya tahun.

Kesempatan di tahun yang baru akan lebih menantang dan ini saat yang tepat untuk bangkit dan berjuang kembali. Karena manusia boleh berencana, namun kegagalan bukanlah alasan untuk membuat kita berhenti berjuang. 

Selamat datang, tahun baru!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya