#RemajaBicaraKespro-Berbagai Kebingungan yang Dialami saat Menstruasi

Apa aja sih yang bakal dialami selama menstruasi?

Pada fase remaja bagi perempuan pastinya akan mengalami menstruasi. Bagi remaja perempuan yang pertama kali menstruasi tentunya shock dengan berbagai kejadian yang dialami. Ada yang panik, galau, kesel, bahkan bingung sendiri, loh!

Nah, buat temen-temen remaja perempuan yang ingin mengetahui apa aja yang akan dialami saat menstruasi pertama, aku akan jelasin semua ke temen-temen ya!

Advertisement

1. Menstruasi bikin ribet?

Menstruasi bikin ribet?

Menstruasi bikin ribet? via http://canva.com

Sewaktu menstruasi yang ada di pikiranku pertama kalinya adalah, “Wah pasti ribet banget nih harus bawa-bawa pembalut ke sekolah!”

Memang di hari pertama aku merasa sangat ribet karena harus membawa pembalut tambahan ke sekolah. Belum lagi kalau semisal bocor dan darah menstruasi kena rok, pastinya aku harus berganti pembalut di toilet sekolah. Tetapi setelah di hari ketiga dan seterusnya, aku tidak lagi merasa kalau harus membawa barang-barang tambahan untuk keperluan menstruasi adalah hal yang bikin ribet.

Advertisement

Asalkan kita tahu apa yang kita siapkan saat menstruasi, hal-hal yang sebelumnya bagi kita ribet akan terasa mudah bagi para ciwi-ciwi. Bye-bye ribet! Kita udah pede menjalani menstruasi dengan enjoy.

2. Kenapa siklusnya berubah-ubah ya?

Kenapa siklusnya berubah-ubah ya?

Kenapa siklusnya berubah-ubah ya? via http://canva.com

Ada kejadian yang bikin aku panik sewaktu menstruasi. Biasanya setiap bulan aku selalu menstruasi, tapi kok udah mau akhir bulan belum menstruasi juga ya? Pastinya kita udah berasumsi kalau nggak menstruasi artinya hamil kan? 

Setelah aku bertanya ke mamaku, ternyata saat remaja siklus menstruasi bisa aja berubah-ubah girls! Memang ada yang menstruasi setiap bulan atau mungkin cuma dua bulan sekali. Adapula yang sewaktu menstruasi hanya berlangsung tiga hari atau lancar sampai seminggu. Itu semua wajar ya, girls! Tetapi kalau kamu sudah berbulan-bulan tidak menstruasi, bisa menanyakan kepada dokter ya!

Oh iya, emosi kita juga ngaruh loh sama siklus menstruasi kita. Misalkan kamu sedang banyak tekanan dan stres, itu juga berdampak sama siklus menstruasi kita. Jadi nggak menstruasi bukan artinya kita hamil ya!

3. Malu-maluin nih kalau ketahuan!

Malu-maluin nih kalau ketahuan!

Malu-maluin nih kalau ketahuan! via http://canva.com

Mungkin temen-temen pada tahu nih istilah 'bocor' atau 'tembus' sewaktu menstruasi. Pasti kalau pertama kali menstruasi, bikin diri kita malu-maluin aja ya.

Sebenarnya, bocor sewaktu menstruasi itu wajar kok! Ada kalanya saat kita menstruasi sedang banyak-banyaknya sehingga pembalut yang kita pakai tidak bisa menampung lebih banyak lagi dan menembus ke celana atau rok yang kita pakai.

Tapi gimana sih caranya biar nggak tembus saat menstruasi? Temen-teman bisa memakai dua pembalut yang ditumpuk untuk berjaga-jaga. Semisal kalian sedang bepergian atau dalam perjalanan yang tidak memungkinkan untuk berganti pembalut, bisa memakai dua pembalut tadi sedari awal ya.

4. Duh, bawaannya pengen ngajak berantem aja deh!

Duh, bawaannya pengen ngajak berantem aja deh!

Duh, bawaannya pengen ngajak berantem aja deh! via http://canva.com

Kalian ada yang punya temen sewaktu menstruasi rasanya beda aja gitu dari biasanya? Ada yang marah-marah, ada yang suka galau tiba-tiba, atau ada yang sinis seharian?

Emosi sewaktu menstruasi itu juga salah satu hal yang wajar kok! Biasanya emosi kita terjadi karena menahan sakit selama menstruasi atau karena reaksi perasaan kita lebih bergejolak saat menstruasi.

Tapi kalau aku nggak emosian saat menstruasi, wajar nggak ya? Tentunya wajar dong! Ada berbagai macam reaksi dan efek saat menstruasi. Buat kalian yang nggak emosian sewaktu menstruasi, tentunya ada reaksi lain yang terjadi saat menstruasi.

5. Apa cuma aku ya yang mengalami ini?

Apa cuma aku ya yang mengalami ini?

Apa cuma aku ya yang mengalami ini? via http://canva.com

Kalau pas masa menstruasi gini beda sendiri siklusnya, kadang bikin mikir kayak, “Kok cuma aku ya yang begini? Yang lain kayaknya nggak deh!”

Tapi tenang aja, girls! Nggak kamu doang kok yang mengalami hal-hal seperti itu. Seperti yang udah dijelasin sebelumnya, memang reaksi setiap orang saat menstruasi berbeda-beda. Ada yang pas menstruasi maunya ngemil terus, ada yang suka marah-marah dan emosinya kecampur aduk, ada yang diem aja. Pastinya reaksi tersebut berbeda bukan?

Jadi mulai sekarang, jangan khawatir lagi ya! Jangan merasa galau karena hanya kamu yang mengalami reaksi berbeda saat menstruasi. Mungkin teman-teman terdekatmu merasakan reaksi yang berbeda daripada kamu, tapi ada banyak orang-orang di luar sana yang mengalami reaksi yang sama dengan kamu kok!

6. Setelah tahu semua, aku harus gimana ya sekarang?

Setelah tahu semua, aku harus gimana ya sekarang?

Setelah tahu semua, aku harus gimana ya sekarang? via http://canva.com

Setelah kita tahu berbagai kejadian yang akan dialami selama menstruasi, kita harus gimana nih?

Tentunya kita nggak boleh panik dan kebingungan lagi ya, girls! Kita harus tetap menjalani menstruasi dengan enjoy dan bangga! Kenapa bangga? Karena menstruasi merupakan salah satu bentuk perubahan kita ke fase remaja loh!

Bagi kalian yang merasa kebingungan atau galau karena banyak yang kamu nggak ngerti saat menstruasi pertama kali, jangan sungkan untuk bertanya kepada orang tua atau teman-teman kalian ya! Mereka pastinya akan selalu membantu kamu dan memberi banyak saran buat kamu.

Segini dulu yang aku ceritain soal pengalaman menstruasiku pertama kali ya! Semoga menginspirasi kalian dan tentunya bikin kalian enjoy saat ngejalanin menstruasi. See you, girls!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE