Kebaikan Kecil dan Kreatif yang Bisa Kamu Lakukan Selama Ramadhan, Buat Tabungan Pahala

Kebaikan dapat dilakukan di mana saja dan oleh siapa saja. Mari berbagi kebaikan~

Berpuasa bukan merupakan alasan untuk kamu bermalas-malasan. Meski energi tubuh agak berkurang tidak seperti hari biasanya, kamu dapat mengakalinya dengan cara yang berbeda. Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling tepat untuk meningkatkan kualitas diri. Kebaikan-kebaikan selama Ramadhan akan berlipat ganda nilainya. Jangan sia-siakan tahun ini, mari berbagi kebaikan dengan cara yang kreatif. Meskipun terlihat kecil, kebaikan tetaplah kebaikan. Maka dari itu, yuk simak tips dan trik berbagi kebaikan selama seharian penuh puasa.

 yuk berbagi kebaikan!

1. Memutar balik sandal para jamaah agar mereka mudah memakainya saat keluar

Advertisement

Rasanya pasti enak ketika turun dari masjid menemukan sendal kamu tinggal pasang. Tak perlu putar balik badan untuk menyesuaikan arah sendal. Nah, kamu dapat melakukan hal yang demikian. Memudahkan perkara atau urusan orang lain, Insyaallah, Yang Maha Memudahkan akan memudahkan urusanmu kelak. Ingat, cuma diputar dan dibalikin saja, tak perlu dibawa pergi.

2. Ucapkan selamat pagi kepada orang lain

good morning

good morning via http://pexels.com

Kalau nanti ketemu orang di jalan, silahkan ucapkan selamat pagi atau paling minimal senyum. Kemudian ambil ponsel kamu dan ucapin ke teman, keluarga, kekasih (jika ada), dosen pembimbing atau lebih mudahnya dibuat status saja. Ketika diucapin selamat pagi, apalagi berasal dari orang yang berharga dalam hidup, maka akan meningkatkan kebahagiaan. Membuat orang lain bahagia merupakan kebaikan terindah dan termulia.

3. Matikan alat elektronik yang tidak terpakai di tempat umum

kipas angin

kipas angin via http://pexels.com

Beberapa dari kita mungkin ada khilaf setelah memakai fasilitas umum. Mudahnya saja kipas angin yang lupa dimatikan ketika sudah selesai urusan. Jika kamu mendapatkan situasi seperti ini, buatlah perubahan dan matikan kipas angin itu. Atau mungkin alat elektronik lainnya yang sudah tidak terpakai lagi. Hal ini juga dapat menghemat energi, bukan?.

Advertisement

4. Bersihkan tempat umum jika terlihat kotor

bersih-bersih

bersih-bersih via http://pexels.com

Bukan jadi petugas kebersihan, tapi yang namanya menjaga kebersihan memang tugas semua orang. Ketika kamu istirahat tengah hari di masjid misalnya, kamu dapat membersihkan sajadah jika ada debu atau hal lain yang berserakan. Tak hanya di masjid, kelas juga, rumah teman, warung (eh) dan tak perlu seisi ruangan, cukup yang bisa kamu lakukan saja. Selain mempermudah petugas kebersihan juga membuat pemandangan menjadi lebih indah.

5. Bagikan konten kebaikan di media sosial, jangan cuma swafoto saja

Linimasamu perlu diberi asupan. Galeri yang sudah penuh akan gambar mengenai kata mutiara dan doa-doa sudah waktunya dikeluarkan. Jika ada hal yang baik dari akun lain, jangan sungkan untuk menyebarkannya. Tenang, pahala tak akan berkurang, pahala bagi orang yang menyebarkan kebaikan sama dengan yang melakukannya. Cukup tombol share aja, bisa-bisa masuk surga.

6. Ada kelebihan rezeki? Sumbangin aja, jika tidak bisa secara langsung, bisa dilakukan online

online bisa

online bisa via http://pexels.com

Sekarang zamannya teknologi. Kamu bisa berbagi kepada orang lain yang tertimpa musibah jauh nun di sana hanya dengan berbekal berbagai aplikasi atau situs yang menyediakan fitur donasi dan penggalangan dana. Kamu sudah dapat berbuat kebaikan kepada siapa saja di dunia. Tapi jangan lupakan juga orang yang membutuhkan di sekitar kamu. Sebab, tidak akan berkurang harta orang yang bersedekah.

Advertisement

7. Membuat konnten yang inspiratif tentang apapun

kreasikan

kreasikan via http://pexels.com

Gunakan kreatifitasmu untuk membuat sesuatu yang berkesan. Hidup itu lebih indah jika berwarna. Mungkin mendesain poster yang isinya untuk penggalangan dana atau berisi kalimat bijak yang membuat orang yang membacanya semakin bersemangat menjalani hari. Imajinasi tak pernah terbatas, silahkan buat video mungkin atau tulisan yang bisa kamu kirim ke berbagai media online ataupun cetak untuk tulisan.

Berbuat kebaikan itu tak mengenal tempat dan siapa, kebaikan datang dari hati dan dapat dilakukan di mana saja dan oleh siapa saja. Mari berbagi kebaikan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang yang menatap langit yang sama denganmu

CLOSE