Kenali 6+ Tanda-Tanda Kalau Si Kucing Mulai Percaya sama Kamu!

Cat Lovers Wajib Tahu Tanda - Tanda Ini!

Kucing merupakan salah satu hewan yang kerap kali dijadikan hewan peliharaan. Namun, tak jarang ketika kucing mendapatkan tuan yang baru kucing tersebut merasa ketakutan dan malah bersembunyi dalam rumah. Alih-alih mendapatkan hewan peliharaan yang lucu yang bisa diajak bermain, si kucing malah berusaha untuk kabur. Pengalaman ini sering terjadi ketika seseorang mengadopsi atau membeli kucing baru. Hal ini disebabkan oleh kurangnya rasa kepercayaan si kucing terhadap majikan barunya.

Kucing yang secara alamiah merupakan hewan pemburu mempunyai sikap waspada terhadap hal-hal asing terlebih terhadap hal-hal yang dapat mengancam keberadaanya. Oleh sebab itu, kucing yang merasa ketakutan terhadap majikan atau tempat barunya tidak bisa dipaksa untuk didekati. seperti manusia, kita tidak bisa mendapatkan rasa kepercayaan dari seseorang dengan instan bukan? Begitu juga dengan kucing, ikatan yang kuat antara majikan dan peliharaannya pun harus dibangun secara bertahap. Inilah ciri ciri apabila si kucing sudah mulai percaya sama kamu.

Advertisement

1. Ekornya mulai naik!

Wah gemesin~

Wah gemesin~ via http://pexels.com

Hewan memang tidak bisa berbahasa manusia tapi tahukah kamu hewan bisa memberikan isyarat-isyarat melalui gestur tubuhnya. Seperti halnya anjing gerakan ekor kucing bisa menjadi penanda mood dari si kucing. Oleh sebab itu majikan harus peka apa yang sedang dirasakan si kucing melalui gerakan ekornya. Ekor kucing akan terlihat mengembang dan tubuhnya sedikit melengkung apabila sedang merasa takut atau terancam. Apabila kucing merasa nyaman atau bahagia ekor mereka akan cenderung menaikkan ekor mereka.

2. Menunjukkan perutnya sembari rebahan di dekatmu

Wah perutnya gembuls!

Wah perutnya gembuls! via http://pexels.com

Perut adalah bagian tubuh yang vital, dan sudah menjadi insting kucing untuk selalu melindung perutnya, ketika sedang waspada bagian ini akan selalu dijaga bahkan disembunyikan ketika tidur. Namun, ketika kucing sudah mulai menunjukkan perut mereka,  ini tandanya si kucing merasa mulai aman dan menganggap lingkungan serta majikannya bukanlah ancaman. Jadi selamat, jika kucing kalian melaukan ini berarti mereka mulai percaya pada majikannya.

3. Tangan mungilnya mulai memijatmu perlahan~

Tangan mungil yang senang mijit!

Tangan mungil yang senang mijit! via http://pexels.com

Sulit dipercaya memang, mungkin bagi yang belum pernah mengalami sendiri. Tapi kucing juga mengekspresikan rasa terimakasihnya kepada majikannya dengan cara yg unik yaitu, dengan cara memijit. Memang pijatan kucing tak seperti pijatan yang dilakukan oleh manusia, tapi kalian bisa merasakan bahwa kucing kalian memijat badan kalian dengan kekuatan tak begitu keras dan juga tidak begitu lembut.

Ketika kucing kalian melakukannya nikmati saja momen ini, ini adalah momen yang sangat berharga. Karena ini adalah tanda kucing menyatakan rasa cintanya pada orang yang mereka suka.

4. Mengeong-ngeong saat ada kamu

Advertisement
Dia cerewet? Hm..

Dia cerewet? Hm.. via http://pexels.com

Jika kalian memperhatikan, biasanya kucing jarang mengeong bahkan dengan sesama kucing lainnya. Mereka mengeong juga karena ada alasannya yaitu sebagai bentuk komunikasi. Ketika sedang berkelahi, kucing mengeong dengan sangat keras ditambah dengan posisi tubuh siap menyerang.

Sebaliknya ketika berinteraksi dengan manusia yang mereka suka, kucing akan mengeong tapi tidak sekeras ketika mereka sedang berkelahi dengan kucing lain, kucing akan mengeong dengan nada yang lebih rendah ketimbang mereka marah. Bahkan, ketika kucing sedng ingin ditemani dengan majikannya kucing akan mengeong untuk mencari sang majikan.

5. Gigitan kecil yang diberikannya ke kamu

Wah dia ngajak bercanda nih!

Wah dia ngajak bercanda nih! via http://pexels.com

Kucing adalah hewan yang suka bermain, salah satunya adalah dengan gigitan kecil terhadap majikan, secara refleks bagi yang belum terbiasa pasti akan kaget ketika si kucing menggigitnya. Namun sebelum itu kalian harus mengetahui tentang gigitan kucing. Apabila kucing menggigit dengan gigitan kecil yang lembut atau tak terlalu keras, kalian tidak perlu langsung marah karena gigitan itu tidak akan melukai kalian dan hanya akan membuat kalian geli.  

Gigitan kecil itu hanya salah satu tanda kucing mencintai kalian, dan jika kalian percaya pada kucing kalian maka tentunya kalian akan membiarkannya. Namun, tentu gigitan ini akan dilakukan si kucing ketika sudah benar-benar dekat dengan sang majikan. Jika kucing kalian baru diadopsi maka jangan sampai kalian salah mengira gigitannya akan sama.

6. Mengikuti kemanapun kamu pergi

Dia nungguin kamu, ngekor mulu sana sini!

Dia nungguin kamu, ngekor mulu sana sini! via http://pexels.com

Ketika kucing peliharaan kalian mulai mengikuti kemanapun kalian pergi ini bisa berarti kucing kalian sedang lapar dan berusaha meminta makan atau bisa jadi ini tandanya kucing peliharaan kalian itu cinta pada kalian. Bahkan kucing akan dengan setia menunggu dan akan menyambut kalian ketika sedang capek pulang kerja. Kucing biasanya ingin selalu berada dekat orang yang ia suka. Jika kucing kalian melakukan ini kalian tidak perlu lagi merasa kesal, ini harusnya membuat kalian senang.

7. Purr! Mendengkur di dekatmu

Dia mendengkur di dekatmu!

Dia mendengkur di dekatmu! via http://pexels.com

Pernahkah kalian memangku si kucing lalu mendengar suara seperti dengkuran? Kalian tidak harus panik karena kucing kalian tidak  sedang sakit, melainkan itu adalah hal yang normal. Bahkan, ketika kucing mengeluarkan suara seperti dengkuran, ini tandanya kucing kalian sedang merasa nyaman dan bahagia.

8. Membawakan Hadiah

Dia kasih hadiah apa ya~

Dia kasih hadiah apa ya~ via http://pexels.com

Salah satu hal yang dilakukan kucing untuk megekspresikan rasa sayangnya kepada manusia adalah dengan memberikannya hadiah. Tentu saja hadiah yang diberikan pastinya sesuatu yang mereka sukai. Meski kadang membuat kaget, takut atau bahkan jijik karena yang  akan si kucing berikan kebanyakan hewan-hewan buruannya. seperti kecoa, belalang, tikus bahkan ular. Tapi tak perlu kesal, mereka memberikan hadiah tersebut karena mereka sayang pada padamu.  Jadi jika sesuatu itu mengganggumu, kamu hanya perlu membuangnya dan tidak perlu memarahi si kucing.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE