Kopi, menjadi salah satu sumber asupan kafein paling favorit di muka bumi ini. Meskipun pahit, rasa itulah yang justru memikat dan membuat ketagihan para pecinta kopi. Jika dulu kita terbiasa meminum kopi dalam keadaan masih hangat, semakin ke sini, semakin banyak sajian es kopi yang menggugah selera. Begitu pula di luar negeri, masing-masing negara punya es kopi khasnya sendiri, yang patut untuk dicoba. Sebelum pergi jalan-jalan ke luar negeri, marilah kita cari tahu sajian es kopi dari berbagai penjuru dunia terlebih dahulu.

1. JEPANG – AISU KOHI

Aisu Kohi via https://handground.com

Meskipun di Jepang sudah banyak vending machine yang menjual kopi, kopi yang diseduh secara manual masih tetap laris di Jepang. Salah satunya si Aisu Kohi ini. Aisu Kohi diseduh di atas es batu dan memiliki tekstur pekat daripada kopi yang dijual di vending machine. Orang Jepang memang butuh asupan kafein dan sesuatu yang segar, setelah seharian menghadapi stressnya pekerjaan.

2. BRAZIL – MOCHA COLA

Sekilas mirip dengan ice blended, tapi sesuai dengan namanya, Mocha Cola merupakan perpaduan dari es kopi, cokelat dan cola dalam rasio yang cukup besar. Rasa kopinya mungkin memang tidak akan sekuat kopi hitam, tapi kafeinnya jadi berlipat karena terdapat cokelat yang juga mengandung kafein di dalamnya.

3. JERMAN – EIRKAFFEE

Advertisement

Kalausedang berada di Jerman, bisa mencoba Eiskaffee. Es Kopi satu ini disajikan menggunakan gelas tinggi, ice cream, whipped cream, dan wafer. Semoga enggak kembung ya habis minum Eiskaffee ini, soalnya porsinya jumbo!

4. THAILAND – OLIANG

Pernah membayangkan, es kopi dicampur dengan kacang-kacangan? Nah Es Kopi asal Thailand ini, diseduh berasama dengan kedelai, wijen dan jagung. Hampir sama seperti es kopi di negara lain, mereka juga mencampurkan susu agar rasa kopinya jadi lebih mild. Jadi tertarik untuk mencoba?

5. VIETNAM – CHA PE SUA DA

Liburan ke Vietnam, biasanya tidak bisa luput dari wisata kulinernya apalagi mencicipi Pho dan Kopi Vietnam. Tidak selamanya kopi vietnam itu disajikan dalam keadaan hangat. Ada juga kopi Vietnam yang disajikan dalam bentuk es kopi lengkap dengan susu kental manisnya. Yang jelas, jangan minum es kopi Vietnam pakai sianida, yang ada nanti kamu malah keracunan.