#HipweeDaebak-7 Lagu BTS yang Menginspirasi Tentang Meraih Impian.

Inspirasi dan Motivasi

Kalian pernah nggak sih, ngerasa down mikirin IPK atau nilai ujian di sekolah yang kadang nggak sesuai sama ekspektasi kita? Terkadang kalau semua nilai di sekolah turun atau ada masalah, menyerah terhadap impian adalah hal yang tidak mungkin untuk tidak terlintas dalam pikiran kita. Namun menyerah bukan kata yang tepat disaat orang yang kita idolakan mengajarkan kita untuk tetap maju dan tak menyerah pada impian. Toh, jatuh dan terluka adalah hal yang biasa dalam hidup bukan?

Nah, buat fansnya BTS atau biasa dipanggil ARMY yang berhasil memenangkan kategori Best Fandom pada Power Summer Awards 2020 dan mengalahkan banyak musisi dunia dengan fans mereka yang bisa dibilang tidak sedikit, author udah ngerangkum beberapa lagu mereka yang menginspirasi kita dalam meraih mimpi. ARMY sejati pasti tahu betul perjuangan mereka dalam mencapai semua impian mereka bukan? Ya. dalam benak ARMY, BTS adalah salah satu perwujudan nyata dari kalimat from zero to hero.

Check it out, ARMY!

Advertisement

1. N.O

Photo by IMDb

Photo by IMDb via https://www.imdb.com

Rumah bagus, mobil bagus, akankah barang-barang ini membawa kebahagiaan? Akankah orang tua benar-benar bahagia?

Tak ada mimpi, tak ada waktu untuk istirahat. Kami menjalani kehidupan yang sama dan harus menjadi nomor satu. Bagi kami ini seperti hidup diantara mimpi dan dunia nyata.

Akankah kita bahagia? Akankah orangtua benar-benar bahagia dengan semua itu sementara kita terus belajar tanpa henti hingga melukai diri sendiri. Bukankah letak kebahagiaan justru tak terlihat? Kenapa mendefinisikan kebahagiaan sebagai orang yang memiliki kemewahan dan uang yang banyak. Apakah kebahagian benar berwujud materi? Diluar sana masih banyak orang bahagia bahkan tanpa semua materi itu.

Advertisement

Siapakah yang membuat kita belajar seperti mesin? Mereka mengklasifikasikan kita sebagai  si nomor satu atau si gagal. 

Orang-orang dewasa mengatakan kepadaku kalau penderitaan ini hanya sementara.

Orang-orang dewasa bilang kalo kita mendapatkannya dengan mudah, Mereka bilang kebahagian kita melebihi porsi kita. Kalau begitu bagaimana kau menjelaskan ketidakbahagiaanku?

Belajar seperti mesin adalah mereka yang belajar tanpa henti dan tanpa kenal lelah hingga tak mampu lagi membedakan antara mimpi dan dunia nyata. Jika kau tak belajar dan tak menempati posisi nomor 1 di sekolah, maka kau diklasifikasikan sebagai orang yang gagal dan kalah oleh mereka. Mereka (orang dewasa) selalu berpikir bahwa kehidupan kita lebih baik dari masa mereka, kita mendapat pendidikan yang layak dengan situasi yang lebih baik.

Advertisement

Namun bukankah itu akan setimpal dengan ketidakbahagiaan yang didapatkan? Semakin layak sebuah sekolah, semakin tinggi standar sebuah sekolah, semua akan sejalan dengan persaingan yang semakin berat bahkan dengan teman sebangku. Saat kau gagal di tempat itu, kau akan jatuh dengan rasa luka yang jauh lebih menyakitkan daripada masa mereka.

Jangan terperangkap dalam mimpi orang lain.

Ini adalah poin penting. Terperangkap dalam impian orang lain. Mungkin orangtua kita yang menginginkan anaknya menjadi dokter, polisi, atau arsitek sementara tak pernah terlintas impian itu bahkan dalam pemikiran kita sejak kecil. Namun orangtua mengikat anak mereka pada sebuah impian yang mereka impikan namun tak pernah Sang Anak impikan. Bergeraklah! Jangan terperangkap pada impian orang lain.

2. No More Dream

Photo by KpopChart

Photo by KpopChart via https://images.app.goo.gl

To all the youth without dreams.
Untuk semua remaja tanpa mimpi.

Ini adalah part paling terakhir di lagu No More Dream. Ya. Lagu ini memang ditujukan untuk para remaja yang kehilangan impian atau tak punya impian atau bahkan tak pernah berpikir untuk memiliki impian.

Hei kau, apa mimpimu? Apa itu semua adalah mimpimu?

Nah, kalau yang ini intro lagunya. Apa impianmu?

Aku benar-benar lupa dengan masa kecilku ketika aku punya banyak mimpi.

Saat kecil kita bermimpi tentang menjadi astronot yang menjelajahi angkasa atau dokter yang menyelamatkan ribuan nyawa atau juga militer yang membela negara. Apakah impian itu masih ada hingga saat ini? Apakah kau mencapainya, impian masa kecil? Atau semua impian itu menghilang saat ini?

Tanyakan pada dirimu jika kau pernah bekerja keras untuk apapun. Tanyakan pada dirimu sendiri tentang profil mimpimu.

Apakah kau pernah bekerja keras untuk impianmu? Apakah kau pernah bekerja keras bahkan untuk hal lain? Bukankah pertanyaan ini adalah yang cukup rumit untuk dijawab?

Orang dewasa dan orang tuaku terus menanamkan mimpi terbatas padaku. Karir nomor satu di masa depan adalah bekerja di pemerintahan?

Masih menyertakan impian pemberian orangtua pada lirik lagu mereka. Tapi bukankah di seluruh dunia ini bekerja di pemerintahan adalah pekerjaan yang menjamin meskipun itu bukan impianmu? Bagaimana kalau jadi PNS?

Tidak tahu bagaimana untuk hidup. Tidak tahu bagaimana untuk terbang. Tidak tahu bagaimana untuk memutuskan. Tidak tahu bagaimana untuk bermimpi sekarang.

Dilema kebanyakan remaja, bukan?

3. Dream Glow (Feat. Charli XCX)

Photo by @sugxrbunni on We Heart it

Photo by @sugxrbunni on We Heart it via https://weheartit.com

Terkadang saya berhenti dan menatap

Ikuti mimpiku di sana

Cahaya mimpi

Terkadang mimpi saya menjadi kenyataan

Terkadang mereka berubah menjadi biru

Mimpi saya adalah untuk tinggal di sini

Saya tidak akan menyerah pada Dream Glow

Yang pernah main game BTS World ataupun yang punya albumnya pasti tahu lagu ini. Dream Glow adalah OST game BTS World yang dirilis tahun 2019 kemarin. Lumayan berat banget gamenya, butuh ekstra internal memory yang banyak buat bisa mainin game ini. For sure, ini salah satu lagu tentang impian dan yaa, Saya tidak akan menyerah pada Dream Glow.

4. Not Today

Photo by Billboard

Photo by Billboard via https://www.billboard.com

Untuk semua orang di seluruh penjuru dunia yang merasa diremehkan
Akan ada waktunya di mana kita akan kalah
Tapi waktunya bukan hari ini
Hari ini kita berjuang!

Jika kamu tidak bisa terbang, larilah
Hari ini kita akan bertahan
Jika kamu tidak bisa lari, berjalanlah
Hari ini kita akan bertahan
Jika kamu tidak bisa jalan, merangkaklah
Meski kamu harus merangkak, bersiaplah
Arahkan, bidik, tembak!

Lagu Not Today ini sebenarnya lebih ke arah sindiran atau tamparan buat haters sih. Tapi coba deh denger lagunya, pahamin maknanya, nonton mv nya pasti bakal bikin semangat ikutan membara pas lagi down. Omongan haters, ujaran kebencian haters yang tujuannya buat jatuhin BTS malah dipake balik buat manasin haters di lagu ini. Ini bisa menjadi contoh yang inspirasional buat kita yang ingin meraih impian namun masih ragu karena tanggapan orang lain tentang impian. Mereka ingin kita jatuh, ya kita akan jatuh, tapi tidak hari ini. Hari ini kita akan berjuang!

5. Tomorrow

Hari yang sama, bulan yang sama, 24/7 setiap saat berulang hidupku berada diantaranya. Si pengangguran berumur dua puluh-berapa yang takut akan hari esok

Ini lucu, kamu memikirkan sesuatu, mungkin saat kamu masih kecil. Saat kamu merasakan betapa bertambah beratnya hari demi hari.

Dan kamu terus seperti “Kontrol” ketukan, tetaplah mendownloadnya. Setiap hari adalah ulangan dari ctrl+c dan ctrl+v.

Jalan yang harus kulalui masih panjang, Tapi mengapa aku berlari di tempat? Aku berteriak karena frustasi tetapi udara yang kosong menggema. Aku harap hari esok akan berbeda dari hari ini. Aku hanya berharap.

Ikuti mimpimu seperti penghancur. Bahkan jika mimpimu hancur, jangan pernah berlari ke belakang, jangan pernah.

Jangan melupakan dirimu saat ini. Dimanapun dirimu saat ini, kamu hanya sedang beristirahat. Jangan menyerah

Jangan menjadi terlalu jauh, Tomorrow

Hidup bukanlah tentang hidup panjang, tetapi bagaimana untuk bertahan hidup. Meski kamu bertahan hidup, kamu tetap akan menghilang suatu saat nanti.

Jika kamu terus melamun, kamu akan terbuang. Jika kamu tak punya nyali, percayalah itu semua hanya akan menjadi hari kemarin, ngomong-ngomong, apa gunanya?

Aku ingin menjadi bahagia dan kuat tetapi mengapa aku melemah? Kemana aku pergi? Aku pergi kesini dan kesana tapi tetap kembali lagi di sini. Mungkin aku akan mengalir ke suatu tempat, apakah rintangan ini ada ujungnya?

Ini bukanlah ‘stop’, tapi hanya sebuah ‘pause’ di hidupmu untuk beristirahat. Angkat jempolmu dan tekan tombol ‘play’, sehingga semua orang bisa lihat.

Tomorrow merupakan salah satu lagu yang ada di dalam album Skool Luv Affair. Lagu ini menyampaikan pesan bahwa tak apa untuk lelah dan jatuh, namun jangan pernah menyerah terhadap impianmu. Karena rasa lelah dan jatuh merupakan sebuah jeda dan tak apa untuk berhenti sejenak dan berharap esok yang lebih baik.

6. Dope

Photo by Twitter @melodiary_store

Photo by Twitter @melodiary_store via https://twitter.com

Aku bekerja sepanjang malam, setiap hari sementara kau bermain di klub.

Jangan pernah menyerah, kau tau bahwa kau tak sendiri

Bangunkan masa mudamu yang terlelap

Ini adalah Bangtan style, setiap hari isinya kerja keras. Aku harus menjadikannya berapi-api. Aku harus mencapainya, aku harus mencapainya.

7. ON

Photo by iBigHit

Photo by iBigHit via https://ibighit.com

Terasa sakit

Itu akan menjadi darah dan dagingku. Tidak takut, sekarang aku tahu jalannya. Bernapaslah pada hal-hal kecil. Kekuatan dari hal-hal yang membuatku, “aku”. Bahkan jika aku jatuh, aku langsung berdiri, menjerit. Begitulah cara kami sejak dulu. Bahkan jika lututku jatuh ke tanah, selama mereka tidak dimakamkan, itu tidak masalah.

Menangkan apa pun yang terjadi

Apa pun yang kamu katakan, apa pun yang mereka katakan

Tidak bisa menahanku karena kamu tahu aku seorang pejuang

ON adalah tittle track dari album terbaru mereka MAP OF THE SOUL : 7 di mana tahun ini merupakan tahun ke 7 mereka bersama sebagai 7 member BTS.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE