5 Keuntungan Mahasiswa yang Menjadi Freelancer di Masa Pandemi

Sebagai mahasisiwa kita memiliki kewajiban untuk menuntut ilmu. Namun, menuntut ilmu tidak hanya dilakukan di kampus saja, di luar lingkungan kampus pun masih banyak ilmu yang dibutuhkan bagi seorang mahasiswa untuk membantu meningkatkan kualitas dirinya. 

Banyak cara dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas diri, salah satunya ialah pengalaman bekerja. Magang bisa menjadi salah satu alternatif bagi mahasiswa untuk memiliki pengalaman bekerja.

Namun, di masa pandemi ini yang mengharuskan kita untuk tetap di rumah saja, sedikit menyulitkan untuk sekedar mencari lowongan magang. Oleh karena itu, menjadi pekerja lepas atau freelancer dapat menjadi aternatif baru bagi mahasiswa yang ingin mencicipi dunia kerja, terlebih lagi di masa pandemi ini.

Freelancer merupakan pekerja yang tidak terikat dengan kontrak perusahaan atau instansi. Sehingga seorang freelancer biasanya lebih bebas dan lebih leluasa cakupannya. 

Bagi mahasiswa yang memiliki keahlian di salah satu bidang tertentu, freelancer dapat dijadikan sebagai pilihan pekerjaan. Jenis freelancer juga banyak cakupannya, misalnya desain, video editor, konten kreator, dropshipper/supplier online shop, bahkan menulis artikel di platform digital seperti ini. 

Freelancer dapat dijadikan sebagai pekerjaan sampingan untuk mahasiswa melihat beberapa keuntungan yang akan diperoleh oleh mahasiswa:

    Melihat betapa banyaknya keuntungan yang akan diperoleh, tak heran sekarang ini banyak mahasiswa yang menjadi freelancer untuk sekedar sebagai pekerjaan sampingan. Terlebih lagi berkembang pesatnya teknologi membuat pekerjaan freelancer menjadi lebih mudah untuk didapatkan.

    Namun, jangan menjadikan freelancer sebagai alasan untuk lupa akan kewajiban sebagai mahasiswa. 

    Advertisement

    1. Memperoleh uang tambahan saat masih berkuliah

    Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

    Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

    Menjadi freelancer tentunya dapat membantu mahasiswa untuk memperoleh uang tambahan yang bisa digunakan untuk membantu kebutuhan perkuliahan.

    2. Jenis freelancer sangatlah luas

    Photo by Vlada Karpovich from Pexels

    Photo by Vlada Karpovich from Pexels via https://www.pexels.com

    Freelancer juga ada banyak jenisnya loh! Anda bisa memilih jenis pekerjaan freelancer yang sesuai dengan keahlian dibidang yang anda kuasai.

    Advertisement

    3. Membantu mengembangkan soft skill 

    Photo by Tirachard Kumtanom from Pexels

    Photo by Tirachard Kumtanom from Pexels via https://www.pexels.com

    Di tengah kesibukan berkuliah, anda juga dapat mengembangkan soft skill yang tidak bisa anda dapatkan di bangku kuliah. 

    4. Membangun relasi dan reputasi

    Photo by Thirdman from Pexels

    Photo by Thirdman from Pexels via https://www.pexels.com

    Relasi dan reputasi anda selama menjadi freelancer akan membantu anda jika kelak nantinya anda akan bekerja secara kontrak dengan perusahaan.

    5. Memanfaatkan waktu luang

    Photo by Liza Summer from Pexels

    Photo by Liza Summer from Pexels via https://www.pexels.com

    Menjadi freelancer sangat membantu anda agar menjadi lebih produktif, karena waktu luang anda akan digunakan untuk bekerja.

    Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

    Advertisement

    “Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

    Berikan Komentar

    Tim Dalam Artikel Ini

    CLOSE