Biar Stres Nggak Makin Menjadi-jadi atau Bahkan Hilang Kendali, Ketahui Dulu 5 Sumbernya Saat Ini

sumber stres agar tidak makin menjadi-jadi

Pernah nggak kamu tiba-tiba pengen marah-marah sendiri, nggak mood ngapa-ngapain, atau merasa bahwa tubuh sedang tidak dalam kondisi yang baik-baik saja?

Situasi seperti itu kadang berhubungan dengan masalah kesehatan mental yang disebut dengan stres. Stres itu normal dan merupakan bagian dari kehidupan. Hampir setiap orang pasti pernah mengalami stres. Namun, gak semua orang bisa menyadari ketika stres itu muncul. Meskipun terkesan datang tiba-tiba, sebenernya stres datang karena ada pemicunya, lho. Berikut adalah 5 hal yang biasanya menjadi pemicu utama stres.

Advertisement

1. Masalah keuangan

Photo by Josh Appel on Unsplash

Photo by Josh Appel on Unsplash via https://images.unsplash.com

Menurut American Psychological Association (APA), uang adalah penyebab utama stres di Amerika. Di tahun 2015, survei yang dilakukan pada orang Amerika menjukkan bahwa 72% dari mereka mengalami stres yang disebabkan oleh masalah keuangan.

Beberapa gejala stres akibat masalah keuangan seperti merasa cemas dengan kondisi keuangan sendiri, bertengkar dengan pasangan tentang uang, menyesal telah menghabiskan uang untuk sesuatu yang tidak diperlukan, dan takut membuka pesan atau menjawab telepon.

Advertisement

2. Masalah pekerjaan

Photo by Jonathan Borba on Unsplash

Photo by Jonathan Borba on Unsplash via https://images.unsplash.com

Beberapa hal yang dapat menyebabkan stres kerja adalah terlalu banyak bekerja, lingkungan pekerjaan yang tidak aman, ketidakpuasaan dengan pekerjaan atau karir, serta permasalahan dengan bos atau rekan kerja.

Beberapa gejala yang muncul ketika dihadapkan dengan stres kerja dapat dirasakan secara fisik maupun psikis, seperti kelelahan, sakit kepala, ketegangan dan nyeri otot. Selain itu, ketika kamu mengalami masalah pencernaan, kecemasan, depresi, mood sering berubah-ubah, hingga sulit berkonsentrasi atau membuat keputusan merupakan pertanda bahwa kamu sedang mengalami stres kerja.

3. Hubungan personal

Advertisement
Photo by Andrik Langfield on Unsplash

Photo by Andrik Langfield on Unsplash via https://images.unsplash.com

Ada banyak penyebab stres dalam hubungan sepasang kekasih atau suami-istri. Ketika suatu pasangan terus-menerus di bawah tekanan, hubungan itu bisa beresiko mengalami kegagalan. Nah, supaya kamu tidak sampai mengalami hal yang memilukan itu, ketahui beberapa penyebab yang dapat memunculkan stres.

Misalnya, terlalu sibuk hingga tidak ada waktu untuk sekedar jalan berdua dan berbagi tanggung jawab, serta komunikasi yang kurang intens antara kamu dan pasangan. Atau pernahkah kamu atau pasanganmu berpikir ingin berpisah? Ternyata ini juga bisa menjadi pemicu stres dalam suatu hubungan, lho. Tentu saja adanya kekerasan atau kontrol berlebihan dalam hubungan kamu dengan si doi juga bisa menyebabkan stres yang dapat mengganggu kesehatan mentalmu.

4. Kehidupan sehari-hari dan kesibukan

Photo by You X Ventures on Unsplash

Photo by You X Ventures on Unsplash via https://images.unsplash.com

Kebiasaan kecil yang mengganggu aktivitas keseharianmu merupakan hal lain yang dapat menimbukan stres. Misalnya, lupa menaruh kunci kendaraan, datang terlambat, dan lupa membawa barang yang penting ketika pergi meninggalkan rumah.

Stres akibat memiliki banyak kesibukan juga menjadi hal yang biasa akhir-akhir ini. Seperti memiliki pekerjaan sampingan untuk mencukupi kebutuhan hidup. Mengiyakan ajakan teman sehingga tidak memiliki waktu untuk dirimu sendiri. Kamu bisa memberi waktu untuk dirimu sendiri dengan bermeditasi di sela-sela waktu luangmu menggunakan aplikasi Riliv. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi stres yang kamu rasakan. 

5. Kepribadian

Photo by Jamie on Unsplash

Photo by Jamie on Unsplash via https://images.unsplash.com

Ternyata, tipe kepribadianmu juga bisa menjadi sumber stres, lho! Misalnya, jika kamu adalah seorang ekstrovert, maka kamu akan cenderung mengalami sedikit stres. Mereka lebih memiliki banyak tenaga untuk dapat bersosialisasi dengan lingkungan.

Namun, apabila kamu adalah orang yang perfeksionis, bisa jadi kepribadianmu inilah yang menyebabkan kamu mudah mengalami stres. Standar yang ditentukan oleh seorang perfeksionis merupakan hal yang dapat menjadi pemicu utama stres.  Nah, dengan mengetahui apa saja sumber stres di atas, semoga kamu bisa mulai peka. Dengan begitu kamu dapat mengatasi atau mengurangi stres yang terjadi pada dirimu.

 

Disadur dari:

https://www.verywellmind.com/
Ditulis oleh Safira, si pendengar segala keluh kesahmu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

une femme libre

CLOSE