Makan merupakan kebutuhan manusia yang paling utama, karena kalau tidak makan, kita tidak akan mendapat energi yang cukup untuk beraktifitas. Saking sibuknya orang-orang jaman sekarang, untuk makan di rumah saja sudah tidak bisa karena tidak sempat memasak. Mau tidak mau, mereka terpaksa cari makanan di luar rumah. Apalagi sekarang begitu banyak warung atau rumah makan yang menawarkan aneka masakan, sehingga kalian tinggal memilih warung atau rumah makan yang sesuai dengan selera. Beberapa hal berikut ini mungkin kalian tidak sadar sering melakukannya ketika makan di luar rumah.

1. Mengelap Ulang Sendok dan Garpu

Sudah ada kainnya via http://www.sunlight.co.id

Biasanya, peralatan makan yang sudah dipakai pasti dicuci sampai bersih dan ditaruh kembali di tempat cutlery box yang tertutup rapat. Tapi, begitu kita mau makan, hal pertama yang diambil adalah tisu, kemudian setelah mengambil sendok dan garpunya kita langsung mengelapnya. Semacam pembersihan total sebelum menggunakannya.

2. Banyak Menggunakan Tisu

Makan pedas, hidung meler, langsung lap pake tisu. Berkeringat karena panas dan kepedasan, langsung lap pakai tisu. Mengelap bibir habis makan karena berlepotan, langsung lap pake tisu. Tisu bekas langsung berhamburan di meja makan.

3. Cuci Tangan Pakai Air Kobokan

Advertisement

Kobokan tangan via http://ide-sy.blogspot.co.id

Entah karena terinspirasi oleh iklan sabun cuci piring yang mengklaim ekstrak jeruk nipis bisa membersihkan lemak dan kotoran, beberapa warung atau rumah makan menyediakan kobokan kalau mau cuci tangan. Ingat cuma bisa sekali pakai dan jangan diminum.

4. Menggunakan Saus Seabrek

Saus sambal via https://www.vemale.com

Setiap makan yang menggunakan saus sebagai pelengkap, kita pasti meminta piring kecil untuk menampung sausnya atau paling tidak ditaruh dipinggiran piringnya. Tapi, terkadang kita suka kalap menaruh saus hingga banyak sekali. Syukur kalau habis, kalau tidak habis , rasanya mubazir pakai saus banyak-banyak.

5. Mengelap Meja Dengan Tisu

Meja dan kursi via http://www.ringsos.com

Padahal meja makan sudah dibersihkan, namun terkadang kita selalu menggunakan tisu untuk mengelap ulang mejanya. Kalau tisunya tidak kotor berarti mejanya bersih, tapi kalau tisunya kotor berarti mejanya tidak dilap dengan bersih. Semacam tes kebersihan kayaknya.

Apakah ada kebiasaan-kebiasaan lain yang secara tidak sadar sering kalian lakukan? Kalian bisa tambahkan di kolom komentar dibawah ya.