Siapa sih, di antara kalian yang enggak mau ditraktir? Apalagi kalau makanannya terbilang enak, pasti kalian enggak akan nolak. Atau di antara kalian ada yang suka mentraktir teman dekat atau sahabat? Memang, mentraktir bukanlah suatu kebanggaan yang bisa dimasukkan ke dalam CV lamaran pekerjaan. Selain itu, sebelum berencana mentraktir orang, kita mesti memperhatikan kondisi keuangan. Boro-boro memberi makan orang, ternyata perut sendiri saja sudah sekarat minta jatah kehidupan. Terlepas dari faktor tersebut, mentraktir ternyata bisa memberikan beberapa keuntungan. Jangan lihat dari sisi materi yang diberikan, tapi coba lihat dari sudut pandang lain, karena yang memberi tak selamanya akan merasakan kehilangan.

1. Dengan Memberi Makan, Kita Dapat Mempererat Jalinan Kekerabatan

biar makin akrab via http://pexels.com

Sesekali, cobalah untuk mentraktir teman yang mungkin baru dikenal. Bukan bermaksud modus seperti yang dikatan kids zaman now, tapi dengan makan bersama di meja yang sama, akan terjalin kesepahaman dan obrolan yang mengasyikkan. Untung-untung nantinya bisa jadian, kan?

2. Hanya Dengan Makanan, Ada Nyawa yang Terselamatkan

beri siapapun itu via http://pexels.com

Coba tengok ke sekitar kalian, masih banyak orang yang kelaparan dan tidak tahu pasti apa yang akan dia santap keesokan hari. Tak perlu jauh-jauh, teman sebangku di kelas saja bisa menjadi salah satu di antaranya. Tak ada salahnya memberikan mereka makanan. Paling tidak, kita telah menyelamatkan seseorang dan menjadi pahlawan dalam hidupnya.

3. Tak Perlu Banyak Tetapi yang Penting Ikhlas

Advertisement

pionir kebaikan via http://pexels.com

Membelikan makanan, tak harus untuk orang-orang yang kita kenal dan dekat saja. Bila ada rezeki berlebih, tidak ada salahnya untuk berbagi. Siapapun itu, kebaikan tetaplah kebaikan. Mungkin saja diam-diam ada yang memperhatikan dan tergerak hatinya untuk melakukan hal yang serupa.

4. 4. Bicara Soal Keuntungan, Ada Banyak Pahala yang Dapat Dipanen Besar-besaran

dapatkan pahala sebanyak banyaknya via http://pexels.com

Kita akan menuai sesuatu yang kita tanam. Mungkin bukan sekarang, mungkin tak kelihatan, tapi yakinlah ada pahala yang begitu berlimpah yang diberikan oleh Tuhan jika kita memberi makanan ke orang lain. Makanan adalah rezeki dari Tuhan, menggunakannya sesuai ketentuan juga merupakan sebuah keharusan. Tak perlu risau jika tak ditraktir balik, karena ada Tuhan yang siap membalas kebaikan kalian dengan segala anugerah yang tak terbayangkan.

5. Karena Kebahagiaan Bisa Didapatkan Dengan Memberi Kebahagiaan itu Sendiri

bahagia via http://pexels.com

Bagi kita, kebahagiaan merupakan suatu hal yang perlu dicapai. Bahkan untuk hal yang paling sederhana, kebahagiaan bisa datang dari rasa perhatian. Dengan memberikan makan, disamping memperolh kekenyangan, ia akan mendapat kebahagiaan. Kebahagiaan pun bisa datang dari melihat orang lain berbahagia.

6. Ada Sesuatu yang Lebih Berharga dari Uang

ada hal yang jauh lebih berharga via http://pexels.com

Ada hal yang lebih berharga dari sekadar materi yang berlimpah. Yaitu hubungan baik dengan orang lain. Ketika hubungan itu sudah mulai mendalam, menjaganya akan lebih sulit dari memperolehnya. Ada saja masalah yang datang menerpa, goyah atau tidak itu tergantung bagaimana kita menyikapinya. Paling tidak, dengan makanan, kita berusaha untuk tetap menjaga hubungan tersebut. Uang bisa dicari kapan saja, tapi teman, kerabat, keluarga, pasangan adalah harta yang paling berharga yang tak selamanya ada.