Kita ini hidup di dunia ga sendirian sob, ada yang namanya pasangan, keluarga, tetangga, dan orang lain. Kamu juga hidup ga mungkin bisa ngelakuin sendiri, kamu pasti butuh bantuan orang lain. Kamu butuh oorang tua buat bombing kamu, kamu butuh orang lain buat bantu masang genteng, kamu butuh temen buat ngerjain PR, dan kamu butuh pasangan buat beranak.

Tapi kita juga dituntut buat bisa ngasih sesuatu yang berguna buat orang lain, ga Cuma terima enaknya doang. Kalo kamu hidup Cuma terima bantuan orang lain padahal fisik kamu sempurna, kamu ga bakal sadar kalo sebenernya kamu lagi ngearahin hidup kamu ke jurang kegagalan. Kamu gagal jadi manusia.

Nah supaya kamu bisa lebih dihargai dan bahkan bisa lebih disegani di lingkungan social, kamu bisa nerapin hal-hal kecil ini. Dengan catatan, kamu mampu dan bisa buat ngelakuinnya. 

 

1. Setelah minta bantuan teman, balas traktir makan.

Yang namanya hidup bersosial, ga mungkin banget kita ga minta bantuan orang lain. Masalahnya, karena status yang dimintain tolong itu Cuma temen, ga jarang kita ga ngasih apa-apa buat tanda terimakasih. Yaa paling banter Cuma salaman sama senyum doang.

Buat kamu yang nyadar, pilihan paling bijak buat ngucapin tanda terimakasih itu bisa dengan nraktir dia makan. So simple, ga banyak basa basi, dia juga bakal seneng toh :)

2. Kalau meminjam hutang, usahakan agar cepat dilunasi.

bayar hutang

bayar hutang via http://www.wisegeek.com

Seberapa sering kita ngutang? Mungkin anak kost yang (maaf) pas-pasan bisa dibilang jarang absen buat yang satu ini. Nyambung hidup emang ga gampang, apalagi kalo duit pas-pasan. Udah pasti jalan satu-satunya minjem ke temen, bukan sekali dua kali. Tapi apa kita yang sering minjem duit ke temen nyadar, kalo dia sebenernya agak risih kita terus-terusan dipinjemin duitnya apalagi kita balikinnya lama?

Mungkin aja dia sebenernya butuh tuh duit, tapi ga enak buat nagih ke kita. So, buat yang punya hati kalo bisa jangan lama-lama balikinnya ya kalo minjem uang ke temen.

3. Rapikan tempat tidur sendiri setelah menginap di rumah teman.

rapihin dong

rapihin dong via http://bigthink.com

Bukan Cuma alesan main doang kita sampe nginep di rumah temen, kadang persoalan tugas bisa jadi sebab. Kadang kita seenaknya tidur di sembarang tempat, bahkan mungkin di kasur pribadi temen kita. Tapi sedeket-deketnya kita dengen temen, yang sampe rela tiap 2 hari sekali rumahnya jadi tempat persinggahan, ada baiknya kita beresin lagi tempat kita tidur tadi.

Hargai tuan rumah yang udah mau ngasih tumpangan kita tidur dengan balas ngerapiin tempat tidur kita. Dengan gitu, si tuan rumah ga akan pernah protes mau seberapa sering kita ngenep di rumahnya. 

4. Jangan bertengkar dengan pasangan di tempat umum.

bertengkar di tempat umum

bertengkar di tempat umum via http://www.koesriantono.com

Dalam hubungna cewek cowok, pasti ada namanya rebut-ribut. Mau urusan pribadi, urusan tugas kampus, urusan jatah malam minggu (loh), dan sebagainya. Semua orang punya hak buat nyelesein urusan dengan pasangannya, bisa itu secara halus, atau mungkin kudu berantem dulu baru selesai.

Tapi kalau sampe kalian berantem, usahain jangan di tempat umum, kasian orang-orang bakal bingung liat kalian. Yang ada ntar si cowo digerebek polisi gara-gara tuduhan KDRT. Ga mau kan? Jadi usahain kalo emang sampe berantem tahan dulu sampe di tempat sepi okay :D

5. Kalo ada yg masakin, bantu dengan cuci piring.

cuci piring

cuci piring via http://stock-clip.com

Kalo kamu diundang temen buat makan ditempatnya, bisa ditebak kamu ga butuh mikir dua kali buat nerima ajakan dia. Tapi kalo udha urusan beres-beres, pasti paling jago ngeles. Harusnya, kalo kamu diundang buat makan d rumah temen, kamu bantuin beresin sekalian bantu cuci piring bekas pakai.

Ya itung-itung sebagai tanda terima kasih kamu atas jamuan makan yang udah disediain tuan rumah. Masa sih kamu udah enak diundang makan, tinggal makan, tapi pas udah selesai langsung pulang.

6. Pakailah headset kalau main game/nonton video di depan umum.

pakai headset

pakai headset via http://semcblog.com

Kamu pernah ga ngerasa keganggu kalo lagi musim hajatan? Keganggu dengan suara musik dangdut koplo yang ga brenti-brenti? Itu juga yang orang lain rasain kalo kamu maen game atau nonton video di depan umum tapi volumenya digedein.

Orang lain pasti ngerasa keganggu dengan suara berisik yang keluar dari gadget kita, masih untung orang yang keganggu Cuma ngeliatin doang, barang kali aja tu orang lagi sakit perut nahan BAB tiba-tiba denger musik kenceng. Bisa abis kamu..

7. Jangan menggunakan speaker jika menelfon di depan umum.

speaker yang mengganggu

speaker yang mengganggu via http://www.sendbusinesscentre.co.uk

Ini juga kasusnya hampir sama kaya yang diatas, Cuma ini urusannya lebih personal. Buat kamu yang udah nonton Captain America: The Winter Soldier pasti inget kata-kata agent Romanoff yang satu ini :”ciuman di depan umum membuat orang lain tidak nyaman”.

Nah sama aja kalo kamu nelfon di depan umum dan ga ada alesan tertentu kamu pake speaker. Orang di sekitar kamu pasti ngerasa ga nyaman dengan obrolan kamu, apalagi kalo udah mesra-mesraan. yakhh....

8. Jangan bongkar seenaknya kalau meninjam laptop/ hp teman.

bongkar seenaknya

bongkar seenaknya via http://www.nydailynews.com

Ini salah satu yang penting banget yang ada di list ini, apalagi buat para JONES. Mungkin kalo orang baik-baik isi laptopnya juga ga ada yang mecem-macem. Tapi buat para JONES, bukan ga mungkin isi foldernya berinisial “3gp” yang buat para cewek tabu dibuka.

Yaa ngerti lah, kalo kamu minjem laptop temen jangan seenak jidat bongkar ngacak-ngacak isi folder. Kalo di tempat umum ada namanya smoking area, nah kalo di laptop/PC ada namanya private area. So, jangan macem-macem ya kalo dipinjemin laptop sama temen.

9. Segera kembalikan barang yang dipinjam.

segera kembalikan

segera kembalikan via http://heatonlrc.weebly.com

Problem ini kebanyakan biasanya dialamin sama penghuni kosan, soalnya ada peraturan ga tertulis yang biasanya diterapin di kosan-kosan tertentu tentang barang pribadi yaitu satu untuk semua. Jadi jangan heran kalo ada temen kamu yang udah berbulan-bulan minjem barang kamu tapi ga dibalik-balikin juga, udah pasti dia kejebak sama tuh aturan.

Tapi sebagai penghuni kos yang baik dan berbudi, mbok ya balikin barang yang udah kita pinjem, ya munkin temen kamu diem-diem aja tapi waspada aja di dalem hatinya udah dongkol sama kamu tuh haha.

10. Isilah kembali bensinnya setelah meminjam kendaraan orang lain.

isi kembali bensin.

isi kembali bensin. via http://www.theantdaily.com

Salah satu masalah klasik juga buat kamu yang punya kendaraan. Bukannya mau ngajarin politik balas budi, tapi kamu bisa mikir kalo yang namanya minjem kendaraan tuh kamu sebenernya udah dapet 3 macem keuntungan. Kamu ada kendaraan, ada bensin buat jalan, urusan kamu kelar.

Enak kan? Cuma yaa karena kamu ga mungkin bales minjemin kendaraan ke temen kamu, kamu bisa ko sekedar isiin bensinnya lagi buat ngucapin makasih.

11. Jangan merokok disekitar orang yang tak nyaman dengan asap rokok.

jangan merokok sembarangan

jangan merokok sembarangan via http://www.nydailynews.com

Kalo ini, ya bukan rahasia umum lagi kalo kasusnya paling banyak kejadian diabanding list diatas. Buat kamu yang perokok, bisa ga kalau sedikit aja ngehargain non perokok yang ada disekitar kamu kalo lagi ngerokok? Kalo lagi ngumpul sama temen, jangan seenaknya kamu nyalain tuh batangan padahal orang di sekitar ngerasa keganggu.

Hargai dikit lah temen kamu yang non perokok. Minimal minta izin dulu kalo mau ngerokok, sukur-sukur mereka izinin dan kalo udah gitu, kamu juga harus tau diri jangan 15 menit sekali nyalain rokok. Kasian loh yang punya penyakit asma :)

12. Traktir balik orang yang mentraktirmu.

Pernah ga, temen kamu ga ada angin ga ada ujan tiba-tiba ngasih traktiran ke kamu? Terlepas dari apa apapun maksudnya, dia ngotot pengen nraktir kamu. Pasti ada aja temen kaya gitu di dunia ini, tapi mungkin jarang. Nah kalo kamu dapet temen yang baiknya kebangetan kaya gitu, jangan keasyikan karena sering dapet traktiran.

Coba kamu liat kedalam hati nurani kamu, karena hati kamu bakal bilang kalo kamu juga sekali-kali harus bales ngasih traktiran ke dia. Kalo gitu kan bakal enak, saling tolong menolong dalam urusan perut hehe

 

Intinya, kalo kita mau lebih disegani dalam hidup bermasyarakat, jadi orang baik aja ga cukup, dan jadi orang menyenangkan doang juga dirasa kurang. Kamu dituntut harus lebih peka lingkungan kamu, bisa baca situasi dan jangan keseringan meu terima enaknya aja oke :)