Sayangi Kesehatan Mentalmu! Lakukan 5 Hal Ini Biar Nggak Cepat Stres di Tempat Kerja

Stres kerja yang berlebihan bisa bikin depresi, ini cara mengatasinya!

Stres di tempat kerja memang tak karuan ya rasanya, sampai seringkali berpikir untuk resign dan mencari pekerjaan di tempat lain dengan harapan keadaan mental jadi lebih tenang. Ada banyak faktor yang membuat seorang karyawan merasa tertekan dan stres di tempat kerja, diantaranya konflik dengan rekan kerja, load pekerjaan yang numpuk, jam kerja yang padat, atasan yang menyebalkan, lingkungan kerja yang tidak suportif, sampai alasan personal.  Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh Mind Shares Partners, SAP dan Quatrics yang diterbitkan Harvard Business Review, sekitar setengah dari generasi milenial dan 75 persen Gen Z meninggalkan pekerjaan mereka dengan alasan kesehatan mental.

Akan ada waktunya stres itu datang, percaya deh. Tapi jangan buru-buru ambil keputusan resign dulu, kamu bisa mengatasi stres dan perlahan mencintai rutinitas kerjamu lagi kok. Agar kesehatan mentalmu terjaga, lakukan 5 hal berikut biar nggak cepat stres di tempat kerja.

Advertisement

1. Stop multitasking

Photo by Odua Images via shutterstock

Photo by Odua Images via shutterstock via http://shutterstock.com

Kalau kamu orang yang multitasking dan merasa bangga karena bisa mengerjakan berbagai hal dalam waktu bersamaan, baiknya kamu buang pemikiran itu. Karena jika ini terus berlanjut yang ada kamu jadi nggak produktif dan keteteran menyelesaikan tanggung jawabmu. Mengerjakan tugas dalam waktu bersamaan malah membuat hasilnya tidak maksimal, kamu juga lebih gampang lupa, tubuh cepat lelah, dan munculah stres.

Buatlah skala prioritas dalam setiap pekerjaan yang kamu lakukan. Kerjakan yang penting dan mendesak lebih dulu, kalau sekiranya pekerjaanmu lagi banyak-banyaknya, komunikasikan dengan rekan dan atasanmu yang bisa membantu, atau setidaknya mereka paham daftar pekerjaanmu.

Advertisement

2. Ekspresikan hobimu

Photo by BUNDITINAY via shutterstock

Photo by BUNDITINAY via shutterstock via http://shutterstock.com

Jangan buat harimu monoton dengan rutinitas yang itu lagi, itu lagi. Pulang kerja, buka social media sampe larut malam, besoknya kerja lagi. Sisipkan harimu dengan kegiatan positif yang kamu suka. Kalau belum punya hobi mulai sekarang coba cari tahu. Sekarang sudah banyak komunitas seru yang bisa kamu ikuti, seperti sepeda, pecinta tanaman, game, musik, makeup, dan lainnya.

Hobi merupakan kegiatan yang bisa menenangkan perasaan dan pikiran seseorang. Hal ini dibuktikan dalam riset yang dipublikasikan Annals of Behavioral Medicine yang menemukan bahwa 34 persen dari 100 orang yang melakukan hobinya, tidak merasakan stres.

3. Hindari menunda-nunda pekerjaan

Advertisement
Photo by eggeegg via shutterstock

Photo by eggeegg via shutterstock via http://shutterstock.com

Seringkali kita nggak sadar, menunda pekerjaan justru bisa mengundang stres di tempat kerja. Makin sering kamu menunda pekerjaan, pekerjaan itu akan semakin menumpuk nantinya. Kerjakanlah pekerjaan kamu sesegera mungkin, buatlah to-do-list dan daftar prioritas pekerjaan. Hal itu akan membantumu agar bekerja secara efektif dan disiplin.

Jangan sampai pikiran dan otakmu semakin berat dengan pekerjaan yang menumpuk, sampai-sampai waktu istirahatmu dipakai untuk kerja.

4. Menjaga komunikasi dengan orang lain

Photo by KamaraStudio via shutterstock

Photo by KamaraStudio via shutterstock via http://shutterstock.com

Saat kamu mulai merasa bosan dengan rutinitas kerja, hati-hati itu bisa jadi penyebab awal stres. Untuk mengantisipasinya usahakan menjaga interaksi dengan orang lain, baik rekan kerja, teman, atau keluarga.

Bicarakan topik-topik diluar pekerjaan yang bisa menyegarkan pikiranmu dan membuka pandangan baru. Meski pandemi memaksa kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, kamu bisa memanfaatkan fitur video call untuk tetap terkoneksi dengan orang-orang di luar.

5. Jadwalkan liburan

Photo by frantic00 via shutterstock

Photo by frantic00 via shutterstock via http://shutterstock.com

Coba deh, gunakan weekend-mu dengan mengunjungi tempat baru, bisa me time, bareng teman, atau keluarga. Saat tumpukan pekerjaan sudah amat mengganggu pikiran, ajukan cuti beberapa hari untuk berlibur sejenak. Mungkin cara ini tidak begitu saja menghilangkan stres, tapi setidaknya pikiran kamu jadi lebih fresh. Kamu bisa bawa semangat baru, bahkan ide-ide baru saat balik lagi ke rutinitas pekerjaan.

Itu dia 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk menghindari stres. Ingat ya, antara bekerja dan istirahat harus seimbang!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE