Bukan Hanya Perkara IPK, 5 Hal Ini Juga Harus Kamu Rasakan Ketika Duduk di Bangku Kuliah

kuliah bukan hanya IPK

Kuliah itu bukan merupakan jenjang pendidikan yang diwajibkan, baik di Indonesia ataupun di negara lain. Artinya, masih banyak di dunia orang-orang yang tidak merasakan kehidupan di bangku kuliah. Mungkin ada mereka yang terpaksa tidak kuliah ataupun mereka tidak berminat. Namun, sebenarnya ada banyak hal yang bisa kamu rasakan hanya ketika kamu berada di bangku kuliah. Pastinya, bukan hanya jadi kupu-kupu alias kuliah-pulang, kuliah-pulang ya…

Oh ya, satu lagi, kuliah juga bukan perkara mengejar nilai IPK. Tapi kuliah seharusnya merupakan waktu di mana kamu ditempa agar bisa menghadapi dunia nyata. Apapun yang menjadi pekerjaan kamu setelah lulus dari kuliah sebenarnya juga merupakan bibit yang kamu tanam di bangku kuliah, lho…

Nah, berikut ini beberapa hal yang harusnya kamu rasain di bangku perkuliahanmu. Buat yang masih mahasiswa, mungkin artikel ini bisa menginspirasi kamu untuk menjadi mahasiswa yang lebih aktif sehingga kehidupan bangku kuliahmu pun akan menjadi lebih berwarna. Buat kamu yang sudah melewatkan masa-masa perkuliahan, pastinya kamu akan kangen dengan hal-hal ini, percaya deh…

Advertisement

1. Join komunitas berfaedah

Photo by Omar Lopez on Unsplash

Photo by Omar Lopez on Unsplash via https://unsplash.com

Join komunitas yang bermanfaat adalah hal pertama yang wajib kamu rasakan di masa kuliah. Kenapa? Karena di sini kamu akan ditempa untuk berhadapan dengan orang banyak dan juga komunitas berfaedah ini banyak banget donk pastinya di kampus.

Kamu bisa mulai dengan memilih Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang kamu minati, atau kamu juga bisa mendaftarkan diri untuk menjadi asisten dosen/laboratorium. Pastinya komunitas ini sangatlah bermanfaat untuk kehidupanmu ke depannya. Mengapa demikian? Karena di sini kamu bukan saja bisa bertemu dengan banyak orang, tetapi kamu juga bisa mengembangkan pengetahuan serta hobi kamu. Penting banget kan?

2. Kerja part time

Photo by Ali Yahya on Unsplash

Photo by Ali Yahya on Unsplash via https://unsplash.com

Jadwal kuliah yang begitu santai bisa juga kamu gunakan untuk bekerja part time. Di kota-kota besar, mahasiswa yang bekerja part time sudah bukan sesuatu yang mengherankan, lho. Yakin kamu nggak mau nyobain?

Kerja part time ini bisa kamu cari di restoran, menjadi guru les privat, kerja di perusahaan yang menerima anak magang, ataupun menjadi volunteer dalam event yang berbayar. Nah, biasanya juga butuh koneksi biar gampang mendapatkan kerja part time lho. Makanya, kamu bisa mulai dari point no. 1 yaitu gabung dengan komunitas yang berfaedah.

3. Volunteer kerja sosial

Volunteer College

Volunteer College via https://www.archelon.gr

Jadi volunteer atau pekerja sosial juga salah satu hal yang harus kamu coba ketika duduk di bangku kuliah lho. Karena di sini kamu akan memiliki pengalaman serta pengetahuan baru, dan juga akan meningkatkan jiwa sosial dan kepedulian kamu terhadap sesama.

Advertisement

4. Mulai berwirausaha

Photo by Etienne Boulanger on Unsplash

Photo by Etienne Boulanger on Unsplash via https://unsplash.com

Kuliah pastinya butuh uang, baik untuk biaya kuliah ataupun untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Dengan mulai mencoba menjadi wirausaha, maka kamu juga akan mendapatkan uang tambahan, mujur-mujur bisa buat tambahan tabungan ye kan?

Kamu bisa mulai mencoba dari menjadi dropshipper ataupun kamu bisa menjual barang hasil karyamu sendiri, seperti makanan, karya seni, tulisan, dll.

5. Ikut program student exchange

Photo by Windows on Unsplash

Photo by Windows on Unsplash via https://unsplash.com

Nah, ini buat kamu yang punya kesempatan untuk ikut Student Exchange Program, jangan sampai kamu lewatkan, ya!

Ini salah satu hal yang tidak bisa didapatkan di luar dunia perkuliahan, lho. Di sini kamu bakal kenal lebih banyak lagi teman-teman dari berbagai negara. Pastinya, pengetahuanmu pun akan semakin meningkat. Nggak bakal nyesel, deh!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pecinta travelling dan dunia tulis menulis sedari dulu. Berharap selalu bisa melihat sisi lain dari dunia dan bisa berbagi pengalaman serta dapat memberikan inspirasi kepada semua orang yang membutuhkan.

Editor

une femme libre

CLOSE