Kenali Tanda-Tanda Penyakit Lupus!

Lupus adalah penyakit autoimun disebabkan karena produksi antibodi yang berlebihan dan sistem imun tubuh menyerang organ tubuh yang sehat. Kekebalan tubuh atau sel pertahanan tubuh yang seharusnya menjaga tubuh dari berbagai serangan virus atau bakteri yang dapat merugikan tubuh, justru malah menyerang dirinya sendiri. Lupus menyerang setiap orang berbeda-beda, sebagian orang dapat merasakan tanda-tanda yang ringan, dan sebagian lainnya dapat merasakan tanda-tanda yang parah.

Tanda-tanda awal penyakit lupus hampir sama dengan penyakit lain yang dapat membuat kita keliru.

1. Kelelahan

Kelelahan

Kelelahan via http://google.com

Advertisement

Sekitar 90% orang yang terserang lupus mengalami kelelahan. Bagi sebagian orang, tidur siang dapat membantu mengurangi rasa kelelahan ini. Namun tidur terlalu lama dapat menyebabkan insomnia dan susah tidur pada malam hari.

2. Demam

Tanda awal penyakit lupus adalah demam yang rendah tanpa sebab, karena demam tersebut akan berkisar pada suhu 36.9˚C sampai 38.3˚C, dan mungkin akan tidak sadar kalau terkena demam.

Demam rendah ini dapat menjadi indikasi peradangan atau infeksi. Jika kamu mengalami demam rendah, segera berkonsultasi dengan dokter.

Advertisement

3. Rambut Rontok

Rambut Rontok

Rambut Rontok via http://google.com

Rambut rontok sering dijumpai pada pasien sebagai tanda awal penyakit lupus. Rambut rontok disebabkan oleh peradangan di kulit kepala. Sebagian mengalami rambut rontok dalam bentuk gumpalan, sebagian lainnya mengalami kerontokan selama perlahan. Dapat dijumpai kerontokan pada jenggot, alis, bulu mata, dan rambut dibagian tubuh lainnya.

4. Ruam dan Luka

Butterfly Rash

Butterfly Rash via http://google.com

Salah satu tanda lupus yang paling terlihat adalah ruam, atau disebut sebagai butterfly rash yang muncul pada batang hidung dan pipi. Sekitar 50% pasien yang terserang lupus mengalami ruam ini. Butterfly rash dapat muncul secara tiba-tiba atau setelah terpapar sinar matahari.

5. Peradangan Pada Ginjal

Advertisement

Penderita lupus dapat mengalami peradangan pada ginjal yang dinamakan nephritis. Peradangan membuat ginjal sulit untuk menyaring racun pada darah. Tanda-tanda nephritis antara lain:


  1. Kebengkakan pada kaki

  2. Darah tinggi

  3. Darah pada urin

  4. Urin berwarna gelap

  5. Nyeri pada tubuh bagian samping

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE