5 Kebiasaan Semasa Single yang Bakal Berubah Setelah Menikah. Renungkan Lagi Biar Nggak Gegabah!

kebiasaan single berubah setelah menikah

Sebagian orang mengatakan menikah adalah puncaknya cinta. Pernyataan itu bisa benar, bisa juga salah. Benar jika kamu mempersiapkan semuanya dengan sangat matang, namun akan bermakna sebaliknya jika kamu tidak punya persiapan sama sekali.

Oleh karena itu, sebelum menikah gunakanlah masa lajangmu dengan sangat baik, jangan sampai disia-siakan. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan saat masih lajang, namun ketika sudah menikah aktivitasmu mungkin akan terbatas karena waktumu akan terbagi dengan keluarga.

Berikut beberapa aktivitas saat single yang akan berubah saat kamu sudah menikah.

Advertisement

1. Menuntut ilmu jadi tak semudah dulu lagi

Photo de Abby Chung provenant de Pexels

Photo de Abby Chung provenant de Pexels via https://www.pexels.com

Mumpung masih single carilah ilmu sebanyak mungkin. Baik itu ilmu agama ataupun ilmu dunia. Ilmu yang bisa bermanfaat buat diri sendiri dan orang lain. Karena setelah menikah, waktumu akan terbagi dengan keluarga.

Bukan berarti setelah menikah tidak bisa menuntut ilmu, kamu akan tetap bisa menuntut ilmu, akan tetapi bisa lebih maksimal jika menuntut ilmu dilakukan sebelum menikah.

Advertisement

2. Bekerja keras tapi harus ada batasnya

Photo de mentatdgt provenant de Pexels

Photo de mentatdgt provenant de Pexels via https://www.pexels.com

Bekerjalah semaksimal mungkin, baik menjadi seorang pegawai, wiraswasta, freelancer, atau apapun itu yang penting halal. Habiskan jatah gagalmu, cari pengalaman sebanyak mungkin tanpa perlu cemas membagi waktu.

Setelah menikah semua berubah, kamu harus pintar mengatur waktu antara bekerja dan keluarga. Dan kurang baik jika waktu untuk keluarga terganggu karena pekerjaan.

3. Bermain dengan teman tak sebebas dulu lagi

Advertisement
Photo by JESHOOTS.com

Photo by JESHOOTS.com via https://www.pexels.com

Saat masih lajang, single, jomblo atau apapun kamu menyebutnya, saat waktu luang biasanya dihabiskan dengan bermain bersama teman. Baik itu bermain game, nongkrong, jalan-jalan, dan lain-lain. Semuanya terasa sangat menyenangkan.

Akan tetapi setelah menikah, semua akan ada batasnya. Saat waktu luang, akan lebih bijak jika kamu habiskan waktu bersama keluarga. Dan ini biasanya tidak mudah, merubah kebiasaan menghabiskan waktu bersama teman, dialihkan kepada keluarga.

4. Jatah waktu untuk hobi pun akan berkurang

Gambar oleh Engin Akyurt

Gambar oleh Engin Akyurt via https://pixabay.com

Hobi olahraga, travelling, naik gunung, dan lain sebagainya, semuanya akan terbagi waktunya. Kamu tidak bisa menghabiskan waktu disitu semuanya. Ada seseorang yang harus dipenuhi hak waktunya. Jadi, sudah siap membagi waktu hobi dan keluarga?

5. Saat ingin sesuatu, harus dipikir berulang kali

Photo by Erik Mclean

Photo by Erik Mclean via https://unsplash.com

Saat masih single, semua keinginan yang sanggup untuk dipenuhi, akan dilakukan tanpa pikir panjang. Lihat tulisan “SALE” langsung kalap. Namun jika sudah menikah, kamu harus bisa menahan rasa itu.

Ada hati yang harus dijaga perasaannya. Dan akan lebih indah jika apa yang kamu inginkan itu, bisa dirasakan juga oleh anggota keluarga.

Gimana, sudah siap melepas masa lajang?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penyuka bulutangkis yang sedang belajar menulis

Editor

une femme libre

CLOSE