Ini Dia 5 Keajaiban Si Manis Hitam Hadiah Valentine, Selain Lezat Ternyata Banyak Khasiatnya Lho!

Yuk berkenalan dengan si coklat hitam!

Bagi kebanyakan orang, kata pertama yang akan mereka pikirkan setelah mendengar kata “Valentine” adalah coklat. Makanan yang sama manisnya dengan kasih sayang ini sangat populer di berbagai kalangan. Coklat bisa dibilang cemilan yang bersifat abadi dikarenakan ketersediaannya yang ada di seluruh dunia. Tidak hanya itu, banyak sekali varian coklat yang tersedia di pasaran sehingga para konsumen bisa memilih rasa yang paling cocok dengan lidah mereka.

Coklat biasanya diasosiasikan sebagai comfort food untuk menemani jika seseorang telah melewati hari yang sulit atau sedang dipenuhi kesedihan. Kenyataan ini didukung oleh penelitian dari University College London yang menemukan bahwa para sampel eksperimen yang memakan coklat hitam dua kali dalam 24 jam melaporkan lebih sedikit gejala depresi dibandingkan orang-orang yang tidak memakan coklat sama sekali. Lebih singkatnya, coklat dapat meningkatkan tingkat kebahagian seseorang.

Coklat hitam merupakan jenis coklat yang memiliki kandungan kakao yang tinggi dan gula lebih rendah daripada coklat yang biasanya. Maka dari itu, coklat hitam merupakan tipe coklat yang paling baik dikonsumsi, bahkan para penderita diabetes pun boleh memakannya.

Apa cuman kebahagiaan saja yang kita bisa dapatkan dengan memakan coklat hitam? Mari kita ulik khasiat-khasiat yang kamu bisa dapatkan dari memakan kado valentine yang paling tipikal ini.

Advertisement

1. Memelihara Estetika Kulit

Photo by Polina Tankilevitch from Pexels

Photo by Polina Tankilevitch from Pexels via https://www.pexels.com

Siapa sangka makanan lezat ini bisa menjadi sumber asupan vitamin dan mineral yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit kita. Tak heran rasanya jika masker wajah yang bervarian coklat sangatlah tenar dikalangan remaja. Terlebih lagi, banyak sekali ramuan-ramuan masker yang konon katanya bisa mencegah segala permasalahan kulit, mulai dari jerawat, kulit kering, hingga kekusaman.

Vitamin C yang terkandung dalam coklat membuat kulit terhidrasi dengan baik. Tak hanya itu, asam laktat yang terkandung juga dapat mempertahankan kelembaban kulit. Kedua kandungan tersebut bisa membuat kulit terasa lebih halus. 

Advertisement

Ketawanan kulitmu juga bisa meningkat dikarenakan coklat hitam memiliki berbagai nutrisi yang merangsang produksi kolagen tubuh. Alhasil, wajah akan terasa lebih elastis seperti balik pada masa remaja.

2. Memiliki Kandungan Antioksidan dan Anti Radang

Photo by Pavel Danilyuk from Pexels

Photo by Pavel Danilyuk from Pexels via https://www.pexels.com

Antioksidan merupakan molekul yang dapat memperlambat proses oksidasi molekul lainnya dalam tubuh kita. Proses oksidasi yang dilambatkan ini berarti kerusakan yang terjadi pada sel dan jaringan di tubuh kita juga diminimkan. Terlebih lagi, antioksidan juga dapat menangkal radikal bebas. 

Advertisement

Katekin, polifenol dan flavanol merupakan antioksidan yang terkandung dalam coklat hitam. Dengan memakan coklat hitam, kamu tak hanya memuaskan hasrat pencuci mulut saja, tetapi juga sekalian merawat tubuhmu. Yang lebih menariknya lagi, kandungan antioksidan yang terdapat dalam cokelat hitam itu lebih tinggi dibandingkan yang terkandung dalam beberapa buah-buahan, seperti bluberi.

Selain oksidasi, peradangan juga merupakan proses alami yang terjadi dalam tubuh kita yang bisa merusak sel-sel dan jaringan-jaringan dalam tubuh. Agen anti inflamasi yang terkandung pun merupakan zat yang hanya diproduksi pada tanaman kakao, yaitu theobromine.

Lalu, apakah kegunaan anti radang bagi tubuh kita?

Peran penting anti radang adalah untuk meredakan rasa nyeri yang terasa oleh badan kita. Jadi dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan anti-radang, badan kita bisa mempercepat proses pemulihan seperti pada otot setelah olahraga intens.

3. Melindungi dari Sinar Matahari

Photo by Alexandr Podvalny from Pexels

Photo by Alexandr Podvalny from Pexels via https://www.pexels.com

Untuk mengenal manfaat flavanol lebih dalam, permasalahan kulit yang disebabkan oleh pancaran sinar matahari merupakan salah satu contoh yang akan diselaraskan dalam bagian ini. Walau flavanol bukan merupakan UV filter yang biasanya terkandung dalam sunscreen, tetapi senyawa tersebut dapat melindungi kita dari sinar matahari dikarenakan oleh peran anti inflamasi nya. Karakteristik sebagai anti inflamasi lah yang dapat membantu proses pemulihan kemerahan akibat pelebaran pembuluh darah saat kita terpapar sinar matahari lebih cepat.

4. Membantu Meningkatkan Fungsi Otak

Photo by olia danilevich from Pexels

Photo by olia danilevich from Pexels via https://www.pexels.com

Banyak orang yang beranggapan bahwa coklat sebaiknya harus dihindari para lansia dikarenakan glikemik indeks yang tinggi. Asumsi itu jelas salah bukan hanya karena sebenarnya coklat hitam memiliki kandungan gula yang relatif rendah, tetapi makanan ini juga bisa meningkatkan fungsi kognitif otak lansia lho!

Hal ini dikarenakan kemampuan coklat untuk melancarkan peredaran darah ke otak, sehingga gangguan pembuluh darah di otak dapatkah dicegah. Ini merupakan peran yang sangat penting bagi tubuh lansia agar penyakit seperti stroke dan demensia dapat dihindari.

5. Membuat Rasa Nyaman

Photo by Anna Shvets from Pexels

Photo by Anna Shvets from Pexels via https://www.pexels.com

Konsumsi coklat membuat zat senyawa otak, bernama endorfin, untuk diproduksi oleh tubuh. Endorfin merupakan hormon yang memicu perasaan positif. Tak hanya itu, endorfin juga bisa mengurangi rasa sakit.

Tak heran jika kebanyakan anak kecil ingin dibelikan coklat setelah mengalami kejadian yang membuat mereka terluka. Wah, ternyata coklat bukanlah hanya lezat saja, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh!

Berdasarkan dari telusuran manfaat-manfaat coklat yang tertera di atas, bisa dikatakan bahwa coklat dapat membuat kita awet muda. Hal ini tidak hanya dikarenakan peran coklat untuk merawat kulit kita tetap sehat saja, tetapi juga karena faktor-faktor yang dapat dilakukan oleh proses kimia di tubuh kita. Ingat, keawetan muda tidak hanya didukung oleh kondisi fisik luar saja, tetapi kesehatan mental juga penting.

Maka dari itu, coklat yang sudah dibuktikan memiliki ‘zat kebahagiaan dan dapat mengurangi tingkat stress ini merupakan makanan ajaib yang akan membantu meningkatkan keceriaan selain dari membuatmu kenikmatan merasakan kemanisannya. Singkatnya, coklat hitam dapat menjaga tubuh kita dari luar dan dalam. Jangan ragu lagi untuk memakan coklat pemberian kado valentine!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Halo, saya adalah seorang entusias makanan :D Makanan itu sangat unik lho ternyata jika kita melihat fakta makanan dalam bidang sains.

CLOSE