#KompetisiYoungMom-Bingung Memilih Mainan untuk Si Kecil? Coba 5 Benda Ini Moms!

Dari usia 0 bulan, si kecil sudah bisa diberikan mainan untuk stimulasi lho.

1000 Hari Pertama Kelahiran merupakan masa-masa emas dimana tumbuh kembang si kecil sangat pesat. Otak anak berkembang 805 menyamai orang dewasa diusia ini. Tentunya para orang tua tidak ingin melewatkan hal ini agar tumbuh kembang dapat menjadi optimal. Tetapi masih banyak juga orang tua yang bingung, apa yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan hal tersebut. Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan stimulasi sesuai usia. Hal ini bisa dilakukan bahkan mulai usia 0 bulan lho. Stimulsi yang membantu si kecil bisa berupa mainan. Coba dengan 5 jenis mainan ini yuk!

Advertisement

1. Cermin

Photo by Skylar Kang from Pexels

Photo by Skylar Kang from Pexels via https://www.pexels.com

Benda yang mudah didapat di rumah ini bisa untuk stimulasi penglihatan si kecil juga dapat membantu si kecil mengenali wajahnya. Stimulasi ini juga cukup mudah dilakukan. Parents hanya perlu sebuah cermin dan dalam posisi tidur terlentang atau saat tummy time memperlihatkan cermin dan mengenalkan si kecil pada wajahnya sendiri. Si kecil juga dapat diajak mengobrol dan dikenalkan dengan anggota dari wajahnya seperti mata, hidung, mulut dan yang lainnya.

2. Rattle

Benda yang biasanya memiliki bunyi gemerincing ini dapat menjadi mainan pertama si kecil. Rattle memperkenalkan konsep bunyi pada si kecil. Ketika digoyang maka akan mengeluarkan bunyi. Rattle memiliki berbagai bentuk antara lain stick, ring, gelang dan bola. Bahan untuk rattle ada dua jenis yaitu plastik dan kain. Plastik umumnya mudah untuk dibersihkan dan kain lebih aman ketika terkena tubuh bayi. Rattle pun ada yang digabung dengan teether lho parents.

Advertisement

3. Teether

Baby Teether

Baby Teether via http://https

Semakin bertembah usia intensitas memasukkan tangan kemulut semakin bertambah. Teether bisa menjadi pegangan si kecil sekaligus untuk stimulasi indera perasa serta gusinya. Pilih teether yang berbahan aman untuk si kecil ya Parents. Selain itu harus juga dijaga kebersihannya agar tidak menyebabkan masalah pencernaan seperti diare pada si kecil.

4. Softbook

Siapa Moms yang suka membacakan cerita atau buku untuk anak sejak masa kehamilan? Setelah si kecil lahir, tentu ingin mengenalkan buku pada si kecil. Moms bisa memilih softbook yang berbahan kain untuk si kecil karena bahannya ringan sehingga bisa dipegang oleh si kecil serta biasanya warnanya mencolok sehingga menarik perhatian si kecil.

5. Playgym

Playgym atau playmat biasanya dilengkapi dengan mainan gantung serta kotak suara atau musik sebagai aksesorisnya. Ketika si kecil diletakkan di playmat ia akan aktif menggerakkan tangan dan kakinya untuk menggapai mainan yang tergantung. Selain itu kota musik yang disetel juga bisa menjadi teman bermain untuk si kecil. Saat meletakkan si kecil diatas playmat, pilih tempat yang aman ya Parents dan jangan lupa untuk menemani karena ada kemungkinan ketika si kecil berhasil menarik mainan yang tergantung, benda lainnya bisa terjatuh dan menimpa si kecil.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE