Kilas Balik Praktik Mengajar Internasional dan Perjuangan Wujudkan #MimpiMasaMuda

Pengalaman mewujudkan #MimpiMasaMuda

Setiap orang pasti mempunyai mimpi, tak terkecuali Sobat Hipwee disini. Meskipun terpisah oleh jarak, tentu tak jadi halangan untuk berbagi kisah romantisnya berjuang meraih mimpi di masa muda. Cukup perasaan saja yang kadang terabaikan, kisah meraih mimpi ini jangan!. Inilah kisahku meraih mimpi praktik mengajar internasional di Malaysia, pengalaman yang berkesan seperti kehidupan upin ipin di kehidupan nyata. Penasaran? Now here we go pada pembahasan artikel di bawah ini~

Advertisement

1. Percaya pada mimpimu adalah kunci, meskipun dipandang sebelah mata oleh orang lain

Photo by Kelli Stirrett on Unsplash

Photo by Kelli Stirrett on Unsplash via https://unsplash.com

Percaya pada mimpi adalah kunci awal dari keberhasilanku untuk bisa ikut praktik mengajar internasional sebagai guru PAUD. Awalnya memang semua terlihat mustahil dan bagi sebagian orang mimpi ini terlihat biasa, sama ketika orang mendengar jurusanku yaitu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Namun, hal tersebut bukan jadi halangan. Poin percaya pada mimpi penting untuk kita semua.

Jangan biarkan tenggelam hanya karena omongan orang lain dan jika ada kekurangan perbaiki. Ini juga aku lakukan untuk meraih mimpi dengan cara belajar bahasa inggris, menyiapkan mental, dan berusaha sebaik mungkin di setiap tes. Walau saingannya banyak, keberhasilan meraih mimpi tersebut berhasil dari caraku  tidak memandang remeh mimpi sekecil apapun. 

Advertisement

2. Catat mimpimu jangan berlalu begitu saja

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via http://www.pexels.com

Sesuatu yang dicatat melalui goresan-goresan aksara akan lebih mudah diingat. Begitu juga mimpi, jangan biarkan menguap begitu saja dan hanya sekedar angan belaka. Ini aku lakukan pada mimpi masa mudaku yaitu praktik mengajar internasional. Awal mimpi ini ada ketika kakak tingkat bercerita pengalamannya mengajar di Filipina. Sejak saat itu, aku termotivasi dan mulai mencatat mimpi tersebut agar tidak lupa. 

 

3. Berdoa dan Berusaha, yakini ada suatu hal indah dibalik perjalanan romantisnya berjuang

Advertisement
Credit: Photo by @zidni_khasanah on Instagram

Credit: Photo by @zidni_khasanah on Instagram via https://www.instagram.com

Proses bisa menggapai mimpi ini terbilang tidak mudah. Akan tetapi, dengan berdoa dan berusaha semua bisa diwujudkan. Ingat kita hanya manusia biasa, bukan Tuhan yang sempurna. Jangan abaikan keduanya, meskipun perjalanan romantisnya berjuang harus dilewati.  Berdoa, berusaha dan menikmati semua proses berjuang, aku terapkan sejak memiliki mimpi mengajar internasional sebagai guru PAUD. 

Saat aku dinyatakan berhasil sebagai salah satu peserta praktik mengajar internasional, itu bukan puncak keberhasilan mimpi. Namun, awal perjalanan dengan berbagai tantangannya.  Aku percaya akan ada hal indah dibalik kilas balik perjalanan meraih mimpiku ini. Sohib juga harus mempercayainya bahwa dibalik jatuh bangunnya meraih mimpi, akan ada hasil yang bisa membuat kita jadi bersyukur. Ternyata romantisnya perjalanan jatuh bangun dengan segenap doa dan harapan tidak sia-sia, saat ketika aku mendapatkan pelukan hangat dan surat cinta dari mereka.

4. Cari Informasi selengkap mungkin, malu bertanya sesat di jalan

Photo by Tirachard Kumtanom from Pexels

Photo by Tirachard Kumtanom from Pexels via https://www.pexels.com

Mencari informasi adalah salah satu cara untuk langkah menggapai mimpi di masa muda. Ada pepatah mengatakan, malu bertanya bisa sesat di jalan. Yapss.. informasi sangat penting untuk menggapai mimpi.  Adanya informasi yang lengkap kita jadi semakin tau langkah untuk menggapai mimpi.

Apalagi di zaman yang serba maju ini informasi sangat mudah diakses tanpa batasan ruang dan waktu. Bisa melalui google, membaca pada laman atau situs yang sesuai dengan mimpimu, dan bertanya pada orang yang memiliki pengalaman sama terhadap mimpi tersebut.

5. Kembangkan diri dan tanamkan jika gagal hari ini bukan berarti menyerah

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Kita tau bahwa perjalanan mimpi tidak selalu lancar, begitu juga kadang kita harus melewati jalan yang terjal agar bisa mencapainya. Maka kita perlu mengembangkan diri kita. Caranya bisa mengikuti pelatihan atau sharing ke orang yang lebih tau. Namun, jika perjalanan mimpimu menemui kegagalan, bukan berarti kamu harus menyerah dan kalah. Pernahkah kamu mendengar bahwa tidak semua bunga harus mekar dalam waktu bersamaan?

 Terdengar sedeharna, tetapi penuh makna. Artinya jika gagal hari ini bukan berarti mimpimu pupus begitu saja. Walau orang lain lebih dulu mencapainya bukan berarti dirimu kalah. Jadi, tetap tanamkan bahwa tujuan meraih mimpimu bukan untuk orang lain, tetapi untuk menjadi versi terbaik dirimu.

6. Jaga nutrisimu saat proses meraih mimpi, you are what you eat

Photo by Trang Doan from Pexels

Photo by Trang Doan from Pexels via http://www.pexels.com

Pernahkan kamu mendengar sebuah kalimat “you are what you eat?”. Kalimat yang berasal sebuah film dari Amerika Serikat dengan durasi 75 menit pada tahun 1968. Kalimat itu memiliki arti bahwa asupan nutrisi sangat penting. Terutama untuk mengurangi anemia karena sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan meraih mimpi. Bicara soal usaha meraih mimpi yang didukung dengan asupan nutrisi baik perlu dijaga sejak usia dini (0-6) tahun bahkan sejak usia kehamilan.

Menurut Kementrian Kesehatan menyebutkan bahwa  sejak kehamilan, 1000 hari pertama anak sangat berpengaruh pada kehidupan selanjutnya. 1000 hari tersebut sangat berpengaruh terutama pada asupan gizi seimbang agar menghindari adanya malnutrisi (kurangnya nutrisi). Asupan nutrisi tersebut juga mencegah adanya stunting atau gagal tumbuh sesuai dengan usianya.

Akibatnya tubuh anak lebih kecil dan pendek serta otak tidak berkembang maksimal sehingga mengakibatkan anak kesulitan untuk meraih mimpi. Mengutip hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2013, prevalensi balita stunting di Indonesia mencapai 37,2% atau sekitar 8 juta anak Indonesia mengalami pertumbuhan tidak maksimal, dan dinyatakan bahwa 1 dari 3 anak Indonesia mengalami stunting atau gagal tumbuh sesuai dengan usianya.

Adanya fakta bahwa nutrisi sangat penting untuk meraih mimpi, kita menjadi  semakin sadar bahwa memang penting untuk mengkonsumsi gizi seimbang. Dengan demikian, kita bisa mudah meraih mimpi dengan asupan gizi seimbang dan turut serta untuk membentuk generasi yang berkualitas. Langkah kita mengkonsumsi nutrisi yang baik, menjadikan kita semakin sadar akan pentingnya gizi seimbang. Selain itu, secara tidak langsung kita ikut mendukung langkah pemerintah dalam upaya penurunan angka stunting sampai 19% pada tahun 2024.

Itu tadi ceritaku tentang wujudkan #MimpiMasaMuda. Bagaimana dengan mimpimu? Yuk lengkapi nutrisimu saat meraih mimpi, karena kamu berharga

#MimpiMasaMuda #SehatSamaSama #HipweexNI

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE