Kalau dengar kata LDR alias long distance ralationship atau hubungan jarak jauh, pasti kebanyakan orang bilangnya capek, makan hati, atau mungkin ada yang cuma sekadar tarik nafas. Aku sendiri sedang menjalani hubungan jarak jauh, tepatnya sudah hampir 6 tahun. Kalau ditanya rasanya bagaimana, aku cuma bisa bilang aku menikmatinya. Kok bisa ya?

Di awal memang susah, tapi lama-lama pun terbiasa sendiri. Dan 6 tahun bukan waktu yang sedikit dan bukan nggak mungkin nggak ada masalah, banyak sekali yang sudah terjadi, dari pertengkaran kecil sampai yang akhirnya pernah membuat hati ini ragu, tapi  menurutku itu sesuatu yang wajar, apalagi hubungan jarak jauh yang godaannya pasti 100 kali lipat dari pada hubungan yang setiap kali kamu bilang rindu pasangan kalian bisa dengan cepatnya nongol di depan pintu.

Beban itu sendiri justru lebih sering datang dari lingkungan sekitar, misalnya teman sendiri nyuruh buat mikir dan jadi ragu sama pasangan, ditambah lagi kalau ketemu mama, bahkan keluarga yang selalu nanyain “si pacar mana?”

Kesal jelas, tapi ya dianggap angin lalu saja. Karena yang tahu hubungan kita seperti apa kita sendiri, biarkan saja mereka jadi penonton, masuk kuping kanan dan keluarin kuping kiri. Nah, karena alasan itu, aku ingin berbagi kunci sukses sepele buat kalian yang sedang berada di hubungan LDR. Kenapa aku bilang receh? Karena mungkin cuma aku yang melakukan hal ini. 🙂

1. Percaya

https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjm6KWfirHgAhUGaI8KHeDIDq4Qjhx6BAgBEAM&url=https%3A%2F%2Fkumparan.com%2Ftandaseru-tv%2Ftanda-sahabat-jadi-cinta-anugerah-atau-musibah-ya&psig=AOvVaw3b3ZNUHeR994iXCOnLWrB0&ust=1549884859233560

https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjm6KWfirHgAhUGaI8KHeDIDq4Qjhx6BAgBEAM&url=https%3A%2F%2Fkumparan.com%2Ftandaseru-tv%2Ftanda-sahabat-jadi-cinta-anugerah-atau-musibah-ya&psig=AOvVaw3b3ZNUHeR994iXCOnLWrB0&ust=1549884859233560 via https://kumparan.com

Saling percaya adalah kunci paling utama dalam hubungan LDR, karena sebesar  apapun cintamu ke si dia, kalau nggak ada yang namanya  saling percaya, sama saja bohong guys.

Siapa sih, yang mau setiap saat harus dicurigain? Yang ada nih hubungan kalian belum setengah jalan sudah bubar aja tuh Makanya  itu saling percaya, nggak harus seratus persen full guys. 70% banding 30% sih sah-sah aja, menurutku yang 30% perlu juga supaya setiap pasangan selalu merasa was-was, tapi dengan syarat kamu harus bisa menjaga atau mengendalikan setiap rasa curiga yang kamu miliki, jangan sampai jadi bumerang buat hubungan kalian ya guys. Aku pribadi sering buat si dia merasa ada saingan, tapi selalu berhasil buat perhatian dia makin intens dan lebih peduli dari biasanya.

Tapi aku nggak saranin, ya kawan-kawan. Beda individu beda isi kepala, beda hati juga.

 

2. komunikasi

https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&ved=2ahUKEwjarqfukLHgAhWUTn0KHVbnBf8Qjhx6BAgBEAM&url=https%3A%2F%2Fwww.bukangosip.com%2Flist%2Fbete-ya-pacar-nggak-mau-diajak-teleponan-pahami-dulu-7-alasannya-share-dan-bagikan&psig=AOvVaw1pWpawZ-1vFgVJdmS2o_E7&ust=1549886888777552

https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&ved=2ahUKEwjarqfukLHgAhWUTn0KHVbnBf8Qjhx6BAgBEAM&url=https%3A%2F%2Fwww.bukangosip.com%2Flist%2Fbete-ya-pacar-nggak-mau-diajak-teleponan-pahami-dulu-7-alasannya-share-dan-bagikan&psig=AOvVaw1pWpawZ-1vFgVJdmS2o_E7&ust=1549886888777552 via https://www.google.com

Menurut aku  yang harus selalu kalian pertahanin adalah komunikasi.

komunikasi  adalah hal yang paling harus kalian jaga, usahain buat selalu telepon atau chatting zaman sekarang mah gampang ya guys. Jangankan chatting, lihat wajahnya langsung aja juga udah bisa.

Ada yang bilang sih jangan sering-sering komunikasi, ntar cepat bosan, tapi yang aku alamin sendiri sih selalulah komunikasi, jangan pernah melewatkan sehari pun untuk tidak  memberi kabar. Karena kebiasaan yang selalu memberi kabar itu  membuat si dia merasa kehilangan, di saat seperti itulah kerinduan bakalan tumbuh, guys.

 

3. Bergantung

https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&ved=2ahUKEwiQmISoibHgAhXBQY8KHZYFBgsQjhx6BAgBEAM&url=http%3A%2F%2Fberita.baca.co.id%2F18593708%3Ffrombaca%3D1&psig=AOvVaw3b3ZNUHeR994iXCOnLWrB0&ust=1549884859233560

https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&ved=2ahUKEwiQmISoibHgAhXBQY8KHZYFBgsQjhx6BAgBEAM&url=http%3A%2F%2Fberita.baca.co.id%2F18593708%3Ffrombaca%3D1&psig=AOvVaw3b3ZNUHeR994iXCOnLWrB0&ust=1549884859233560 via https://www.google.com

Buatlah si dia bergantung sama kalian, bergantung bukan dalam artian kalau nggak ada kalian dia nggak bisa ngapa–ngapain, tapi buatlah si pacar kalian untuk selalu mencari kalian dengan cara selalu ingetin mereka sama hal-hal yang biasa mereka lakuin.

Nah hampir sama dengan poin yang di atas, misalnya nemenin mereka berangkat atau pulang kerja,  nemenin mereka di perjalan dengan memberi pertanyaan–pertanyaan kecil seperti sudah sampai atau belum,  terus ingatin dia  buat  makan. So, ketika kalian  nggak ada kabar sehari, otomatis tuh si pacar bakalan nyariin.

4. Melibatkan Diri

https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjPlJG7jLHgAhUDXisKHQHUCqQQjhx6BAgBEAM&url=https%3A%2F%2Fhellosehat.com%2Fhidup-sehat%2Fseks-asmara%2Fmanfaat-pacaran%2F&psig=AOvVaw3zfpa6qBKfmUUeM1mnMlG2&ust=1549885610650075

https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjPlJG7jLHgAhUDXisKHQHUCqQQjhx6BAgBEAM&url=https%3A%2F%2Fhellosehat.com%2Fhidup-sehat%2Fseks-asmara%2Fmanfaat-pacaran%2F&psig=AOvVaw3zfpa6qBKfmUUeM1mnMlG2&ust=1549885610650075 via https://www.google.com

Selalu libatin diri kalian dalam setiap cerita kehidupan si dia dari hanya sekedar dengar cerita tentang teman sampai masalah-masalahnya. Beri pendapat  ketika dia meminta,  beri dukungan ketika dia membutuhkannya.

Nah masalah memberi dukungan guys, seorang pria akan merasa dirinya dianggap dan disayangin oleh pacarnya ketika si wanitanya memberi dukungan atas setiap tindakan yang mereka lakukan, tapi katakan baik jika baik katakan buruk jika memang buruk. Cobalah selalu berkata jujur di setiap kondisi yang sedang terjadi. Dengan begitu dia akan berpikir kamu yang terbaik. Jempol kan guys!

 

5. Saling terbuka

https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwiwoKLCjbHgAhWadH0KHcehA4QQjhx6BAgBEAM&url=http%3A%2F%2Fbogor.tribunnews.com%2F2016%2F08%2F14%2F6-alasan-pentingnya-mengenalkan-pacar-ke-orang-tua-nomor-5-sering-buat-wanita-kesal%3Fpage%3Dall&psig=AOvVaw0qNOH1ybm2o6VsYh8SLrZN&ust=1549885899347444

https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwiwoKLCjbHgAhWadH0KHcehA4QQjhx6BAgBEAM&url=http%3A%2F%2Fbogor.tribunnews.com%2F2016%2F08%2F14%2F6-alasan-pentingnya-mengenalkan-pacar-ke-orang-tua-nomor-5-sering-buat-wanita-kesal%3Fpage%3Dall&psig=AOvVaw0qNOH1ybm2o6VsYh8SLrZN&ust=1549885899347444 via https://www.google.com

Cobalah selalu terbuka, salah satu kunci yang menurut aku cukup penting adalah keterbukaan kita dalam hal apa pun itu, karena ketika kita sudah terbuka kepasangan kita dan begitu juga sebaliknya, dari sana kita akan melihat si pasangan kita ini mau nggak sih menerima kita, baik dari segi baiknya kita, maupun dari segi buruknya kita.

Jangan pernah jaim guys. Capek! Lebih enak saling terbuka, jujur, dan apa adanya kamu. Ketika masalah datang, kalian akan bisa menyelesaikannya dengan mudah, karena udah saling terbuka.

Ngambek-ngambekkan, saling diam, nggak ada tuh. Jadi semuanya bakalan lebih gampang untuk diselesaikan, karena nggak ada yang ditutup-tutupin.

6. Jangan percaya kata orang

https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwis0I2Fj7HgAhVZXisKHWOiDTwQjhx6BAgBEAM&url=https%3A%2F%2Fwww.vebma.com%2Fkesehatan%2Ffakta-bahaya-berbisik%2F34507&psig=AOvVaw0H5lPAmHqlMsO5md3l9-oZ&ust=1549886398914776

https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwis0I2Fj7HgAhVZXisKHWOiDTwQjhx6BAgBEAM&url=https%3A%2F%2Fwww.vebma.com%2Fkesehatan%2Ffakta-bahaya-berbisik%2F34507&psig=AOvVaw0H5lPAmHqlMsO5md3l9-oZ&ust=1549886398914776 via https://www.google.com

Baik  itu teman bahkan sahabatmu sendiri. Pertanyaannya memang kenapa?

Dengar pendapat orang sah-sah saja, tapi jangan jadikan keputusan akhirmu karena yang tahu dan pahami sifat, watak, bahkan mungkin hatinya adalah kamu sendiri. Jangan biarkan orang lain menilai, orang hanya melihat dari sisimu saja tanpa tahu kebenarannya seperti apa, jangan  sampai  penyesalan datang terlambat ya!

 

7. beri kejutan

https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjgn9vEj7HgAhWEe30KHceeCG8Qjhx6BAgBEAM&url=https%3A%2F%2Fthayyiba.com%2F2016%2F01%2F06%2F3376%2Fketika-suami-mengetuk-pintu-rumah%2F&psig=AOvVaw2xmnYd2GnJPDnebSE6T1Qv&ust=1549886551513729

https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjgn9vEj7HgAhWEe30KHceeCG8Qjhx6BAgBEAM&url=https%3A%2F%2Fthayyiba.com%2F2016%2F01%2F06%2F3376%2Fketika-suami-mengetuk-pintu-rumah%2F&psig=AOvVaw2xmnYd2GnJPDnebSE6T1Qv&ust=1549886551513729 via https://www.google.com

Sekali-kali boleh dong kasih kejutan dengan jumpain  si dia,  tapi aku nggak saranin ini sih buat kalian yang jarak tempuhnya yang sangat jauh. Selagi masih bisa dan merasa mampu, silakan saja, nggak ada salahnya juga kan guys,  jumpain sang pujaan hati yang sudah lama ngak ketemu.

 

8. Jangan sering bilang kangen

https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjI5KXZkbHgAhVKpY8KHczSCv4Qjhx6BAgBEAM&url=http%3A%2F%2Fwww.gadis.co.id%2Fcinta-melulu%2Fyuk-bikin-obrolan-bareng-pacar-di-telepon-nggak-membosankan-&psig=AOvVaw1pWpawZ-1vFgVJdmS2o_E7&ust=1549886888777552

https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjI5KXZkbHgAhVKpY8KHczSCv4Qjhx6BAgBEAM&url=http%3A%2F%2Fwww.gadis.co.id%2Fcinta-melulu%2Fyuk-bikin-obrolan-bareng-pacar-di-telepon-nggak-membosankan-&psig=AOvVaw1pWpawZ-1vFgVJdmS2o_E7&ust=1549886888777552 via https://www.google.com

Aku bilang jangan sering bilang rindu disini biar kata rindunya ada maknanya guys, dan nggak buat si pacar kalian itu terbiasa dengar kata rindu dari kalian dan membuat maknanya biasa aja.

Cukup ucapkan sesekali dikala rindu itu memang udah tidak bisa dibendung lagi, biar berasa nyeseknya sama romantisnya. Jadi si dia juga bisa pahamin maksud kata itu yang mungkin saat itu dia juga lagi rasain. Biasanya kalau udah saling bilang rindu bakalan ada tuh momen di mana kalian flashback ke masa–masa romantis kalian, pasti cintanya makin kuat.

Itu dia 8 kunci sukses receh dari aku buat si pejuang LDR yang aku sendiri udah laluin 6 tahun guys, aku nggak tahu ini benar–benar berhasil di kalian, tapi  semoga bisa  menghibur  kalian yang juga lagi berjuang.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya