5 Tanda Masalah Gigi Pada Hewan Peliharaan Kucing dan Anjing. Gejala Kecil Justru Harus Diwaspadai

ciri-ciri masalah gigi pada hewan peliharaan

Tidak hanya manusia, kesehatan mulut yang baik sama pentingnya bagi anjing dan kucing. Hewan peliharaan mengandalkan giginya untuk makan dan mempertahankan diri. Tidak jarang beberapa pemilik hewan cenderung menyepelekan hal-hal kecil seperti menjaga kesehatan gigi hewan miliknya. Terjadinya masalah dengan gigi dan gusi tidak hanya menyebabkan rasa sakit tetapi juga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman saat mengunyah makanan.

Tidak hanya itu, risiko lainnya adalah timbul masalah kesehatan yang dapat mengancam jiwa. Dengan memberikan perawatan gigi dengan baik dan benar, tentunya dapat membantu hewan peliharaan tetap sehat. Beberapa kondisi umum tentunya masih dapat dicegah. Hanya perlu mempelajari cara mengenali tanda-tanda peringatan umum ini. Berikut adalah 5 tanda bahwa hewan peliharaanmu mengalami masalah gigi.

Advertisement

1. Bau mulut

Photo by Bill Aboudi on Unsplash

Photo by Bill Aboudi on Unsplash via https://unsplash.com

Selayaknya manusia, hewan peliharaan juga bisa mengalami bau mulut. Nafas yang bau ini bisa terjadi karena makanan yang dimakan. Namun, jika bau tidak berhubungan langsung dengan sesuatu yang mereka makan, terkadang hal itu dapat mengindikasikan bahwa bakteri dan plak telah menumpuk di mulut mereka. Hal ini membuat gigi mereka berisiko mengalami kerusakan. Jika nafas mereka sangat berbau busuk (seperti telur busuk), mungkin bisa menjadi tanda bahwa mereka menderita penyakit gusi. Tentu akan memerlukan perawatan dari dokter hewan. Jadi, segera konsultasikan dengan dokter hewan jika menemukan masalah bau mulut yang tidak biasa pada hewan peliharaanmu.

2. Kesulitan makan atau kehilangan nafsu makan

Photo by am on Unsplash

Photo by am on Unsplash via https://unsplash.com

Adanya perubahan mendadak pada nafsu makan hewan peliharaan perlu kamu perhatikan. Terutama saat mereka tidak ingin makan. Seiring dengan masalah kesehatan yang lebih luas, gejala penyakit gusi (seperti infeksi atau gusi bengkak) dapat menyebabkan anjing atau kucing berhenti makan atau mengunyah. Rasa tidak nyaman saat makan tentu saja akan mempengaruhi nafsu makan mereka. Kamu harus segera berbicara dengan dokter hewan jika nafsu makan hewan kesayanganmu telah berubah. 

Advertisement

3. Perubahan warna atau penumpukan plak dan karang gigi pada gigi

Photo by Marina Hanna on Unsplash

Photo by Marina Hanna on Unsplash via https://unsplash.com

Pernahkah kamu melihat noda kuning atau coklat pada gigi hewan peliharaanmu? Terutama di sekitar gusi? Kemungkinan besar itu adalah plak gigi. Sama seperti halnya gigi manusia, hewan juga perlu menjaga kebersihan gigi. Hewan peliharaan yang jarang giginya jarang dibersihkan akan memiliki gigi dengan noda kuning dan coklat. Menyikat gigi hewan peliharaanmu dengan pasta gigi khusus hewan dan memberinya perawatan gigi dapat membantu mencegah penumpukan plak. Plak dan karang gigi yang ada harus dibuang dengan hati-hati oleh dokter hewan untuk mengurangi risiko kerusakan gigi pada anjing atau kucingmu.

4. Kemerahan atau peradangan gusi (gingivitis)

Photo by Markus Winkler on Unsplash

Photo by Markus Winkler on Unsplash via https://unsplash.com

Gusi yang meradang dan berdarah bisa menjadi tanda bahwa hewan peliharaanmu menderita penyakit gusi atau infeksi lain. Hal itu dapat menyebabkan sakit gigi atau rasa tidak nyaman pada rahangnya. Jika kondisis tersebut terjadi, segera konsultasikan dengan dokter hewan agar mendapat diagnosis penyebab masalahnya. Biasanya dokter hewan akan memberikan rekomendasi perawatan yang mungkin melibatkan pembersihan dan penskalaan gigi untuk menghilangkan plak dan bakteri. Perlu diketahui, terkadang hewan perlu dicabut giginya jika terdapat masalah yang serius.

5. Gigi tanggal atau hilang

Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash via https://unsplash.com

Penyakit gusi yang tidak diobati dapat merusak gigi dan rahang hewan peliharaan dari waktu ke waktu. Hal tersebut merupakan salah satu penyebab utama gigi tanggal. Gigi hewan peliharaan yang goyang atau lepas menandakan hal yang serius yaitu tanda bahwa penyakit periodontal bisa saja terjadi. Infeksi yang disebabkan oleh penyakit gusi juga dikaitkan dengan penyakit jantung, hati, dan ginjal. Untuk mendapatkan diagnosis lebih lanjut, segera hubungi dokter hewan untuk segera mendapatkan diagnosis dan perawatan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE