Mau dong ke UK tanpa mahal?

Sewaktu kecil, pernahkah kamu bermimpi keliling dunia? Setiap orang tentu memiliki keinginan untuk mengunjungi negara impiannya. Pasalnya, travelling merupakan salah satu kegiatan yang digemari sejuta umat. Otak manusia diprogram untuk mendapatkan kesenangan dari melihat banyak hal baru, dan ini bisa didapat salah satunya dengan travelling.

Memiliki hobi travelling tidak salah, kok. Ada banyak hal yang bisa kamu dapatkan. Selain bisa melepas penat dari rutinitas sehari-hari, travelling mampu menambah wawasan baru, mengasah kemandirian, kemampuan berbahasa, dan menyadari keanekaragaman budaya di dunia. Selain itu, kamu juga akan lebih mengenal dirimu sendiri. Jadi, travelling nggak sekadar habisin uang aja lho!

Sebagai penduduk negara tropis, kamu pasti pernah dong bermimpi mengunjungi negara empat musim yang umumnya dijumpai di benua biru. Salah satunya United Kingdom. Tanah kelahiran Shakespeare ini punya banyak destinasi yang bisa kamu capai. Keberagaman di dalamnya membuat UK kaya akan alam, budaya, sejarah, hiburan, bahkan makanan. Hmm, jadi mau kan ke sana?

Sayangnya, seringkali impian pupus setelah melihat harga tur yang mahal dan biaya hidup yang tinggi. Helloo, jangan cepat putus asa dong! Makanya baca terus artikel ini supaya kamu tahu kiat-kiatnya. Yah, walau definisi "mahal" itu relatif, tapi semoga artikel ini dapat membantu menekan biaya perjalanan kamu. Jadi apa saja yang perlu disiapkan? Let’s check this out.

1. Tiket Pesawat

View from a Plane Window

View from a Plane Window via https://digital-photography-school.com

Ini hal nomor satu yang harus kamu genggam. Biasanya, tiket ke UK sekali jalan berkisar mulai dari lima belas juta rupiah. Bahkan bisa lebih tergantung jadwal dan maskapai penerbangan yang dipilih. Oleh karena itu, tidak ada salahnya memburu tiket promo. Ada bulan tertentu di mana para maskapai mengadakan promo untuk berbagai tujuan luar negeri. Pantau bulan-bulan tersebut ya, khususnya bulan ultah maskapai.

Selain itu, sudah menjadi rahasia umum bahwa travel fair menawarkan harga tiket yang murah meriah. Intinya, kerahkan effort lebih untuk siap sedia sebelum jam dibuka mengingat kuota yang terbatas. Cara unik lainnya yaitu aktif mengikuti kontes berhadiah jalan-jalan, mengingat banyak institusi yang memberikan hadiah berupa kesempatan travelling ke luar negeri.

2. VISA

Planning your travel

Planning your travel via https://hiveminer.com

Advertisement

Berbeda dengan VISA Schengen yang dapat digunakan di berbagai negara Eropa, untuk ke Inggris kamu harus memiliki VISA UK. Katanya kamu harus punya saldo rekening minimal 50 juta, katanya kamu harus punya banyak track record travelling baru bisa lolos. Apa benar katanya se-horor itu? Kedutaan Inggris memang ketat, tapi kamu punya kesempatan lolos selama kamu dapat meyakinkan mereka kalau kamu di sana hanya untuk berlibur dan mampu memenuhi kebutuhanmu.

Oleh karena itu, siapkan paspor, surat dari tempat kerja, surat referensi bank dan rekening koran minimal tiga bulan terakhir, fotokopi identitas diri (KK, KTP, Akte Kelahiran) yang telah diterjemahkan ke bahasa Inggris oleh penerjemah tersumpah, serta print out tiket pesawat, booking-an hotel, dan itinerary untuk mendukung bukti perjalanan kamu. Belum bekerja? Kamu bisa menggunakan bantuan sponsor.

Mengurus VISA UK dapat kamu lakukan lewat pihak ketiga, yaitu VFS Global dengan mengajukan via online di Visa4UK terlebih dahulu. Per 2018, harga untuk VISA short-term visit yaitu 128 USD. Pastikan kamu mengajukannya jauh-jauh hari ya, mengingat pemrosesannya yang memakan waktu sekitar tiga minggu. Banyak-banyaklah mencari referensi di internet, supaya uang kamu tak lenyap begitu saja.

3. Akomodasi

Advertisement

Sekilas kelihatannya mustahil mencari penginapan murah di kota yang harga propertinya selangit. Manfaatkan airbnb untuk mencari hostel, sewa apartemen, ataupun guest house. Atau, kamu juga bisa datang ke Wisma Siswa Merdeka yang terletak dekat pusat kota London. Penginapan milik kedubes RI ini berlaku untuk WNI dengan tarif sekitar 230 ribu rupiah per malamnya.

Bagusnya lagi, kamu bisa mendapatkan sarapan dan wi-fi gratis yang akan membuat biaya perjalanan kamu semakin hemat. Mau yang benar-benar gratis? Coba cek www.couchsurfing.com. Selain mendapat tumpangan gratis, kamu juga bisa mendapatkan teman baru. Seru kan?

4. Konsumsi

Cara mudah lainnya untuk pergi dengan budget pas-pasan yaitu menekan harga makanan. Mencari makanan murah di UK harus pintar-pintar. Banyaknya keberagaman etnis di UK membuat kamu dapat menemukan makanan dari berbagai penjuru dunia.

Seporsi fast food bisa kamu beli dengan harga £5, begitu juga dengan street food yang harganya berkisar sekitar £4-8. Sesekali mau mencoba restoran lokal? Siapkan sekitar £7-15. Adakah yang lebih murah lagi? Kunjungi Tesco atau Sainsburry, minimarket yang menyediakan berbagai makanan seharga £1-4. Belum lagi, ada tambahan diskon untuk makanan yang akan segera kadaluarsa dalam beberapa hari atau minggu ke depan. Tidak apa-apa jika langsung dimakan, bukan?

5. Transportasi

Red-Double Decker Bus

Red-Double Decker Bus via https://www.themanufacturer.com

Jika kamu hanya akan berkeliling di sekitar London, beli saja travelcard sesuai dengan jumlah hari kunjungan kamu. Terdapat 9 zona di London, jadi untuk berhemat kamu bisa membuat perencanaan mengenai destinasi mana saja yang akan kamu kunjungi.

Kunjungi tempat-tempat gratis seperti museum, taman, dan galeri seni. Kebanyakan tempat tersebut berada di pusat kota London sehingga kamu cukup membeli travelcard zona 1-3 seharga £8. Lebih hemat lagi kalau kamu beli untuk seminggu, menjadi £40 saja. Kartu ini bisa kamu gunakan untuk kereta, tube, dan bus. Ingin bepergian antarkota? Gunakan saja bus mulai dari harga semurah £1, ingat jangan memesannya mendadak ya!

6. Telekomunikasi

Mobile Phones in London

Mobile Phones in London via https://www.visitlondon.com

Biarpun kamu berada jauh di sana, tapi update is a must dong! Ada beberapa jenis operator di UK yang bersaing dari segi harga, beberapa diantaranya yaitu 3, Giffgaff, dan O2. Mereka menawarkan tarif internet mulai dari 1 pence per MB. Berarti, jika dalam sehari pemakaian internet kamu mencapai 1GB, kamu hanya perlu membayar £10 saja. Manfaatkan juga free wi-fi yang tersedia di penginapan dan area publik lainnya supaya makin sedikit uang yang kamu keluarkan.

7. Oleh-oleh

Berburu Cenderamata di UK

Berburu Cenderamata di UK via https://www.aswetravel.com

"Jangan lupa oleh-oleh yaa..", familiar dong sama kalimat ini? Titipan oleh-oleh memang nggak bisa dihindarkan, tapi bisa disiasati. Caranya? Beli oleh-oleh khas UK di berbagai pasar seperti Portobello Market. Di sini kamu bisa mencari suvenir seharga £1, bahkan bisa kurang. Alternatif oleh-oleh lainnya yaitu makanan-minuman khas Inggris seperti cokelat dan teh seharga £1-3 saja, dan bisa kamu beli di minimarket lokal.

Yup, itu tadi tips-tips yang bisa kamu gunakan. Kuncinya, buatlah perencanaan yang matang dan banyak-banyak mencari informasi dari berbagai sumber sehingga kamu bisa merencanakan perjalanan yang wow. Supaya lebih hemat, kamu juga bisa nih memotong biaya tiket dan VISA lewat kontes yang diadakan oleh Hipwee. Caranya? Coba cek link ini ya!

https://www.hipwee.com/travel/kenal-lebih-dekat-dengan-britain-lewat-kompetisi-nulis-hipwee-travel-berhadiah-total-puluhan-juta-ini-yuk/?utm_source=hipwee&utm_medium=sosial&utm_campaign=wego

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya