Seseorang bisa dipertemukan dengan orang yang special bisa dari berbagai cara, entah itu dari pertemuan di masa SMA seperti Dilan, atau dikenalkan orang tuanya seperti Siti Nurbaya. Namun it happens long time ago, di era digital ini, banyak yang dipertemukan seorang special melalui sosial media. Sosial media ini banyak jenisnya, bisa jadi Instagram, Facebook, Twitter bahkan Tinder. Kamu bisa jadi dipertemukan dengan temanya temanmu, atau bahkan dia yang sama sekali tidak kamu kenal dan tidak memiliki hubungan apapun dengan teman temanmu.

Bisa dibilang kalian ini totally stranger. Hal ini lah yang sebenarnya mengkhawatirkan, karena bertemu dengan orang yang benar-benar baru. Kamu tidak mengetahui dia orangnya seperti apa, masa lalunya bagaimana, lingkunganya seperti apa. Namun tidak menutup kemungkinan kamu menemukan orang yang tepat untukmu melalui sosial Media ini. Berikut tips yang bisa kamu gunakan dalam berteman dengan stranger yang bertemu via sosmed.

1. Mulai dengan menganalisis setiap sosial media yang dia punya

kepo itu perlu, somehow

kepo itu perlu, somehow via https://www.kincir.com

Karena dia adalah orang yang sama sekali kamu tidak kenal, dan bahkan kalian tidak memiliki satupun koneksi yang sama, akan terasa sulit untuk mendalami sifat, masa lalu dan lingkungan dia. Bagaimanapun juga, akan lebih mudah kita untuk mengenal orang tersebut jika memiliki minimal satu mutual friend yang sama. Namun tenang saja, cukup kamu kepoin aja Instagram, Facebook, dan Twitter, karena hal tersebut bisa kalian jadikan referensi untuk mengetahui hobi, kesukaan, dan apa saja yang sering dia lakukan dengan teman-temanya.

Advertisement

Jika dia mengatakan bahwa dia tidak memiliki akun Instagram, Facebook, maupun Twitter, hal ini wajib dicurigai ya. Bisa jadi dia ingin menyembunyikan sesuatu dibalik akun-akun sosial medianya.

2. Saling memperkenalkan dunia masing-masing

pendekatan itu penting

pendekatan itu penting via http://www.dailymail.co.uk

Kalian bukan teman kerja, kalian bukan juga teman kuliah atau sekolah, kalian sama sekali tidak mempunyai mutual friend. Kalian benar-benar dua dunia asing yang dipertemukan melalui aplikasi sosial media. Mulailah dengan saling mendalami kesukaan masing-masing, dan sesekali terjun langsung mencicipi hobi masing-masing. Jika ternyata hobi kalian sama, bukankah semakin seru untuk di obrolkan?

Jika dirasa kalian sudah menemukan titik klik dari masing masing karakter, perkenalkanlah ke rekan-rekan dekat kalian. Agar bisa saling mengerti lingkungan seperti apa yang kalian jalani. Jika dirasa semua sudah dilakoni, dan merasa cocok, berarti kalian berjodoh. Jika memang ada beberapa titik yang sulit untuk dibangun bersama, berteman bukanlah hal yang buruk. Barangkali bukan jodoh untuk saat ini, siapa tahu suatu saat nanti diperjodohkan.

3. Berhati-hatilah dengan mengartikan perasaanmu

Advertisement

Jika kalian sudah memutuskan untuk saling bertemu, karena menganggap sangat cocok saat mengobrol via chat, kalian sudah menuju one step closer ke jenjang yang lebih lanjut. Namun kalian harus bisa bersabar, karena pendalaman karakter itu membutuhkan waktu. Jangan hanya karena bertemu sekali dan merasa sangat cocok dan nyaman kalian langsung memutuskan untuk berpacaran ya.

Kalian harus mendalami karakter masing-masing terlebih dahulu, bisa jadi ada hal-hal yang kalian tidak suka dari masing-masing karakter. Banyak sekali orang-orang yang memutuskan berpacaran dengan orang yang dikenalnya melalui sosial media, padahal baru kenal 1 minggu. Ketika mengetahui beberapa karakter yang belum diketahui saat pendekatan akhirnya mereka pun berpisah dan kembali menjadi stranger but with short memory. Sedih ga? Sedih dong :(

4. Bisa jadi dia orang yang tepat, bisa juga sebaliknya

slow but sure

slow but sure via http://firstmet.com

Setelah bertemu berkali-kali dan berkenalan cukup lama. Kalian bisa memutuskan apakah orang ini tepat untuk dijadikan tambatan hati atau cukup teman saja. Asal kalian tidak terburu-buru dalam memutuskan suatu pencapaian dalam hubungan kalian. Sebenarnya berkenalan dengan orang baru melalui sosial media adalah hal yang seru dan menarik. Kalian jadi bisa menambah relasi, dan mengetahui hal-hal baru dari orang yang baru.

Namun, bisa menjadi hal yang buruk ketika kalian terlalu gegabah memutuskan untuk menjalin komitmen, dan berakhir patah hati ketika ada beberapa karakter yang masih belum saling diterima karena kurangnya waktu pendekatan. Sering nggak terjadi kayak gini? Sering banget. Jadi jangan langsung gegabah memutuskan kelanjutan hubungan kalian. Nikmatin prosesnya, biarkan waktu menjawab apakah kalian ini cocok untuk berteman saja atau kejenjang yang lebih serius seperti berpacaran bahkan ke pernikahan.

5. Niatnya emang cari banyak teman, soal jodoh itu bonus

berakhir jadi teman, mantan, atau pelaminan

berakhir jadi teman, mantan, atau pelaminan via https://www.merdeka.com

Nah, kalau emang sudah mencoba pendekatan dalam berbagai macam cara namun masih belum cocok jadi pacar, yaudah temenan aja. Nambah teman nggak ada salahnya kan? Kembali lagi ke diri kita masing-masing, jangan berpikiran bahwa berkenalan melalui sosial media menjadi ajang untuk menambah koleksi pacar. Anggaplah kita sedang mencari teman dan jika memang kalian cocok jadi pasangan, berarti memang cara Tuhan mempertemukan kalian melalui sosial media. Niat baik akan menuai hasil yang baik juga.

The point is, tidak masalah kalian berkenalan dari sosial media selama kalian bisa menyikapinya dengan baik. Jangan gegabah dan nikmatin prosesnya, suatu hubungan yang baik terjalin dari pendekatan yang baik pula. Karena bertemu dengan orang baru, kalian harus siap dengan masa lalunya, masa kininya, dan masa depannya. Tetap semangat! :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya