Kerja Remote Jadi Lebih Produktif, Ini 5 Tips yang Perlu Kamu Terapkan!

Bikin kerja remote lebih produktif dengan 5 tips ini!

Pandemi covid-19 membawa banyak perubahan dalam dunia kerja. Sekarang banyak perusahaan yang lebih fleksibel untuk membuat kebijakan kerja jarak jauh (remote). Lowongan kerja dengan sistem remote sudah bertebaran dimana-mana.

Menurut survei Upwork, dari 1.000 pemilik usaha kecil, manajer SDM, CEO, dan pemimpin perusahaan kemungkinan akan memberlakukan bekerja dari rumah sampai akhir 2021 nanti. Buat kamu yang berdomisili di luar daerah dan mau mencoba peruntungan kerja di kota-kota besar tapi terhalang kondisi pandemi, bekerja remote bisa jadi solusi.

Riset Indeks Kesiapan Bekerja Jarak Jauh atau Remote Work Readiness (RWR) Index yang dilakukan Dell Technologies mewawancarai 1.030 pekerja Indonesia berusia 18 tahun ke atas. Riset tersebut menemukan 81 persen pekerja di Indonesia merasa siap bekerja jarak jauh (remote) dalam jangka panjang.

Nah, supaya kamu bisa lebih siap dan yakin melamar pekerjaan dengan sistem remote, ada baiknya simak tips berikut biar kerja jadi lebih produktif dan nggak ngebosenin.

Advertisement

1. Gunakan perangkat yang mendukung

Photo by pressfoto via freepik

Photo by pressfoto via freepik via http://www.freepik.com

Untuk melancarkan pekerjaanmu, hal penting yang perlu disiapkan adalah perangkat teknologi dan software atau aplikasi yang mendukung. Seperti laptop, koneksi internet yang stabil, aplikasi chatting, task management tool, sistem penyimpanan berbasis cloud, sampai virtual meeting tool.

2. Harus responsif dan aktif meminta feedback

Photo by katemangostar via freepik

Photo by katemangostar via freepik via http://www.freepik.com

Ketika bekerja remote, hal yang nggak kalah penting dilakukan yakni menanggapi/merespon dengan cepat. Beda dengan kerja di kantor yang semua rekan bisa kamu temui langsung, bekerja remote lebih sulit membangun percakapan.

Advertisement

Kalau ada pekerjaan mendesak atau meeting mendadak tapi kamu nggak responsif kamu akan kehilangan banyak waktu untuk mengerjakan tugas tersebut. Kamu juga dinilai  tanggap oleh rekan kerjamu.

3. Jaga komunikasi dengan rekan kerja

Photo by tirachards via freepik

Photo by tirachards via freepik via http://www.freepik.com

Selain soal pekerjaan, kamu juga perlu ngobrol santai bareng rekan kerjamu. Hal ini berguna untuk mengakrabkan diri dan menjalin hubungan baik dengan mereka.

Meskipun bekerja remote dan nggak bisa bertatap muka secara langsung, berbaur dengan rekan kerja lain akan memudahkanmu meminta bantuan saat menemui kendala. Sekaligus menyegarkan pikiran dengan obrolan ringan di luar konteks pekerjaan.

Advertisement

4. Atur waktu kerjamu dengan baik

Photo by tirachardz via freepik

Photo by tirachardz via freepik via http://www.freepik.com

Ketahui daftar pekerjaanmu setiap harinya. Buat to-do-list dan kerjakan berdasarkan prioritas. Gunakan task management tool untuk membantumu menyusun daftar pekerjaan.

Karena bekerja remote dan jauh dari pengawasan management perusahaan, kamu juga perlu kontrol diri yang baik agar waktu kerjamu nggak berantakan. Meski bekerja dari rumah, posisikan diri seperti berada di ruang kantor, buat area kerjamu senyaman mungkin.

5. Perhatikan deadline pekerjaan

Photo by chajamp via freepik

Photo by chajamp via freepik via http://www.freepik.com

Pastikan juga pekerjaanmu selesai tepat waktu. Gunanya manajemen waktu di poin sebelumnya juga berguna supaya semua pekerjaanmu selesai tepat waktu. Komunikasikan dengan atasan dan rekan kerjamu secara virtual terkait deadline dan kapasitas kerjamu setiap harinya.

Penting juga untuk menjadwalkan meeting pagi dan sore secara rutin untuk meng-update progres pekerjaanmu sampai kendala yang dialami.

Nah, itu tadi 5 tips yang bakal bikin kerja remote kamu jadi lebih produktif. Tren kerja remote sekarang sudah banyak diterapkan di berbagai perusahaan besar, kecil, maupun startup, temukan lebih banyak lowongan kerja yang kamu banget situs-situs pencarian kerja ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE