Dunia kampus. Tujuan utama kalian ketika kuliah tentu adalah mengerjakan tugas sebaik mungkin, mencari beasiswa, mendapat IPK setinggi-tingginya dan  segera lulus lalu mendapat pekerjaan bukan?

Lalu, pernah terpikir tidak, apakah kalian tidak merasa rugi ketika masa kuliah kalian hanya kalian lakukan untuk hal-hal pasti tersebut, duduk manis dikelas dan kembali pulang untuk mengerjakan tugas? Tentu kalian seharusnya bisa mendapatkan pengalaman lebih dari itu!

Rugi banget kalau kalian tidak mulai mencoba meng-eksplore kemampuan diri di dunia organisasi di dalam maupun di luar kampus. Kalau kalian masih ada rasa was-was karena takut tidak lulus dengan tepat waktu, baca fakta-fakta  ketika masuk organisasi di bawah ini.

1. Bertemu dengan orang-orang yang memiliki karakter berbeda

talking with friends

talking with friends via https://www.google.co.id

Mungkin bagi kalian yang introvert sedikit tidak nyaman dengan fakta ini. Namun fakta ini akan melatihmu untuk dapat berinteraksi dengan orang lain tanpa me,beda-bedakan satu sama lain.

2. Bertambah pengalaman dan wawasan

Advertisement

Tentu saja di organisasi akan menambah wawasan kalian akan hal baru. Karena kalian akan mengikuti seminar, pelatihan-pelatihan, dan kegiatan-kegiatan lain yang menjadi salah satu agenda penting dari organisasi.

Nah, dari situ lah pengetahuan, wawasan, serta pengalaman kalian akan bertambah.

3. Kemampuan public speaking akan berkembang

discussion in class

discussion in class via https://www.google.co.id

Di organisasi kalian gak hanya berkomunikasi dengan antar teman. Namu juga berkomunikasi dengan orang-orang luar, para dosen, dan para pimpinan universitas. Hal tersebut tentu butuh ketrampilan untuk berbicara kan?

Advertisement

Nah, di sini softskill public speaking kamu akan diasah. Pun nanti ketika kalian presentasi di depan teman-teman kalian untuk tugas-tugas di kelas bukan jadi masalah besar lagi.

4. Melatih untuk semakin kuat ketika menghadapi tekanan

talk with friend

talk with friend via https://www.google.co.id

Di kehidupan saat ini, kita dituntut untuk bisa menghadapi masalah atau tekanan dari berbagai pihak. Ketika tersendat masalah saat menjalankan event, tentu akan ada banyak perbedaan pendapat antar anggota untuk menyelesaikan masalah. Hal tersebut akan jadi cambuk para anggota untuk semakin kuat menghadapi tekanan.

5. Belajar untuk berkorban

brandonwoelfel

brandonwoelfel via https://www.google.co.id

Ketika banyak teman-teman sebaya yang liburan dan hang out, kita malah harus ke kampus untuk rapat persiapan event. Tentu kalian akan sedikit tergoda akan hal tersebut. Tapi kalian harus tetap memprioritaskan rapat tersebut karena untuk kepentingan bersama.

6. Memiliki hubungan baik dengan para dosen

discussion with lecture

discussion with lecture via https://www.google.co.id

Ikut organisasi berarti kalian bisa mengenal banyak dosen dan menjalin hubungan baik dengan mereka. Karena tiap organisasi memiliki dosen pembina dan pemimbing bukan? Nah, ketika kalian sudah mengenal baik dengan para dosen, kalian akan lebih diperhatikan, dipermudah urusan kuliahnya, dan dikenal dengan citra positif.

Ketika ada event yang melibatkan jajaran pimpinan universitas, perwakilan organisasi akan melakukan audiensi dengan para pimpinan. Nah, disitulah kesempatan kalian akan mengenal baik dengan mereka. Bukan hanya sekedar tau nama dan gelarnya, namun bisa langsung bertatap muka.

Hal itu tentu tidak mungkin didapat ketika kamu hanya belajar dikelas tanpa ingin ikut berkontribusi pada universitas. Masihkan kamu ingin menyia-nyiakan kesempatan ini?

7. Belajar membagi waktu

Sudah banyak sekali ungkapan tentang begitu berharganya waktu untuk kita. Seprti waktu adalah uang atau kesuksesan adalah bagi mereka yang menghargai waktu. Nah, di organisasi kalian akan belajar menghargai waktu dan mengatur jadwal dalam kegiatan organisasi maupun jadwal kegiatan pribadi kalian.

Pengalaman diatas nggak mungkin kalian dapat kalau hanya diam di kelas dengan setumpuk buku dan berbagai tugas. Jadi gimana? Masih belum yakin abis baca fakta-fakta diatas? Yuk ikut organisasi!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya