Kini Kamu Tak Perlu Khawatir Untuk Berbicara di Depan Umum. Simak Tipsnya!

Tips ini cocok di gunakan buat teman-teman yang ingin belajar untuk tidak grogi saat berbicara di depan umum.

Hai teman-teman!

Ada yang pernah ngalamin gugup saat di depan kelas ? atau saat presentasi di depan, maju dan public speaking? Hmm.. pastinya pernah yaa. Aku ada tips nih untuk mengurangi rasa gugup ketika di depan, mau tahu gimana caranyaa yuk simak tipsnya!

Advertisement

1. Sering diskusi

photo by Jawapos

photo by Jawapos via https://www.pexels.com

Gais.. di sini ada yang pernah berdiskusi? Sering? Atau hampir setiap hari kita berdiskusi? Pastinya kita sudah pernah berdiskusi dan bisa dikatakn sering berdiskusi karena kita ini mahluk sosial, mahluk yang saling membutuhkan satu dengan lainnya dengan cara berinteraksi.

Ketika kita sering berdiskusi secara naluriah akan mengasah skill berbicara kita dan tingkat kepercayaan diri, mengapa? Karena dalam kegiatan ini kita diharuskan saling bertukar informasi dan bertukar pikiran jadi membuat kita akan lebih percaya diri dan berani berbicara.

Advertisement

2. Jangan takut salah!

Photo by fauxels from Pexels

Photo by fauxels from Pexels via https://www.pexels.com

Hayoo siapa yang pernah ingin berbicara tapi takut salah? adakah orangnya? Uppppsss jangan minder, saya juga pernah jadii jangan merasa insecure yaa gais.

Gais, ketika kita ingin berpendapat sampaikanlah walau terbata-bata, sampaikanlah walau diri ini terkadang menuntut untuk tidak, sampaikanlah dan sampaikanlah.

Sampaikanlah walau itu benar atau salah tenang gais nanti ada yang membetulkan dari Bapak/Ibu Guru, ketika kita berani untuk menyampaikan pendapat menjadi salah satu poin plus untuk diri kita sendiri karena sudah berani menyampaikan pendapat.

Advertisement

3. Aktif bertanya dan menjawab pertanyaan

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Aktif bertanya dan memnjawab pertanyaan? Apa hubungannya? Jadi teman-teman jika kita sering membiasakan bertanya atau menjawab pertanyaan dari guru atau dosen kita secara naluriah hal yang kita lakukan tersebut bisa melatih tingkat ke percayaan diri kita, melancarkan komunikasi dan melatih diri agar tidak gugup atau grogi di depan orang banyak, yuk teman-teman biasakan!

4. Arahkan pandangan mata di atas kepala

Photo by Kampus Production from Pexels

Photo by Kampus Production from Pexels via https://www.pexels.com

Jika teman-teman masih kurang percaya diri untuk menatap orang dihadapan teman-teman.

Teman-teman bisa mengalihkan pandangan mata ke atas kepala dan sesekali tatap matanya yaa jika sudah berkurang rasa groginya.

5. Rajin berlatih

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Untuk bisa lancar berbicara di depan kelas atau forum teman-teman harus sering berlatih. Semakin sering dan semin rajin berlatih maka teman-teman akan semakin terbiasa dan bisa menguasai kegugupan teman-teman ketika berbicara di depan kelas atau forum.

Semoga bermanfaat teman-teman.. sebenarnya masih banyak tips yang lainnya selamat mencoba. Good luck Gais!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE