Let's Check #AyoKeUK

Inggris adalah sebuah negara maju di kawasan benua Eropa, Ibu kota negara Inggris bernama London. Inggris adalah negara bagian terbesar dan terpadat penduduknya dari negara-negara bagian yang membentuk Persatuan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara (United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland).

Negara-negara lainnya adalah Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara. Seringkali nama Inggris dipakai untuk menyebut keseluruhan negara ini. Saat ini Ratu Elizabeth II masih memegang kendali penuh atas negara Inggris.

1. Profil Negara Inggris

United Kingdom

United Kingdom via https://www.pexels.com

Nama Resmi : United Kingdom (England)

Luas wilayah : 244.046 km2

Advertisement

Ibu kota : London

Bentuk pemerintahan : Kerajaan (Monarki)

Kepala Negara : Ratu Elizabeth II

Advertisement

Kepala pemerintahan : Perdana Menteri

Jumlah Penduduk : 53.013.000 juta jiwa.

Bahasa Resmi : Inggris

Agama mayoritas : Protestan, Katolik

Mata uang : Pound Sterling

Pendapatan Perkapita : £ 22.907

Lagu kebangsaan : God Save the Queen

2. Pemerintahan Inggris

Westminster Palace

Westminster Palace via https://www.pexels.com

Inggris merupakan salah negara yang berbentuk kerajaan konstitusional, maka dari itu negara ini disebut juga United Kingdom atau Britania Raya. Kepala Negara Inggris ialah Ratu Elizabeth II sementara kepala pemerintahannya ialah Perdana Menteri yang saat ini dijabat oleh David Cameron. Inggris juga terbagi atas empat negara bagian, yaitu Inggris (England), Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara yang terletak di Pulau Irlandia.

3. Penduduk Inggris

Masyarakat

Masyarakat via https://www.pexels.com

Mengenai penduduk Inggris tergolong salah satu negara dengan penduduk terpadat di kawasan Eropa terutama di dataran Britania Raya. Sensus tahun 2011 menunjukan jumlah penduduk Inggris mencapai 53.013.000 juta jiwa. Imigrasi menyebabkan Inggris dihuni oleh berbagai bangsa.

Sekitar 90%penduduk inggris bertempat tinggal di daerah perkotaan. Penduduk daerah Pegunungan Skotlandia. Wales, dan Irlandia Utara sangat jarang. Penduduk asli Inggris disebut orang Inggris dan terdiri atas dua kelompok, yaitu


  • bangsa Kelt yang terdiri atas orang Skot, Irlandia, dan Wales;

  • bangsa Jerman yang terdiri atas orang Anglo, Saxon, Jute, Denmark, dan Norman.

Saat ini pemerintah menetapkan undang-undang yang membatasi jumlah imigran, karena banyaknya arus penduduk yang datang ke Inggris menimbulkan masalah, seperti masalah pengangguran, pendidikan, kekurangan perumahan, hingga masalah rasial. Agama yang dianut penduduk mayoritas di Inggris ialah Protestan dan Roma Katolik. Sementara bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi sehari-hari ialah bahasa Inggris.

4. Perekonomian Inggris

Ekonomi UK

Ekonomi UK via https://www.pexels.com

Inggris merupakan salah satu negara industri terbesar di Eropa bahkan dunia. Hasil industri utama negeri ini ialah tekstil, baja, kereta api, alat elektronik, alat pertanian, kimia dan mainan anak-anak. Industri berat terpusat di daerah penambangan bijih besi dan batubara yang disebut “the black country” dengan pusatnya Birmingham dan Sheffield.

Selain di sektor Industri, perekonmian Inggris juga di topang dari sektor peternakannya yang cukup maju. Ternak yang banyak dipelihara ialah sapi, babi, domba, unggas. Hasil peternakan berupa daging, susu, telur dan wol. Selain itu Inggris juga terkenal dengan sektor perikanannya yang maju dengan pelabuhan Grimbsy, Hull, dan Great sebagai pusatnya. Saat ini pendapatan perkapita negara Inggris mencapai £ 22.907/tahun.

5. Budaya

Di Negara Inggris banyak terdapat kebudayaan yang menunjukan bahwam ereka adalah negara barat yang merdeka.Contohnya seperti arsitektur kuno berupa Katedral Santo Paulus yang di bangun pada masa prasejarah.Bangunan dan arsitektur pada awal abad pertengahan biasanya berupa konstruksi sederhana yang menggunakan kayu dengan atap dari ilalang .

Inggris mempunyai berbagai macam cerita rakyat yang sampai saat ini masih di kenal oleh orang orang, seperti kisah Robin Hood.Cerita rakyat Inggris telah berkembang selama berabad-abad. Beberapa karakter dan cerita mewakili seluruh Inggris, tetapi ada juga sebagian yang mewakili daerah tertentu.

Musik rakyat tradisional Inggris sudah berusia berabad-abad dan telah memberikan kontribusi terhadap beberapa genre musik seperti sea shanties, jig, hornpipe dan musik dansa. Genre-genre ini memiliki variasi tersendiri yang berbeda sesuai dengan kekhasan daerah Inggris

Komposer musik klasik Inggris yang paling awal antara lain termasukseniman Renaisans Thomas Tallis dan William Byrd, diikuti oleh Henry Purcell dari periode Barok Masyarakat Inggris yang multicultural memiliki kebiasaan mengantri untuk melakukan dan mendapatkan sesuatu. Masyarakat menganggap orang yang tidak mau mengantri adalah orang yang egois dan tidak memperdulikan orang yang ada di sekitarnya.

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya