Kuliah di Masa Pandemi Begitu Membosankan? 5 Aplikasi Wajib Dimiliki Mahasiswa yang Tugasnya Numpuk

Pernahkah kamu merasa kuliah di masa pandemi Covid-19 begitu membosankan? Kamu tidak sendirian! Banyak orang merasakan hal yang sama denganmu. Kondisi ini seharusnya menngajarimu lebih fleksibel agar tidak mudah lelah menjalani kuliah. Kamu tetap boleh berselancar di media sosial, download instagram video kocak dan ditonton berulang kali, lalu kembali belajar. Tumpukan tugas kuliah online memang seperti tiada habisnya dan seringkali membuat jiwa ragamu lelah. Semua perasaan yang kamu rasakan valid kok. Namun, kamu harus menyadari bahwa di masa seperti ini bukan hanya bagian akademis saja yang harus diperhatikan, tetapi psikologismu sebagai mahasiswa juga! 5 rekomendasi aplikasi di bawah ini akan membantumu menjalani kuliah dengan efisien dan rileks di masa pandemi!

Advertisement

1. Todoist

Google Play/Todoist Apps

Google Play/Todoist Apps via https://play.google.com

Sebagai mahasiswa dengan segudang rutinitas, sangat penting untuk mengatur waktu agar tidak kewalahan mengurus segala hal. Kamu perlu mengetahui skala prioritasmu terlebih dahulu agar bisa mendahulukan tugas yang harus diselesaikan sekarang atau nanti. Untuk membantumu mengatur segala prioritas kuliah, kamu bisa menggunakan aplikasi Todoist. Aplikasi ini berfungsi sebagai asisten yang merencanakan to-do list online untuk kamu! Todoist memiliki fitur untuk memprioritaskan tugas kamu dengan level prioritas, mengingatkan deadlines tugas atau aktivitas lainnya yang harus dikerjakan, membantumu membangun kebiasaan yang akan bertahan lama, dan juga melacak kemajuanmu dengan tren produktivitasmu yang dipersonalisasi. Selain itu, aplikasi ini juga terintegrasi dengan alat-alat penting di smartphone mu seperti Gmail, Google Kalender, Slack, Amazon Alexa, dan lainnya.

2. Ahasave Instagram Downloader

ahasave.com

ahasave.com via https://www.ahasave.com

Setelah menyelesaikan tugas kuliah, kamu bisa rehat sejenak sambil melakukan hal ringan seperti menonton video atau melihat gambar lucu di media sosial seperti Instagram. Menonton konten lucu dan kreatif di Instagram bisa memicu ketawa. Menurut penelitian aktivitas sederhana seperti ketawa memiliki manfaat besar bagi tubuh lho, misalnya meningkatkan daya tahan tubuh. Kamu bisa menyimpan konten-konten kesukaanmu dan menontonnya berulang kali secara offline agar kegiatan bermedia sosial bisa lebih efisien. Instagram downloader ini memiliki fitur untuk mengunduh foto profil, foto dan video dari feeds, stories, serta highlights dari akun Instagram.

Advertisement

3. Urban Dictionary

urbandictionary.com

urbandictionary.com via https://www.urbandictionary.com

Bosen belajar mata kuliah itu-itu saja? Itu tandanya kamu harus mencari hal baru. Kamu bisa mencari hal baru melalui menggali potensi dirimu. Di era globalisasi ini sangat penting untuk meningkatkan kompetensi linguistik atau kebahasaan. Nggak usah bingung mau belajar dari bahasa negara mana dulu. Kamu bisa mulai dengan bahasa internasional yaitu bahasa Inggris. Belajar bahasa bisa dimulai dengan memahami kosakata. Aplikasi Urban Dictionary merupakan aplikasi kamus online gratis. Berbeda dengan kamus bahasa Inggris online lainnya, Urban Dictionary tidak menyuguhkan kosakata yang diterjemahkan secara literally atau harafiah, tetapi menjelaskan suatu kata dan frase dengan kalimat bahasa Inggris yang mudah dipahami. Selain itu, kamu juga bisa menemukan makna slang atau kata kekinian bahasa Inggris yang dapat meningkatkan kefasihan berbahasa kamu! Nggak ada kata terlambat untuk belajar apapun. Asal ada niat, kamu pasti bisa!

4. Sleep Sounds – Relax & Sleep, suara Santai

Google Play/ Sleep Sounds

Google Play/ Sleep Sounds via https://play.google.com

Kapan terakhir kali kamu dapat tertidur tenang? Baca sambil bernada? It’s okay, penggalan lagu Hindia berjudul Secukupnya itu memang relate banget dengan kebanyakan mahasiswa yang susah tidur tenang karena banyaknya deadline tugas. Seringkali distraksi oleh tugas kuliah, stres, serta overthinking malam-malam membuatmu semakin sulit untuk tidur, bahkan tak jarang banyak mahasiswa mengalami insomnia karena distraksi tersebut. Aplikasi Sleep Sounds ini dapat membantu meredakan insomnia, kecemasan, stres, serta memperbaiki mood dan daya fokusmu. Aplikasi ini menyediakan fitur berbagai suara, mulai dari suara ombak, hutan, dan sebagainya untuk membantumu lebih rileks. Aplikasi ini juga dapat menjadwalkan pengatur waktu tidur untuk menghentikan suara secara otomatis. Aplikasi ini bisa digunakan secara offline, jadi kamu tidak akan terganggu dengan notifikasi aplikasi lain pada smartphone kamu. Tugas kuliah memang penting, tapi tidur juga nggak kalah penting lho!

5. Paraphraser: Reword your text

Google Play/ Paraphraser: Reword your text

Google Play/ Paraphraser: Reword your text via https://play.google.com

Makalah, esai, atau karya tulis ilmiah lainnya sudah menjadi makanan sehari-hari bagi para mahasiswa. Mahasiswa dituntut membuat karya tulis orisinil dan menggunakan pedoman bahasa yang baik dan benar. Namun, banyak mahasiswa mengeluh karena tugas menulis yang terlalu banyak dan mengharuskan mereka memeriksa pedoman bahasa yang ribet dan membosankan. Aplikasi Paraphraser ini membantumu menyelesaikan tugas dengan cepat dan tepat! Aplikasi Paraphraser merupakan aplikasi yang memparafrasekan (menulis ulang) suatu teks, memeriksa kemungkinan plagiarisme dan menyelesaikan masalah tata bahasa dari teks yang kamu tulis. Sebagai hasilnya, kamu bisa mendapatkan teks baru dari beragam karya tulis ilmiah atau teks apapun yang kamu butuhkan. Apps ini didukung dengan 6 bahasa berbeda yang memungkinkan kamu mengerjakan tugas variatif dengan cara kreatif.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE