Kiat-Kiat Membentuk Sifat Disiplin Dalam Belajar, Mahasiswa dan Pelajar Wajib Tahu

Apakah selama ini kamu sudah memiliki sifat disiplin dalam belajar?

Tahukah kamu bahwa yang kamu butuhkan untuk belajar adalah disiplin, bukan motivasi? Kalau kamu masing bingung, mari kita bahas satu per satu. Motivasi merupakan sebuah dorongan yang muncul secara sadar maupun tidak dalam diri seseorang, dalam hal ini adalah dorongan untuk belajar sehingga dapat meraih tujuan yang ingin dicapai. Sebenarnya, motivasi dan disiplin adalah dua faktor yang saling berhubungan dan keduanya memiliki peran penting dalam proses belajar. Namun, disiplin memiliki peran yang lebih krusial dalam jangka panjang. Sebuah motivasi bisa hilang dengan sekejap, tetapi tidak begitu dengan disiplin. Membentuk sifat disiplin dalam belajar membutuhkan komitmen dan konsistensi. Berikut adalah beberapa kiat-kiat yang dapat membantu kamu untuk membentuk sifat disiplin dalam belajar.

Advertisement

1. Buat Jadwal Belajar

Photo by Marko Klaric

Photo by Marko Klaric via https://www.pexels.com

Tentukan jadwal belajar yang teratur dan konsisten. Aturlah waktu belajar setiap harinya dan berpegang teguhlah pada jadwal tersebut. Hindari menunda dan berusahalah untuk meluangkan waktu secara teratur untuk belajar.

2. Tetapkan Tujuan yang Jelas

Photo by Cottonbro Studio

Photo by Cottonbro Studio via https://www.pexels.com

Tetapkan tujuan yang ingin kamu capai secara jelas dan spesifik. Misalnya, ingin mencapai nilai tertentu saat ujian atau ingin memenangi lomba tertentu. Tujuan yang spesifik tersebut akan memberikan kamu konsistensi dan motivasi.

Advertisement

3. Hilangkan Distraksi

Photo by Zen Chung

Photo by Zen Chung via https://www.pexels.com

Saat sesi belajar, matikan ponsel atau atur ke mode yang tidak mengganggu. Hindari media sosial, game, atau hal-hal lain yang dapat mengalihkan perhatian kamu. Fokuslah pada materi yang sedang kamu pelajari saat itu.

4. Ciptakan Lingkungan Belajar yang Tepat

Photo by Karolina Grabowska

Photo by Karolina Grabowska via https://www.pexels.com

Buat lingkungan belajar yang kondusif untuk dirimu sendiri. Pilihlah tempat yang tenang, nyaman, bebas dari gangguan, dan memiliki semua objek yang kamu butuhkan dalam proses belajar. Pastikan kamu memiliki meja yang rapi, alat tulis, dan buku referensi yang mungkin akan diperlukan.

5. Bagi Materi Menjadi Bagian-Bagian yang Lebih Kecil

Photo by Lum3n

Photo by Lum3n via https://www.pexels.com

Kamu akan merasa malas untuk belajar jika melihat materi yang akan kamu pelajari sulit dan banyak. Oleh karena itu, bagilah materi tersebut menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan mudah kamu pelajari. Fokuslah pada satu bagian dan pastikan kamu sudah memahami bagian tersebut sebelum melanjutkan ke bagian yang lain.

Advertisement

6. Gunakan Teknik Belajar yang Efektif

Photo by Christina Morillo

Photo by Christina Morillo via https://www.pexels.com

Cobalah belajar dengan berbagai teknik untuk menemukan satu yang paling efektif untuk dirimu. Misalnya, membuat diagram, mencatat materi penting, atau dengan menjelaskan kepada orang lain. Temukan metode yang membuat kamu jadi lebih memahaminya dan dapat mengingatnya lebih lama.

7. Istirahat yang Cukup

Photo by Karolina Grabowska

Photo by Karolina Grabowska via https://www.pexels.com

Jangan lupa untuk memberi jeda istirahat dalam sesi belajar kamu. Memberikan waktu istirahat yang cukup akan membantu otak untuk memproses informasi dengan lebih baik dan memperbarui energi kamu. Kamu dapat berjalan-jalan sebentar, minum air, atau melakukan latihan ringan selama jeda istirahat tersebut.

8. Beri Reward kepada Diri Sendiri

Photo by Pixabay

Photo by Pixabay via https://www.pexels.com

Setiap kali mencapai tujuan belajar atau mencapai kemajuan yang signifikan, berikanlah reward kepada dirimu sendiri. Reward ini dapat berupa waktu luang atau hal-hal yang kamu sukai. Hal ini akan memberikan kamu dorongan tambahan untuk terus mempertahankan sifat disiplin dalam belajar.

Setelah kamu membaca kiat-kiat di atas, jangan lupa untuk mengimplementasikannya, ya! Disiplin di sini adalah landasan yang penting untuk mencapai hasil yang signifikan dalam jangka panjang. Jadi, sementara motivasi yang memberikan dorongan awal, disiplinlah yang menjadi faktor untuk memastikan kamu tetap konsisten dan terus berusaha dalam proses belajar.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE