Kehadiran teknologi dalam kehidupan manusia modern sangat berperan aktif dalam memudahkan pekerjaan mereka. tak terkecuali dengan Google maps yang membantu para pengendara dalam menenuntun mereka ke destinasi yang dituju. Selain fungsi navigasi, Google Maps juga tempat pertama yang dilihat bagi para pengguna untuk mencari tempat yang mereka cari.

Namun, di balik itu terdapat sosok volunteer yang meningkatkan kinerja maps menjadi lebih baik. Mereka biasa disebut dengan Local Guides. Definisi Google Local Guides sendiri adalah program yang memungkinkan para penggunanya berkontribusi di Google Maps dan memberikan manfaat pada pengguna lain. Selain itu kehadiran mereka juga memberikan akurasi tempat yang lebih baik.

Sayangnya, tak semua orang mengenal sosok pahlawan yang satu ini. Untuk itu, yuk berkenalan dengan mereka.

1. Dari warung makan hingga tempat tersembunyi, semuanya ditampilkan secara detail oleh Local Guides ini

Kamu pasti pernah merasakan kesulitan mencari tempat laundry maupun fotokopi terdekat saat melancong ke kota lain bukan? Jika iya, solusi pertama selain bertanya pastinya memanfaatkan kehadiran Google maps. Berkat ulasan para Local Guides, kehadiran tempat menarik yang tersembunyi di balik kota akan nampak ke permukaan. Baik bukan?

2. Review yang mereka tulis biasanya berdasarkan pengalaman

Advertisement

Salah satu manfaat lain yang tak kasat mata dari Local Guides adalah ulasan mereka. Sebelum pesan kamar atau makan di restoran, millenial biasanya membaca terlebih dahulu review dari pengguna lainnya untuk semakin memantapkan pilihannya. Sialnya, kontribusi Local Guides yang satu ini benar-benar mempengaruhi mereka untuk mengunjungi tempat tertentu, sekaligus memantapkan niat untuk menginap jikalau review mereka baik. Jika tidak? Sayonara..

3. Untuk pelaku bisnis, Local Guides ini akan membantu sekali~

Seenak apapun makanan di restauran dan senyaman apapun kamar hotel yang kita pesan. Semua akan sirna kalau pelayanan yang kurang prima. Bak makan tanpa minum, maka yang tersisa tinggal rasa seret. Sayangnya, hal ini tak jarang kita temui kala mengunjungi hotel atau restaurant tertentu.

Untuk itu, bagi pelaku bisnis, berhati-hatilah dengan orang asing yang berkunjung. Jangan mentang-mentang mereka orang luar, pelayanannya pun tak enak dipandang. Perlu kamu ketahui, nggak jarang lho, para traveler itu adalah seorang Local Guides yang aktif. Jadi, pengalaman mereka terhadap pelayanan pegawai restauran akan memberikan keuntungan maupun kerugian pada review yang mereka tulis.

4. Punya pengalaman kesulitan mencari tempat menarik saat traveling? Tak ada salahnya kamu ikut berkontribusi menjadi bagian Local Guide

Advertisement

Selain memberikan manfaat bagi orang lain, dengan menjadi Local Guides, kamu bisa curhat mengenal tempat yang kamu kunjungi. Jangan salah, setiap kontribusimu berupa ulasan, penambahan tempat atau sekedar mengedit lokasi tertentu untuk jadi lebih baik, Google memberikan rewards berupa poin yang selanjutnya terkumpul menjadi tingkatan level. Nah, semakin tinggi levelmu maka rewards dari Google juga semakin baik.

Biasanya, di tiap tingkatan level Local Guides, Google akan memberikan rewards berupa kupon maupun voucher kamar hotel. Jadi, nggak ada salahnya kamu mencoba memberikan manfaat kebaikan kepada orang lain dari hal sederhana.

5. Dengan sederet pengenalan tadi, rasanya tak berlebihan jika para Local Guides memang memberikan manfaat nyata pada kita, khususnya para traveler

Ulasan bermanfaat, memberikan rekomendasi dan menambah tempat baru yang tersembunyi di pusat kota, tak ada salahnya kita patut berterima kasih pada mereka. Terkhusus bagi para pelancong, kontribusi para Local Guides akan terasa begitu nyata saat kita mencoba mencari tempat terbaik di kota yang kita kunjungi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya